Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

5 Turnamen Esports Paling Anti-Mainstream

Kalau berbicara Esports, mungkin dalam pikiran kita adalah Turnamen DotA 2 The International (TI), Valorant Championship Tour (VCT), atau mungkin Free Fire World Series (FFWS). Gim-gim kompetitif seperti yang Regnbue sebutkan tadi memang populer dalam dunia Esports. Tapi selain itu ada Esports lain yang tidak umum, loh. Esports ini sangat anti-mainstream. bahkan gim (?) yang ada di daftar ini sejatinya bukan gim kompetitif. Lalu gimana pertandingannya?

5. Tetris (1985)

Siapa yang tidak tahu permainan blok ini? Gim yang pertama kali diluncurkan di USSR ini adalah gim yang ramah usia. Semua kalangan bisa memainkannya. Turnamen tetris sendiri mungkin tidak terlalu asing kalau kalian mengikuti Vtuber Hoshimachi Suisei. Vtuber dari Hololive ini sangat suka bermain Tetris dan di dalam gim berjudul Tetris 99 yang sering dia mainkan, kalian bisa merasakan kompetisi antar pemain.

Tetapi Tetris yang Regnbue maksud bukanlah Tetris 99 melainkan Tetris klasik yang dirilis untuk konsol NES pada tahun 1989. Peraturannya pun cukup sederhana: Siapa yang dapat meraih skor paling banyak, dia yang menang.

Tetris World Championship sendiri sudah ada sejak 2010. Permainan yang dipelopori oleh Socal Gaming Expo ini menjadi turnamen tahunan dan tidak pernah absen sekalipun.

4. GeoGuessr

Siapa sangka gim tebak-tebakan lokasi ini juga punya turnamen Esports mereka sendiri. GeoGuessr adalah permainan menebak lokasi berdasarkan Google Street View. Pada awalnya permainan ini adalah permainan kasual. Tetapi sejak dirilisnya mode multiplayer,  GeoGuessr menjadi ajang tersendiri bagi penggemarnya.

Peraturan turnamen ini cukup simpel, siapa yang tebakanannya paling akurat dia yang menang. Masing-masing player memiliki HP yang akan berkurang setiap selisih jarak yang mereka miliki. Jadi semakin jauh tebakan mereka, semakin besar damage yang mereka terima. Selain itu akan ada multiplier damage yang akan menjadi semakin besar seiring pertandingan berjalan.

GeoGuessr World Cup sendiri baru pertama kali diadakan bulan Oktober 2023 kemarin. Jadi Esports ini memang masih sangat baru. Meskipun begitu keseruan turnamen ini tidak kalah dengan turnamen Esports lainnya.

3. Farming Simulator

Loh? Farming Simulator jadi ajang kompetitif? Betul! Permainan ini besutan Giant Software dan Astragon ini ternyata punya turnamen esports mereka sendiri. Tapi jangan salah, meskipun farming simulator sejatinya adalah gim santai, turnamennya cukup seru dan menegangkan. Bahkan ada momen-momen clutch yang membuat penonton semakin tegang saat menyaksikannya. Yang lebih menarik, ternyata ada fase draft phase di mana kedua tim akan melakukan banning pada traktor tertentu.

Turnamen ini sangat team-based. Satu tim terdiri dari 3 orang dengan tugas dan traktor masing-masing. Ada harvester yang bertugas memanen dan ada baller yang tugasnya adalah packing gandum. Komposisi yang umum adalah 1 harvester dan 2 baller. Selain itu ada power up yang bisa dipilih oleh kapten.

Uniknya, peserta Farming Simulator League adalah perusahaan-perusahaan pertanian. Seperti tim Agrall yang merupakan perusahaan manufaktur traktor dan Trelleborg Tires yang merupakan perusahaan produsen ban traktor. Tentu ada juga tim-tim komunitas, tetapi mereka pun tetap disponsori oleh perusahaan-perusahaan agraria. Tim-tim tersebut memperebutkan total hadiah sebesar EUR 250.000.

2. The Sims

Mungkin kalian tidak akan menyangka permainan santai yang bahkan tidak ada sisi kompetitifnya ini memiliki pertandingan Esports sendiri. The Sims adalah permainan simulasi kehidupan yang juga ikut diperlombakan dengan hadiah yang juga tak main main. USD 100.000.

Peraturan turnamen ini cukup sederhana. Pemain hanya diperintahkan untuk membuat cerita dari sims mereka. Mulai dari desain karakter, world building, sampai interaksi antar sims menjadi detail yang dinilai oleh para juri.

Honorable mention eSports anti-Mainstream:

OSU!

Game Rythm yang populer di kalangan wibu ini tentu punya turnamen mereka sendiri. Ada beberapa cabang yang dilombakan mulai dari Osu!mania sampai Osu!taiko. Kalian bisa melihat lengkapnya di sini.

Touhou

Tidak mungkin komunitas paling solid ini tidak punya turnamen. Komunitas Touhou punya Touhou World Cup yang baru saja selesai bulan Juli kemarin.

