Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

[Virtual Record] Suzuka Utako

Selamat datang di rubrik terbaru Regnbue.id, Virtual Record. Rubrik ini terbentuk dari keinginan penulis untuk kembali membawa sebuah artikel mengenai vtuber secara khusus untuk mereka yang akan segera lulus atau pensiun. Rubrik ini cukup berbeda dari Jurnal Vtuber atau Virtual Journal karena dalam penulisannya bisa dianggap kisah dari sang vtuber sudah final.

Di artikel kali ini, kita akan membahas salah satu talenta virtual Nijisanji yang sudah cukup lama malang melintang di jagat virtual. Suzuka Utako akan segera mengakhiri kisahnya sebagai liver virtual dari agensi Nijisanji setelah pengumuman resmi dirilis.

Utako dalam siarannya sebulan yang lalu.

Untuk kamu yang belum mengenal siapa Suzuka Utako, Regnbue telah merangkum perjalanan virtualnnya dalam tulisan berikut.

Generasi 2 Nijisanji

Waktu itu Nijisanji masih menggunakan Ichikara sebagai nama perusahaan yang menaugi kegiatan agensi. Nijisanji membuka audisi generasi keduanya pada 22 Februari 2018 dengan Utako sebagai salah satu karakter yang ditampilkan dalam pratinjau desain karakter.

Zaman di mana Nijisanji masih berbentuk aplikasi dan video perkenalan punya durasi panjang.

Selang kurang dari sebulan, tepatnya pada 15 Maret Nijisanji mengumumkan hasil audisi dan memperkenalkan anggota generasi keduanya. Utako tergabung dalam generasi kedua yang diperkenalkan, bersamaan dengan Ienaga Mugi, Mononobe Alice, Kenmochi Toya, Morinakan Kazaki, Fushimi Gaku, Gilzaren III, Fumino Tamaki, Ushimi Ichigo, dan Yuhi Riri.

Akun youtube dan twitter Utako dibuat bersamaan pada 6 Maret. Video pertamanya disiarkan 13 Maret dan kemudian diunggah ulang kembali pada 28 Maret 2018.

Karakterisasi Utako

Utako digambarkan sebagai sosok yang keibuan. Setting karakternya mengkreditkan kalau ia akrab dengan dunia anak dan sering mengisi acara anak-anak. Penampakan visual pertamanya juga mendukung modal karakternya.

Kalau mau durasi yang pendek bisa mengenal Utako lewat video ini

Makin lama, kita diperkenalkan dengan sosok Utako yang mesum. Utako yang berumur 26 tahun ini, takut telat nikah dan bertindak agresif terhadap pria yang lebih muda. Ia juga gemar minuman alkohol, membuatnya menjadi karakter yang super dewasa.

Gadis yang khas dengan rambut hitam panjangnya ini juga tergabung dalam “SKB-bu” (SKB部, Sukebe-bu, Pervert Club) yang beranggotakan Utako, Rindou Mikoto, Gundo Mirei (†), dan Ange Katrina. Mereka adalah kelompok yang fokus obrolannya seputar hal-hal dewasa. Pokoknya kalau ditanya siapa vtuber mesum yang shotacon dan fujoshi di Nijisanji, jawabanya adalah Suzuka Utako.

Pertumbuhan Channel

Dibutuhkan kurang dari setahun, tepatnya pada 24 Januari 2019 untuk Utako mencapai 100.000 ribu subscribers pertamanya. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa di waktu itu, mengingat vtuber masih tergolong barang baru di dunia maya.

Di tahun yang sama, tepatnya pada 7 April Utako memperlihatkan model 3D pertamanya dalam stream. Ia juga dengan cepat melipatgandakan jumlah subscribernya pada kuartal keempat tahun yang sama.

Otome Kaibou menjadi video cover Utako paling banyak viewsnya dengan 2,6 juta views.

Tahun 2021 merupakan masa-masa kejayaan vtuber, di mana Utako memperkenalkan desain terbarunya yang dipakai menjadi tampilan utama, menggantikan desain lama yang sudah kurang relevan dengan karakter dewasanya.

