Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

Catatan Comifuro 17 Day 2: Hari Terakhir, Barang Terakhir!

Kemeriahan berlanjut! Comic Frontier ke-17 atau yang biasa disebut dengan Comifuro 17 nampaknya telah sukses menjadi event pasar komik dengan skala terbesar di Indonesia di penghujung tahun 2023.

Dengan 2 Hall tambahan sejak event Comifuro 16 sebelumnya, keseluruhan area yang digunakan mencakup Hall 7 hingga Hall 10, memberikan ruang yang sangat luas bagi para pengunjung setia Comifuro kali ini.

Di hari kedua ini, Regnbue kembali mendapat kesempatan untuk merangkum sebagian dari kemeriahan yang dirasakan para pengunjung langsung dari lokasi ICE BSD. Seperti apa kemeriahannya? Langsung saja simak rangkumannya di bawah ini!

Event Pasar Komik dengan Skala Terbesar di Indonesia

Suasana Hall 10 di siang hari yang cukup membeludak | Foto: Shiya Tanuki

Demi menanggulangi masalah kenaikan jumlah pengunjung pada event sebelumnya, Comifuro 17 kali ini telah menyediakan lahan seluas 4 Hall di venue yang sama.

Pertama-tama, pengunjung di arahkan untuk masuk melalui Hall 10 dimana mereka disambut oleh sejumlah Corporate Booth. Area transaksi utama dikhususkan pada Hall 8 dan 9, dimana terdapat ratusan booth yang digelar oleh lebih dari 1.000 kreator yang menggeluti bidang Anime, Komik, Games, dan yang lainnya. Di sisi lain, Hall 7 dan 8 digunakan sebagai tempat bagi para pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman di area Food Court, juga ditemani Talk Show dari para konten kreator dari Industri Kreatif langsung dari atas Main Stage.

Penanda blok dan nomor booth memudahkan navigasi di area market | Foto: Regnbue

Ukuran keseluruhan area event yang luas juga memberikan banyak ruang dingin di sela-sela area booth untuk melonggarkan antrian di area market. Ditambah lagi, para panitia Comifuro 17 kini juga telah meletakkan berbagai penanda blok dan nomor booth di sepanjang jalur utama yang cukup lebar, guna mempermudah para pengunjung untuk mencari meja booth yang ingin mereka kunjungi.

Last Day Auction” Sebagai Penutup Acara Circle Booth

Lukisan Moonalisa dilelang oleh circle Cozy Production | Foto: Cozy Production

Comifuro adalah event comic market yang diadakan dua kali dalam setahun, dan tentunya di setiap kali pelaksanaannya akan selalu ada kemeriahan baru. Pelelangan barang di hari terakhir adalah salah satu tren yang mulai marak dilakukan oleh para kreator sejak Comifuro diadakan di area ICE BSD pada tahun 2022 lalu. Dari sudut pandang penulis sebagai salah satu penjual di Comifuro 17 hari kedua ini, antusiasme para pengunjung membuat kami tertarik untuk mengangkat hal tersebut dalam rangkuman kali ini.

Standee karakter A Space for the Unbound dilelang oleh Toge Production | Foto: Galuh Elsa A. N.

Barang-barang yang dilelang di hari terakhir adalah barang yang dipamerkan oleh para kreator pada hari pertama, yaitu barang yang digunakan sebagai media promosi untuk menarik pengunjung, ataupun juga barang yang semulanya dijadikan sebagai “wajah” yang mewakilkan identitas daripada booth tersebut selama event berlangsung. Standee karakter dengan skala ukuran 1:1 adalah salah satu barang yang paling marak dicari oleh para pengunjung melalui jalur lelang tepat sebelum dilakukannya penutupan acara pasar komik tersebut.

Nostalgia 10 tahun lalu bersama Cosplayer Vocaloid

Boneka dari berbagai varian Hatsune Miku | Foto: Mitha

Para pengunjung Comifuro 17 kembali mendapatkan kejutan, dan kali ini kejutan tersebut datang dari bagian luar venue. Pada pukul 14:00 WIB tepat di belakang Loading Dock Hall 9 ICE BSD, antusiasme para penikmat event kembali dimeriahkan oleh kekompakan para cosplayer Vocaloid klasik dari era 2013.

Vocaloid Cosplay Gathering | Foto: Mitha

Menurut salah satu fotografer yang diwawancarai oleh Regnbue, acara gathering dari para cosplayer tersebut telah direncanakan sekiranya sejak tanggal 13 September 2023 lalu melalui platform Facebook. 78% dari 23 responden sepakat agar acara gathering tersebut diadakan sore hari pada hari kedua. Hingga waktu dibukanya Comifuro 17 hari kedua, event gathering tersebut telah berhasil mengumpulkan lebih dari 40 orang responden dan terus bertambah hingga pada saat pelaksanaannya.

Comifuro paling rapi hingga saat ini!

Kemeriahan para kreator bersama Bapak Besar Comifuro, Sudwi Karyadi | Foto: Faizal Naufal Muzakki

Terlepas dari permasalahan yang dialami oleh para pengunjung, para panitia Comifuro telah berhasil mewujudkan aspirasi para pegiat event jejepangan, menjadikan Comifuro 17 sebagai “lebaran” bagi para wibu yang sesungguhnya. Momen kebersamaan yang terasa dengan ramainya acara tersebut akhirnya kembali meninggalkan banyak kesan positif di hati para pengunjung yang telah menjadikan Comifuro sebagai ajang “mudik” setiap tahun.

