Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

Review Operaror Kirin R Yato : Bagaikan Kilatan Halilintar

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 6 yang menjadi spotlight pada collab dengan monster hunter yakni Yato. Yato yang dikenal sekarang menjadi Kirin R Yato merupakan operator Specialist dengan archtype Executor, dan merupakan bentuk alter dari operator Vanguard Yato. Seperti biasa Rengnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Yato dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Yato  .

Yato merupakan salah satu operator senior Rhodes Island dirinya dikenal sebagai Yato the Flash dikarenakan car ia menyelesaikan misi dengan cepat. Sayangnya gaya dirinya menjalankan misi ini sering sekali mengekspos teamnya dengan resiko yang lebih tinggi dari seharusnya. Namun setelah kejadian yang terjadi di desa Roka di daerah Higashi terjadi perubahan yang sangat signifikan dari kepribadian Yato. Lebih tepatnya lagi ketika Yato dan Noir Conne kembali dari misi mereka di Higashi menimbulkan kehebohan di Rhodes Island.

Kehebohan ini pertama dikarenakan peralatan yang mereka gunakan semuanya terlihat cukup baru dan asing oleh operator Rhodes Island lainnya. Setelah melakukan test atas peralatan yang digunakan oleh Yato dapat disimpulkan bahwa senjata dan baju yang ia gunakan memiliki kemampuan bertahan cukup tinggi. Ditambah lagi dikarenakan perlengkapan ini dibuat menggunakan bahan special yang bahkan departemen teknik Rhodes Island tidak mengetahui pasti bahan apa, ada banyak sekali kegunaan peralatan ini yang belum bisa dijelaskan. Salah satu fungsi uniknya adalah setiap serangan dari senjata ini dapat menimbulkan ledakan listrik berwarna putih. Departemen teknik Rhodes Island menyebut nama serangan tersebut seperti Kirin, hal itulah yang menyebabkan julukan Yato menjadi Kirin R Yato.

Tidak hanya peralatan baru yang seperti tadi sudah diceritakan kepribadian Yato juga berubah setelah kejadian di desa Roka. Salah satu yang paling dapat dilihat adalah bagaimana dirinya menjalankan misi saat ini. Yato sekarang selalu mencoba melibatkan regu 1 teamnya dalam memformulakan rencana dalam menjalankan misinya. Dirinya akan memutuskan akan melakukan apa setelah mendengarkan pendapat dari seluruh regu teamnya. Hal ini sangatlah jarang terjadi karena Yato yang dulu akan langsung mengambil keputusan yang membuat regu team dirinya menyelesaikan misi lebih cepat mengiraukan resiko. Melihat perubahan Yato ini banyak operator Rhodes Island menyambutnya dengan positif.

Class:

Traits:

Waktu redeployment dikurangi secara drastis

Jangkauan Serangan

Potensial

Image

Trust Stats Bonus

Image

Talent

Kirin Bolts

Serangan memberkan extra art damage berkekuatan 6% ATK  (E0)

Serangan memberkan extra art damage berkekuatan 13% ATK  (E1)

Serangan memberkan extra art damage berkekuatan 20% ATK  (E2)

 

Archdemon Mode

Saat skill aktif higga 10 detik skill selesai ATK + 13%

Menambahkan +3% ATK ketika memilkiki Kirin R Yato   potential 5.

Base Skill

Ketika ditempatkan di Command Center mengurangi self mood reduction sebanyak +0.5 & memberikan +8 Silvervine. (E0)

Ketika ditempatkan di Command Center dengan operator dari [Monster Hunter Squad] menambahkan +2% dalam efektivitas produksi untuk semua craft station. (E2)

 

Stats:

Image

Yato   merupakan operator Specialist bintang 6, dan merupakan operator bintang 6 ketiga dalam archype Executor. Untuk masalah perbandingan stat dengan Phantom & Texas The Omertosa, Yato memiliki stat yang lebih rendah baik di HP, ATK dan DEF. Meskipun begitu dps output milik Yato bisa dibilang jauh lebih besar ketimbang Phantom, & setara dengan Texas The Omertosa. Bahkan banyak sekali dokutah yang dapat menyelesaikan stage hanya dengan menggunakan Texas Omertosa dan Kirin Yato saja. Untuk Skill, module dan sinerginya bagaimana mari kita lihat bersama sama dibawah ini.

