Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

Anime Terbaik 2023, Siapa Jawaranya?

Genap tiga bulan sejak tahun 2023 berakhir, semangat anime rilisan tahun tersebut masih terasa hingga sekarang. Berbagai komunitas telah merilis daftar anime terbaik versi mereka masing-masing. Lantas, bagaimana Regnbue menilai anime-anime rilisan tahun tersebut?

Untuk hal tersebut, Regnbue merangkum setidaknya ada 10 judul yang bisa dikatakan anime terbaik 2023. Judul-judul apa yang akan masuk dalam list kami? Langsung saja kita gas!

Oshi no Ko

Oshi no Ko memulai trend episode premier panjang di tahun 2023. Anime rilisan winter 2023 ini berhasil mengejutkan publik lewat satu episode pembuka yang spektakuler. Tidak ada yang menyangka jika Doga Kobo bisa menghasilkan karya sebagus ini.

Selain itu, lagu pembuka Oshi no Ko “Idol” yang dibawakan YOASOBI menjadi salah satu lagu yang paling laris dibahas di tahun tersebut. Tentu saja keberadaan anime ini tidak bisa tidak berada berada di sepuluh besar anime terbaik 2023.

Vinland Saga Season 2

Orang-orang menjulukinya sebagai anime bertani. Vinland Saga Season 2 berbanding terbalik dengan musim sebelumnya yang diisi peperangan dan konflik fisik. Perubahan karakter utama menjadi pendamai tidak semata-mata membuat anime ini jelek dan sangat layak masuk dalam jajaran anime terbaik 2023.

Bungou Stray Dogs Season 4 & 5

Bicara sekuel lagi, yang ini tidak ada matinya. Sudah 5 musim Bungou Stray Dogs mengudara, tetapi tidak sama kendur dalam performanya. Fans puas dengan adaptasi musim kelimanya dan seri ini berhasil menyabet beberapa penghargaan komunitas sebagai anime terbaik 2023. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk seri yang telah mencapai 5 musim penayangan.

Tengoku Daimakyou

Cerita dalam ini mengambil dua sudut pandang yang berbeda yang nantinya akan makin terhubung seiring berjalannya waktu. Tengoku Daimakyou mengambil sebuah permasalahan unik yang membuatnya punya sensasi berbeda dibanding anime-anime lainnya. Anime ini sering masuk dalam nominasi anime terbaik 2023 dan tidak perlu dipertanyakan kualitasnya.

Jujutsu Kaisen Season 2

Meski jadwal rodi MAPPA membuat anime ini tidak konsisten, nyatanya Jujutsu Kaisen masih menjadi salah satu anime shounen yang paling banyak dibahas di tahun 2023. Momen terakhir Nanami dan beberapa adegan kunci berhasil trending ditambah hadirnya dua opening yang kece melengkapi seberapa layaknya Jujutsu Kaisen bertengger dalam daftar ini.

Zom 100: Zombie ni Naru made ni Shitai 100 no Koto

Lebih buruk dari jadwal rodi MAPPA, Zom 100 tampil terseok-seok dengan penayangan yang berhenti lanjut. Akhirnya anime ini berhasil menamatkan serinya sebelum tutup tahun tepatnya di momen malam natal.

Kalau kita kesampingan delay-nya, Zom 100 menjadi salah satu anime berkualitas yang layak diperhitungkan di tahun 2023. Kehadiran BUG FILMS yang masih baru bisa memberikan warna baru untuk anime genre horor sering dipandang sebelah mata di jagat anime.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute

Biasa disebut The Eminence of Shadow, anime ini berhasil mencuri perhatian lewat kelakuan karakter utamanya yang di luar nalar. Komedinya yang mirip dengan Overlord sempat membuat anime ini mendapat kolaborasi mini episode. Tahun 2023 boleh dikatakan sebagai tahunnya Shadow-sama karena ia berhasil muncul konsisten di awal tahun serta di akhir tahun.

Bang Dream! It’s MyGO

Perwakilan anime musik bisa diwakili oleh Bang Dream. Sejak memanfaat grafik ke arah 3D, mungkin tidak banyak yang melirik anime ini. Nyatanya Bang Dream berhasil menjawab keraguan tersebut dan menghadirkan kisah yang menghibur terutama bagi fans Bang Dream.