Beberapa masalah krusial dari event sebelumnya pun perlahan mulai teratasi. Mulai dari jalur dan laju antrian tiket masuk yang lebih teratur, area event yang luas, penanda blok dan nomor booth yang tersebar di sepanjang jalur area market, hingga stabilitas jaringan seluler yang mulai membaik selama event berlangsung. Hal-hal tersebut tentunya telah berhasil mengobati kekecewaan para pengunjung atas event-event Comifuro sebelumnya. Meskipun berbagai masalah lainnya masih belum terhindarkan, penulis merasa sangat puas dengan jalannya Comifuro 17 di penghujung tahun 2023 ini.

Seolah menemukan rumah baru, rasa rindu akan kemeriahan Comifuro di Balai Kartini pun perlahan kian memudar. Semoga di Comifuro 18 yang akan hadir pada bulan Mei 2024 mendatang, pihak panitia dapat kembali menghadirkan acara yang jauh lebih baik lagi. Dengan sistem pengendali alur pengunjung dan komunikasi yang jauh lebih rapi, sehingga para pengunjung tetap dapat menikmati acara kumpul wibu tahunan sebaik-baiknya, juga dengan rasa aman dan nyaman untuk mengapresiasi hobi dan minat mereka terhadap budaya pop kultur jejepangan.

Demikian rangkuman untuk event Comifuro 17 hari kedua yang berlangsung pada tanggal 17 Desember 2023 lalu. Untuk informasi lebih lanjut seputar Anime, Komik, Games, dan Event Jejepangan lainnya dapat dilihat melalui situs web resmi kami (https://regnbue.id) atau melalui akun Facebook Regnbue.id yang di-update setiap harinya. Terima kasih telah membaca! :))

Rekomendasi Anime Summer 2024...

Musim panas sudah dimulai. Kini musim yang identik dengan...

Kompetisi Pengumpulan Karya Fan...

Ekspresikan idemu, definisikan senimu! Kompetisi Karya Fan Art perdana...

Genshin Impact Versi 4.8...

Update terbaru ini menghadirkan sebuah peta bertema yang unik,...

Indonesia Tidak Lolos Playoff...

Publik Land of Dawn dikejutkan dengan gagalnya Indonesia masuk...

Sanksi Keras Moonton kepada...

Drama pelanggaran yang dilakukan tim See You Soon mencapai...

Esports World Cup 2024:...

ESports World Cup 2024 tengah menjadi perbincangan panas di...

Rekomendasi Anime Summer 2024 Non Sekuel (Bagian Pertama)

Musim panas sudah dimulai. Kini musim yang identik dengan suhu tinggi ini sudah memasuki minggu keduanya. Kalian pikir sudah terlambat merilis rekomendasi anime musiman?...

Kompetisi Pengumpulan Karya Fan Art Global Pertama Zenless Zone Zero, Drip Fest, Telah Dibuka Untuk Pengajuan

Ekspresikan idemu, definisikan senimu! Kompetisi Karya Fan Art perdana ini menghadirkan kesempatan luar biasa bagi para Proxy berbakat untuk memamerkan kreativitas mereka. 8 Juli 2024,...

Genshin Impact Versi 4.8 Menghadirkan Sebuah Petualangan Musim Panas di Peta Waktu Terbatas Baru, Simulanka!

Update terbaru ini menghadirkan sebuah peta bertema yang unik, kostum baru untuk Nilou dan Kirara, serta Karakter 5 Bintang baru, Emilie! Singapura, 5 Juli 2024...

Indonesia Tidak Lolos Playoff di EWC nomor MLBB

Publik Land of Dawn dikejutkan dengan gagalnya Indonesia masuk play off di Esports World Cup nomor Mobile Legends Bang-Bang. Indonesia sendiri terkenal sebagai rival...

Sanksi Keras Moonton kepada See You Soon

Drama pelanggaran yang dilakukan tim See You Soon mencapai babak akhir. Moonton memberikan sanksi tegas setelah investigasi mendalam. Awal Permasalahan See You Soon Awalnya See You...

Esports World Cup 2024: Turnamen Esports Terbesar di Dunia

ESports World Cup 2024 tengah menjadi perbincangan panas di kalangan pegiat eSports. Memangnya apa itu EWC 2024 dan kenapa kita perlu FOMO? Di sini...

Rez Dyloch: Menang Turnamen Tapi Malah Rungkad, Lho Kok Bisa?

Berprofesi sebagai atlet Esports tentu kemenangan adalah tujuan utama. Karena dengan memenangkan turnamen kita mendapatkan uang. Selain uang hadiah, kita juga bisa mendapatkan exposure...

Zenless Zone Zero Mengumumkan Kolaborasi Musik Global Pertama dengan DJ Tiësto, Pemenang Penghargaan Grammy

Perpaduan kreativitas yang luar biasa tentunya akan menciptakan musik yang spektakuler. Nantikan OST dengan sensasi futuristik hasil kolaborasi Zenless Zone Zero dengan Tiësto pada...

Catatan Perjalanan Paripico Day 1: Aku Masuk Dalam Isekai Di Jogja

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal 8-9 Juni telah selesai digelar. Ini merupakan kali kedua Paripico mengadakan acara mereka di lokasi...