Sampai tahun 2024, Utako berhasil mengumpulkan 550 ribu subscribers di kanal Youtubenya dan sektiar 375 ribu followers di akun X. View per videonya juga konsisten di atas 10 ribu views dalam 10 bulan terakhir.

Pengumuman Kelulusan

Belakangan ini Utako mulai jarang terlihat. Kontennya sudah tidak seaktif dulu dan 2023 merupakan tahun yang stagnan baginya.

https://twitter.com/nijisanji_app/status/1793522308612796685?t=l28VjVkfWbBAZSbTbjRwsA&s=19

Nijisanji akhirnya merilis pengumuman kelulusan Utako pada 23 Mei 2024. Utako akan resmi berpisah dengan fansnya pada 12 Juni 2024. Membership akan ditutup pada 13 Juni dan surat penggemar diterima hingga 31 Juli 2024. Arsip konten masih akan tersimpan dan bisa akses publik setelah kelulusan.

Lewat 5 tahun perjalanan yang panjang, Utako telah menghibur ribuan pasang mata. Sebagai veteran dan karakter unik, Utako akan terus membekas di hati para penggemar.

Catatan Perjalanan Paripico Day...

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal...

32 Player Di-ban karena...

Mungkin ini adalah match fixing terbesar sepanjang sejarah eSports....

Update Honkai Star Rail...

Trailblazers! Pada 19 Juni mendatang, Honkai: Star Rail akan...

Update Honkai Impact v7.5:...

Kapten! Honkai Impact 3 mengumumkan bahwa v7.5 akan...

Ekspansi ke Honor of...

Permainan MOBA terlaris di Tiongkok, Honor of Kings (HOK)...

[Review] Jaku Chara Tomozaki-kun...

Selamat datang kembali dalam artikel ulasan anime versi Regnbue....

Catatan Perjalanan Paripico Day 1: Aku Masuk Dalam Isekai Di Jogja

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal 8-9 Juni telah selesai digelar. Ini merupakan kali kedua Paripico mengadakan acara mereka di lokasi...

32 Player Di-ban karena Match Fixing

Mungkin ini adalah match fixing terbesar sepanjang sejarah eSports. Umumnya match fixing hanya melibatkan 1-2 orang atau mentok 2 tim sekaligus. Tetapi dalam kasus...

Update Honkai Star Rail v2.3: Selamat Tinggal, Penacony

Trailblazers! Pada 19 Juni mendatang, Honkai: Star Rail akan memasuki versi 2.3! Pada update kali ini, Stellaron Hunter dan tokoh penting IPC, ,...

Update Honkai Impact v7.5: Hadirkan Agen Rahasia [Lantern]

Kapten! Honkai Impact 3 mengumumkan bahwa v7.5 akan dirilis pada 6 Juni besok! Kapten akan melewati masa-masa yang menyenangkan di Langqiu bersama Songque...

Ekspansi ke Honor of Kings, Satu Persatu Tim MPL Merelakan Privilege MPL Mereka

Permainan MOBA terlaris di Tiongkok, Honor of Kings (HOK) mulai membuka server global mereka. Tidak tanggung-tanggung, Tencent juga langsung membuka turnamen global mereka dengan...

[Review] Jaku Chara Tomozaki-kun 2nd Stage

Selamat datang kembali dalam artikel ulasan anime versi Regnbue. Kali ini kita akan membahas sebuah anime yang merupakan sekuel yang berjudul Jaku Chara Tomozaki-kun...

Waifu Musiman Edisi Spring 2024

Selamat datang di rubrik Waifu musiman yang bakal terbit setiap satu caturwulan sekali alias 4 kali setahun. Rubrik ini diproyeksikan akan dirilis tiap pertengahan...

[Review] Saijaku Tamer wa Gomi Hiroi no Tabi wo Hajimemashita

Kalau ada satu anime hidden gem dari Winter 2024, maka saya langsung merekomndasikan satu judul yaitu Saijaku Tamer. Judul lengkap anime ini adalah Saijaku...

Team Liquid Mengakuisisi Aura Fire, Liquid Aura Siap Berlaga di MPL ID

Pro scene MLBB Indonesia dan Filipina dikejutkan dengan munculnya Team Liquid di akhir regular season MPL Indonesia dan pertengahan playoff MPL Philippine. Team Liquid...