Skill & Modules

Image

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill pertama milik Yato akan langsung aktif ketika dirinya dideploy. Skill 1 ini akan menambahkan ASPD miliknya. Kemudian setiap serangan milik Yato akan mengenai musuh sebanyak 2 kali. Setelah Yato menyerang target yang sama sebanyak 3 kali serangan ketiga miliknya akan mengenai musuh sebanyak 6 kali. Skill ini cukup bagus digunakan untuk membunuh musuh yang sedang ditahan oleh operator lain dengan cepat. Meskipun jika skill 1 ini dibandingkan skill 2 & 3 nanti terkesan kurang. Skill 1 milik Yato sebenarnya memberikan damage yang cukup banyak untuk 1 target. Kurangnya adalah jika target memiliki DEF cukup tinggi skill ini akan tidak berasa sama sekali.

Image

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill kedua Yato akan langsung aktif ketika dideploy. Saat dideploy Yato akan langsung menyerang satu garis lurus kedepan sebanyak 16 tile. Pada saat yang sama efektivitas talent pertama Yato akan ditingkatkan dan dirinya akan mendapatkan ATK buff. Pada saat skill ini aktif Yato akan lebih sering ditarget oleh musuh. Skill 2 milik Yato memiliki potensi DPS paling tinggi jika dalam 16 tile yang Yato lewati ada banyak target. Karena skill ini dapat membunuh banyak target sekaligus dengan mudah karena bagaimana sakitnya serangan Yato. Namun dokutah harus berhati hati ketika menggunakan serangan ini terutama jika pada stage tersebut ada musuh yang menggunakan range attack. Hal ini karena semua musuh dimap kemungkinan besar akan menyerang Yato, bisa saja dirinya terbunuh sebelum skillnya selesai.

Image

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill 3 milik Yato akan langsung aktif setelah dideploy. Yato akan menyerang musuh didepan dengan physical damage. Untuk setiap musuh yang diserang Yato akan maju satu langkan dan menyerang lagi. Yato akan terus maju dengan setiap musuh yang diserang olehnya dengan maksimal maju sebanyak 5 kali. Skill ini cukup mematikan terutama saat melawan boss dengan banyak hitbox. Skill ini juga dapat menyerang target yang terbang.

Dari ketiga skill yang dimiliki oleh Yato skill 2 dan skill 3 adalah yang paling bagus untuk dijadikan M3. Hal ini karena kedua skill tersebut memiliki keunikan tersendiri dipadukan dengan damage yang cukup tinggi. Skill kedua dapat digunakan untuk farming dan skill ketiga dapat digunakan ketika melawan boss atau sejumlah musuh elit yang menyebalkan.

Untuk saat ini Yato hanya memiliki satu Module saja. Module tersebut sangat direkomendasikan untuk didapatkan karena meningkatkan damage yang bisa Yato berikan kepada musuh. Module ini juga menambahkan jumlah DP yang direfund saat dokutah meretreat Yato.

Sinergi

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Pramanix, Shamare, Skadi Alter dan Sora sangat bisa membantu Yato dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Yato dalam mengisi SP dan menambahkan ATK Yato hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang  akan membuat serangan Yato jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora, dan skill 2 dan 3 milik Skadi Alter dapat meningkatkan ATK milik Yato dan mengheal dirinya juga. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Yato sebanyak +50% dan +50 ASPD

Specialist Executor Operator

Yato bersinergi baik dengan operator dengan archtype Executor lainya seperti Phantom, Kafka, Projek Red dsb. Terutama Yato bersinergi baik dengan Texas Omertosa dikarenakan kedua operator ini memiliki potensial dps sangat tinggi. Membuat keduanya bisa membunuh musuh cukup cepat atau menjadi oh shit button untuk dokutah gunakan saat formasi dokutah pecah.

