Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

Panduan Anime Musim Dingin 2024 (Winter 2024)

Tahun baru telah tiba. Gemuruh musim dingin sudah menggema. Ada banyak anime-anime baru bermunculan yang bisa kita nikmati di awal tahun ini.

Regnbue sudah merangkum dengan lengkap anime-anime apa saja yang bisa kamu coba tonton di musim dingin 2024. Artikel ini akan dibagi menjadi 4 sektor: newcomer, sequel, dark horse, leftover. Kalau sudah paham, langsung saja kita simak daftarnya.

Newcomer Anime

Di daftar newcomer ada beberapa judul yang mungkin sudah kamu kenal sebelumnya. Anime-anime dalam daftar ini memulai debutnya sebagai anime mulai dari musim ini. Apa sajakah itu? Ini dia list-nya.

Solo Leveling

Salah satu manhwa yang paling terkenal akhirnya mendapat adaptasi anime. Ini bukan mitos, sekali lagi ini bukan mitos. Solo Leveling boleh dianggap sebagai salah satu manhwa asal Korea yang paling terkenal. Kalau kamu belum “ngeh”, mungkin kamu pernah lihat meme patung yang dijadikan standar perkastaan. Nah, dari manhwa inilah meme tersebut.

Solo Leveling sangat layak diperhitungkan mengingat sudah sekian lama penggemarnya halu untuk mendapat adaptasi anime. Akhirnya doa mereka terjawab setidaknya lebih cepat daripada fans No Game No Life. Dikerjakan oleh studio A-1 Pictures dan musik yang dibuat oleh sang maestro, Sawano Hiroyuki dengan kolaborasi TxT (satu agensi dengan BTS), membuat anime ini tentu menjadi salah satu yang dinanti banyak orang.

Dungeon Meshi

Seri fantasi masak-masak kembali hadir. Kalau tahun lalu ada Tonsuki, musim ini adalah Dungeon Meshi. Bedanya, masak-masak kali ini lebih ekstrim.

Laios punya ide untuk menekan budget dalam party-nya. Ia memutuskan untuk berburu monster dalam dungeon untuk diolah menjadi masakan yang edible. Tentunya ini akan menimbulkan konflik dalam party dan itulah sumber komedi dalam anime ini.

Yubisaki to Renren

List shoujo pertama di artikel ini. Yubisaki to Renren punya premis unik. Karakter utama wanitanya tidak bisa mendengar. Otomatis ini membuat percakapan harus menggunakan gerakan lebih terlihat. Mulai dari bahasa isyarat sampai gerakan bibir, semuanya menjadi tantangan bagi studio yang mengadaptasi anime ini. Menarik tentunya untuk melihat sebuah cerita romance yang fresh di tahun ini.

Mato Seihei no Slave

Yang suka hard ecchi boleh merapat. Anime pro perbudakan satu ini akhirnya tiba. Harusny anime ini sudah tayang tahun lalu, tetapi karena delay dan hanya sekali, barulah kita bisa menikmati sajian hard ecchi plus action yang gila-gilaan. Episode pertamanya sudah tayang 4 Januari lalu, jadi kamu bisa langsung gas coba nonton yang satu ini.

Dosanko Gal wa Namara Menkoi

Karakter gyaru masih menjadi komoditas yang populer di anime romance masa kini. Anime ini adalah salah satu yang memanfaatkan tren tersebut. Jika kalian suka dengan anime seperti itu, silakan mencoba yang satu ini.

Sekuel

Sektor sekuel merupakan sektor yang paling kuat dan dinantikan banyak orang. Ada banyak anime yang melanjutkan musimnya, tentunya kebanyakan musim kedua. Daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.

Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e 3rd Season

Anime gue banget, kata orang. Ayanokoji merupakan primadona wibu yang ingin tampil cool dan memanfaat orang. Siapa sangka musim ketiganya bisa datang secepat ini.

Musim ini cerita akan berfokus ke pertarungan Ayanokoji melawan Sakayanagi Arisu. Ada plot twist yang akan muncul juga di musim ini.

Tsuki ga Michibiku Isekai Douchuu 2nd Season

Bagi saya pribadi, inilah sekuel yang paling saya nantikan. Musim pertama Tsukimichi sudah menggelegar, apalagi saat momen cincin Makoto pecah.

Berbeda dengan musim pertama, musim kedua akan dipegang oleh JC Staff. Kita lihat saja apakah effort C2C bisa diteruskan oleh studio veteran satu ini.