Chess.com

Apakah catur juga eSports? Kalau dimainkan di komputer atau konsol maka jawabannya, iya! Tetapi eSports catur dari Chess.com biasanya menggunakan mode bullet. Berbeda dengan catur konvensional, pada mode ini masing-masing pemain hanya memiliki waktu 3 menit. Tentu saja pemain juga bisa melakukan pre-move yang tidak bisa dilakukan di catur konvensional.

1. Microsoft Excel

Yang ini mungkin bukan gim, tapi mereka mengklaim bahwa ini adalah eSports. Dengan demikian Microsoft Excel World Championship dinobatkan sebagai eSports paling Anti-mainstream di list ini.

Microsoft Excel World Championship, kompetisi tahunan yang belum lama ini digelar oleh Financial Modeling World Cup (FMWC). Microsoft Excel World Championship 2023 baru saja menyelesaikan pertandingan finalnya pada 10 Desember 2023 lalu.

Turnamen ini lebih mirip seperti wawancara programmer daripada sebuah turnamen. Pemain akan diberikan beberapa permasalahan dan mereka dituntut untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dalam waktu yang sudah ditentukan.

Kalau kalian berpikir turnamen ini membosankan, kalian salah. Para pro-player Excel ini sudah hafal luar-dalam tentang Excel. Melihat mereka menyelesaikan soal tanpa menggunakan mouse adalah sebuah guilty-pleasure.

Waifu Musiman Edisi Summer...

Summer berada pada penghujungnya. Pastinya database waifu musiman sudah...

Update ZZZ v1.2: Jelajahi...

Proxy! HoYoverse mengumumkan bahwa game terbaru mereka, Zenless Zone...

Rayakan Anniversary Keempat, Genshin...

Traveler! Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-4, Genshin Impact...

Cerita Lengkap Kasus Match-fixing...

Minggu lalu, turnamen Honor of Kings World Championship -...

Honkai: Star Rail Versi...

Ritual Bela Diri, Tantangan Baru, dan Karakter Legendaris akan...

Update Besar-Besaran Genshin Impact...

Ayo jelajahi bangsa baru Natlan sebagai seorang pejuang lokal...

Waifu Musiman Edisi Summer 2024

Summer berada pada penghujungnya. Pastinya database waifu musiman sudah bisa diupdate hingga data terbaru. Beberapa waifu mungkin sudah berhasil memikatmu, tetapi apakah ada waifu...

Update ZZZ v1.2: Jelajahi Outer Ring dengan Motor Gede

Proxy! HoYoverse mengumumkan bahwa game terbaru mereka, Zenless Zone Zero, akan menyambut versi 1.2 "Tour de Inferno" pada 25 September 2024 mendatang! Perjalanan para...

Rayakan Anniversary Keempat, Genshin Tayangkan Acara HoYoFair di YouTube, X, dan TikTok

Traveler! Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-4, Genshin Impact dengan bangga mengumumkan "Festival Musik dan Seni Api" pada 21 September 18:00 (WIB) di YouTube,...

Cerita Lengkap Kasus Match-fixing Bluerim Esports

Minggu lalu, turnamen Honor of Kings World Championship - Indonesia Qualifier pertama digemparkan dengan kasus match-fixing yang dilakukan oleh salah satu tim mereka. Bluerim...

Honkai: Star Rail Versi 2.5 Dirilis, Ungkap Petualangan dan Rekan Kuat Baru di Xianzhou “Luofu”

Ritual Bela Diri, Tantangan Baru, dan Karakter Legendaris akan Segera Hadir Singapura, 30 Agustus 2024 - Merek hiburan interaktif global HoYoverse mengumumkan bahwa Honkai: Star...

Update Besar-Besaran Genshin Impact Menghadirkan Bangsa Natlan dengan Beragam Suku dan Saurian-nya!

Ayo jelajahi bangsa baru Natlan sebagai seorang pejuang lokal terhebat atau dalam wujud naga untuk merasakan berbagai pengalaman menjelajahi open world yang baru! Singapura, 28...

Genflix Aerowolf, Sejarah Kelam Pro Scene Indonesia

Berbicara E-Sports di Indonesia, tentu kita tidak asing dengan Mobile Legends Premiere League Indonesia atau MPL ID. MPL ID pernah memiliki tim yang meskipun...

[Virtual Record] Minato Aqua

"Konaqua~!" Mungkin sapaan ini tinggal sesaat lagi kamu akan mendengarnya langsung dari mulut seorang Minato Aqua. Ya, Minato Aqua, member generasi 2 hololive resmi...

Ekspansi Besar Tahunan Genshin Impact Menambahkan Bangsa Keenam, Natlan, pada 28 Agustus

Versi 5.0 memperkenalkan Bangsa Perang di mana pemain dapat merasakan keberanian yang menggelora, kelincahan yang luar biasa, serta kemampuan penduduk lokal dan Saurian yang...