Vanguard Operator

Yato meskipun memiliki dp cost yang rendah, karena dokutah harus mendeploy dirinya berkali kali dirinya bersinergi baik dengan Vanguard operator. Terutama Vanguard operator Flagbearer karena mereka bisa meregenerasi DP dengan cepat. Hal ini membuat dokutah bisa mendeplot Yato berkali kali tanpa harus khawatir DP tidak cukup.

Kesimpulan

Yato   merupakan operator Specialist archtype Executor yang berfungsi sebagai dps Specialist. Potensi DPS yang sangat tinggi membuat Yato   menjadi salah satu operator yang cukup populer digunakan. Terutama untu stage susah layakany Contigency Contract misalnya. Apakah Yato   worth untuk dibuild? Tentu saja karena keberadaanya memberikan peningkatan signifikan untuk tim milik dokutah.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~

 

Catatan Perjalanan Paripico Day...

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal...

32 Player Di-ban karena...

Mungkin ini adalah match fixing terbesar sepanjang sejarah eSports....

Update Honkai Star Rail...

Trailblazers! Pada 19 Juni mendatang, Honkai: Star Rail akan...

Update Honkai Impact v7.5:...

Kapten! Honkai Impact 3 mengumumkan bahwa v7.5 akan...

Ekspansi ke Honor of...

Permainan MOBA terlaris di Tiongkok, Honor of Kings (HOK)...

[Review] Jaku Chara Tomozaki-kun...

Selamat datang kembali dalam artikel ulasan anime versi Regnbue....

Catatan Perjalanan Paripico Day 1: Aku Masuk Dalam Isekai Di Jogja

Paripico yang berlokasi di Terminal B Adisutjipto pada tanggal 8-9 Juni telah selesai digelar. Ini merupakan kali kedua Paripico mengadakan acara mereka di lokasi...

32 Player Di-ban karena Match Fixing

Mungkin ini adalah match fixing terbesar sepanjang sejarah eSports. Umumnya match fixing hanya melibatkan 1-2 orang atau mentok 2 tim sekaligus. Tetapi dalam kasus...

Update Honkai Star Rail v2.3: Selamat Tinggal, Penacony

Trailblazers! Pada 19 Juni mendatang, Honkai: Star Rail akan memasuki versi 2.3! Pada update kali ini, Stellaron Hunter dan tokoh penting IPC, ,...

Update Honkai Impact v7.5: Hadirkan Agen Rahasia [Lantern]

Kapten! Honkai Impact 3 mengumumkan bahwa v7.5 akan dirilis pada 6 Juni besok! Kapten akan melewati masa-masa yang menyenangkan di Langqiu bersama Songque...

Ekspansi ke Honor of Kings, Satu Persatu Tim MPL Merelakan Privilege MPL Mereka

Permainan MOBA terlaris di Tiongkok, Honor of Kings (HOK) mulai membuka server global mereka. Tidak tanggung-tanggung, Tencent juga langsung membuka turnamen global mereka dengan...

[Review] Jaku Chara Tomozaki-kun 2nd Stage

Selamat datang kembali dalam artikel ulasan anime versi Regnbue. Kali ini kita akan membahas sebuah anime yang merupakan sekuel yang berjudul Jaku Chara Tomozaki-kun...

Waifu Musiman Edisi Spring 2024

Selamat datang di rubrik Waifu musiman yang bakal terbit setiap satu caturwulan sekali alias 4 kali setahun. Rubrik ini diproyeksikan akan dirilis tiap pertengahan...

[Review] Saijaku Tamer wa Gomi Hiroi no Tabi wo Hajimemashita

Kalau ada satu anime hidden gem dari Winter 2024, maka saya langsung merekomndasikan satu judul yaitu Saijaku Tamer. Judul lengkap anime ini adalah Saijaku...

[Virtual Record] Suzuka Utako

Selamat datang di rubrik terbaru Regnbue.id, Virtual Record. Rubrik ini terbentuk dari keinginan penulis untuk kembali membawa sebuah artikel mengenai vtuber secara khusus untuk...