Watashi no Shiawase na Kekkon

Sinetron berkedok anime satu ini berhasil mencuri hati banyak penonton lewat drama bawang merah dan bawang putihnya. Ternyata yang namanya premis legend kalau diulang dalam bentuk anime tetap saja ramai dan menjual. Punya visual yang cantik juga menjadi alasan mengapa anime ini mengambil slot salah satu romansa terbaik di tahun 2023.

Sousou no Frieren

Tidak ada yang perlu diperdebatkan jika sudah menyebut nama Frieren. Sejak kemunculannya, Frieren sampai kini masih bertengger di posisi paling pucuk MyAnimeList. Satu-satunya yang bisa menyingkirkan Frieren dari jajaran top 2023 adalah peraturan dari beberapa komunitas yang mengeluarkan Frieren karena belum tamat di tahun 2023. Namun, bagi Regnbue efek dari Frieren sudah bisa terasa dan terlihat di tahun 2023 menjadikannya sebagai salah satu anime terbaik 2023.

Jadi, siapa jawaranya? Itu semua tergantung pendapat masing-masing. Masih banyak judul lain yang baik ditonton dari tahun 2023. Semua dikembalikan kepada pandangan tiap individu.

Catatan Perjalanan Paripico Day...

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal...

32 Player Di-ban karena...

Mungkin ini adalah match fixing terbesar sepanjang sejarah eSports....

Update Honkai Star Rail...

Trailblazers! Pada 19 Juni mendatang, Honkai: Star Rail akan...

Update Honkai Impact v7.5:...

Kapten! Honkai Impact 3 mengumumkan bahwa v7.5 akan...

Ekspansi ke Honor of...

Permainan MOBA terlaris di Tiongkok, Honor of Kings (HOK)...

[Review] Jaku Chara Tomozaki-kun...

Selamat datang kembali dalam artikel ulasan anime versi Regnbue....

Catatan Perjalanan Paripico Day 1: Aku Masuk Dalam Isekai Di Jogja

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal 8-9 Juni telah selesai digelar. Ini merupakan kali kedua Paripico mengadakan acara mereka di lokasi...

32 Player Di-ban karena Match Fixing

Mungkin ini adalah match fixing terbesar sepanjang sejarah eSports. Umumnya match fixing hanya melibatkan 1-2 orang atau mentok 2 tim sekaligus. Tetapi dalam kasus...

Update Honkai Star Rail v2.3: Selamat Tinggal, Penacony

Trailblazers! Pada 19 Juni mendatang, Honkai: Star Rail akan memasuki versi 2.3! Pada update kali ini, Stellaron Hunter dan tokoh penting IPC, ,...

Update Honkai Impact v7.5: Hadirkan Agen Rahasia [Lantern]

Kapten! Honkai Impact 3 mengumumkan bahwa v7.5 akan dirilis pada 6 Juni besok! Kapten akan melewati masa-masa yang menyenangkan di Langqiu bersama Songque...

Ekspansi ke Honor of Kings, Satu Persatu Tim MPL Merelakan Privilege MPL Mereka

Permainan MOBA terlaris di Tiongkok, Honor of Kings (HOK) mulai membuka server global mereka. Tidak tanggung-tanggung, Tencent juga langsung membuka turnamen global mereka dengan...

[Review] Jaku Chara Tomozaki-kun 2nd Stage

Selamat datang kembali dalam artikel ulasan anime versi Regnbue. Kali ini kita akan membahas sebuah anime yang merupakan sekuel yang berjudul Jaku Chara Tomozaki-kun...

Waifu Musiman Edisi Spring 2024

Selamat datang di rubrik Waifu musiman yang bakal terbit setiap satu caturwulan sekali alias 4 kali setahun. Rubrik ini diproyeksikan akan dirilis tiap pertengahan...

[Review] Saijaku Tamer wa Gomi Hiroi no Tabi wo Hajimemashita

Kalau ada satu anime hidden gem dari Winter 2024, maka saya langsung merekomndasikan satu judul yaitu Saijaku Tamer. Judul lengkap anime ini adalah Saijaku...

[Virtual Record] Suzuka Utako

Selamat datang di rubrik terbaru Regnbue.id, Virtual Record. Rubrik ini terbentuk dari keinginan penulis untuk kembali membawa sebuah artikel mengenai vtuber secara khusus untuk...