Jaku-Chara Tomozaki-kun 2nd Stage

Buat kamu yang kangen Aoi dan waifu-waifu lain di seri ini, sudah saatnya bangkit dan melanjutkan seri ini. Kelebihan Jaku-Chara ada di karakter utamanya yang likeable. Dia sebenarnya bisa dibilang lebih gue banget dari Ayanokoji, hanya kalah populer saja.

Musim kedua sepertinya akan mengadaptasi lebih ke arah visualisasi game. Ini terlihat dari episode pertamanya yang sudah tayang di minggu pertama Januari.

Boku no Kokoro no Yabai Yatsu Season 2

Salah satu anime romance paling fenomenal di tahun 2023. Butuh selang waktu setahun untuk melanjutkan animenya ke musim kedua. Kisah cinta anak SMP bakal lebih maju developmentnya di musim ini. Yamada Anna adalah magnet alami, tetapi Ichikawa (alias Ichikiwir) adalah kutub yang membuat penontonnya meronta “It should be me, not him.”

Shin no Nakama ja Nai to Yuusha no Party wo Oidasareta node, Henkyou de Slow Life suru Koto ni Shimashita 2nd

Judul boleh panjang, tetapi kesan tidak boleh dangkal. Anime ini sudah meninggalkan kesan mendalam di penayangan musim pertamanya.

Agak bingung mengapa anime ini bisa lanjut ke sekuel karena seingat saya cerita di musim pertamanya sudah lumayan tuntas. Karakter utama sudah bisa bermesraan dengan heroine dan masalah adik dan kawannya juga ada penyelesaiannya sendiri. Jadi, kira-kira konflik baru apakah yang akan muncul di musim terbarunya?

Dark Horse/Underdog

Dalam daftar ini ada beberapa anime yang kurang populer dan baru debut di musim ini. Namun, premisnya sangat menjanjikan untuk bersaing di papan atas bersama judul lainnya.

Ishura

Kalau musim kemarin ada Hametsu no Oukoku, musim ini tongkat estafet gore diteruskan oleh Ishura. Baru menayangkan episode pertamanya, kita langsung diperlihatkan scene sadis karakter utama dipaksa melihat sahabatnya dicabik hidup-hidup di depan matanya sendiri. Seluruh kota yang menjadi tempat tinggalnya habis, hingga akhirnya ia bertemu dengan pria yang mengalahkan robot-robot yang menghancurkan kota yang berdasarkan latar fantasi itu.

Episode pertamanya memperlihatkan banyak karakter kuat. Entah bakal jadi bagaimana ceritanya, yang jelas ini menarik untuk diikuti seterusnya.

Mahou Shoujo ni Akogarete

Satu lagi anime hard ecchi di musim ini. Sepertinya saya tahun winter ini mau dibawa ke mana. Mumpung dingin cuacanya, kita hantam dengan yang hangat-hangat.

Ini bukan zamannya mahou shoujo yang despair lagi. Sudah waktunya kita menuju ke tahap yang lebih menyenangkan, mahou shoujo berkedok ehem seperti yang bisa kita lihat dari anime ini.

Chiyu Mahou no Machigatta Tsukaikata

Oh no, it’s another Keyaru!? Bukan, ini bukan lanjutan dari Redo of Healer. Saya sendiri tidak menduga kalau anime ini bakal saya tonton, tetapi banyak yang sudah mencobanya dan berkomentar kalau ini anime bagus. Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?

Sasaki to Pii-chan

Kalau ada anime yang menayangkan episode perdananya dengan durasi panjang, kemungkinan besar itu berpotensi menjadi masterpiece. Anime ini di luar ekspektasi mengeluarkan segalanya di premiere, membuat anime ini menjadi salah satu yang paling bagus sejauh ini yang saya tonton.

Mencampurkan karakter om-om dengan slow life terus ditabrak dengan unsur serius seperti pemburuan orang yang berkekuatan khusus. Ada banyak rasa baru yang tercampur dalam anime ini yang membuat ini kandidat kuat penantang jajaran anime teratas musim ini.

Leftover Anime

Yang saya masukan dalam daftar di sektor ini adalah anime yang mulai tayang sejak musim gugur 2023 (fall 2023). Tentunya beberapa sudah kalian kenal saking populernya.

Sousou no Frieren

Tidak perlu banyak penjelas, nomor 1 di MAL hingga saat ini.

Kusuriya no Hitorigoto

Cour kedua nampaknya akan mengungkap latar belakang keluarga dari Maomao dan Jinshi.

Undead Unluck

Cour 1-nya sudah menjanjikan. Cournya tinggal mengikuti apa yang sudah ditunjukkan dari 13 episode awal.

Ragna Crimson

Battle yang sudah lama di-dragging akhirnya bisa berlanjut di cour kedua.

Shangri-La Frontier

Pacing lelet membuat saya pesimis ini lawan Wethermon mungkin bisa jadi episode terakhir.

Afterwords

Masih banyak lagi mungkin anime yang belum disebutkan di daftar di atas seperti: Mashle 2nd Season, Ao no Exorcist: Shimane Illuminati-hen, Majo to Yajuu, Sokushi Cheat ga Saikyou sugite, Isekai no Yatsura ga Marude Aite ni Naranai n desu ga, Pon no Michi, dan lainnya. Tinggal kalian pilih mana yang cocok di mata dan telinga kalian untuk menemani waktumu selama 3 bulan ke depan.

Rekomendasi Anime Summer 2024...

Musim panas sudah dimulai. Kini musim yang identik dengan...

Kompetisi Pengumpulan Karya Fan...

Ekspresikan idemu, definisikan senimu! Kompetisi Karya Fan Art perdana...

Genshin Impact Versi 4.8...

Update terbaru ini menghadirkan sebuah peta bertema yang unik,...

Indonesia Tidak Lolos Playoff...

Publik Land of Dawn dikejutkan dengan gagalnya Indonesia masuk...

Sanksi Keras Moonton kepada...

Drama pelanggaran yang dilakukan tim See You Soon mencapai...

Esports World Cup 2024:...

ESports World Cup 2024 tengah menjadi perbincangan panas di...

Rekomendasi Anime Summer 2024 Non Sekuel (Bagian Pertama)

Musim panas sudah dimulai. Kini musim yang identik dengan suhu tinggi ini sudah memasuki minggu keduanya. Kalian pikir sudah terlambat merilis rekomendasi anime musiman?...

Kompetisi Pengumpulan Karya Fan Art Global Pertama Zenless Zone Zero, Drip Fest, Telah Dibuka Untuk Pengajuan

Ekspresikan idemu, definisikan senimu! Kompetisi Karya Fan Art perdana ini menghadirkan kesempatan luar biasa bagi para Proxy berbakat untuk memamerkan kreativitas mereka. 8 Juli 2024,...

Genshin Impact Versi 4.8 Menghadirkan Sebuah Petualangan Musim Panas di Peta Waktu Terbatas Baru, Simulanka!

Update terbaru ini menghadirkan sebuah peta bertema yang unik, kostum baru untuk Nilou dan Kirara, serta Karakter 5 Bintang baru, Emilie! Singapura, 5 Juli 2024...

Indonesia Tidak Lolos Playoff di EWC nomor MLBB

Publik Land of Dawn dikejutkan dengan gagalnya Indonesia masuk play off di Esports World Cup nomor Mobile Legends Bang-Bang. Indonesia sendiri terkenal sebagai rival...

Sanksi Keras Moonton kepada See You Soon

Drama pelanggaran yang dilakukan tim See You Soon mencapai babak akhir. Moonton memberikan sanksi tegas setelah investigasi mendalam. Awal Permasalahan See You Soon Awalnya See You...

Esports World Cup 2024: Turnamen Esports Terbesar di Dunia

ESports World Cup 2024 tengah menjadi perbincangan panas di kalangan pegiat eSports. Memangnya apa itu EWC 2024 dan kenapa kita perlu FOMO? Di sini...

Rez Dyloch: Menang Turnamen Tapi Malah Rungkad, Lho Kok Bisa?

Berprofesi sebagai atlet Esports tentu kemenangan adalah tujuan utama. Karena dengan memenangkan turnamen kita mendapatkan uang. Selain uang hadiah, kita juga bisa mendapatkan exposure...

Zenless Zone Zero Mengumumkan Kolaborasi Musik Global Pertama dengan DJ Tiësto, Pemenang Penghargaan Grammy

Perpaduan kreativitas yang luar biasa tentunya akan menciptakan musik yang spektakuler. Nantikan OST dengan sensasi futuristik hasil kolaborasi Zenless Zone Zero dengan Tiësto pada...

Catatan Perjalanan Paripico Day 1: Aku Masuk Dalam Isekai Di Jogja

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal 8-9 Juni telah selesai digelar. Ini merupakan kali kedua Paripico mengadakan acara mereka di lokasi...