Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

[Virtual Record] Minato Aqua

“Konaqua~!” Mungkin sapaan ini tinggal sesaat lagi kamu akan mendengarnya langsung dari mulut seorang Minato Aqua. Ya, Minato Aqua, member generasi 2 hololive resmi mengumumkan hari kelulusannya. Vtuber yang dikenal super introvert ini akan mengakhiri perjalanan vtubernya pada 28 Agustus 2024.

Seperti biasa, Regnbue akan merangkum perjalanan vtuber yang akan segera graduate dalam hal ini, Minato Aqua. Enam tahun berkarya di dunia virtual merupakan pencapaian yang luar biasa. Tentu ada banyak kenangan manis maupun pahit baik dari sisi talent atau fans. Semua suka duka itu Regnbue rangkum dalam tulisan berikut.

Debut dan Masa Awal Minato Aqua

Minato Aqua debut pada 8 Agustus 2024. Ini berarti pengumuman graduate Aqua sangat berdekatan dengan perayaan anniversarynya. Ia termasuk dalam generasi kedua hololive yang juga berisikan Murasaki Shion, Nakiri Ayame, Yuzuki Choco dan Oozora Subaru.

Aqua digambarkan sebagai maid dengan rambut mirip bawang merah. Pakaiannya didominasi warna biru dengan nuansa kelautan. Ini sesuai dengan namanya yang memiliki kedekatan dengan air khususnya laut. Minato berarti pelabuhan, sedangkan Aqua berarti air.

Channel Youtube Aqua berhasil menembus 5 digit pertamanya pada 4 Oktober 2018. Selain Youtube, Aqua juga membuka kanal baru di OPENREC.tv dan BiliBili hanya dalam kurun waktu 6 bulan pertamanya.

Segudang Kenangan Indah

Meski dikenal sebagai introvert, nama Aqua sudah cukup melanglang buana di jagat virtual. Tercatat sudah banyak game berkolaborasi dengan hololive yang memasukan Aqua sebagai karakternya. Sebut saja seperti Dawn of the Breakers, Dengekionline, Azur Lane, dan masih banyak lagi. Aqua bahkan memiliki game yang terinspirasi dari dirinya sendiri yang diberi nama AQUARIUM.

Dalam perjalanannya sebagai vtuber, Aqua sudah bisa dikatakan lebih dari sekadar sukses saja. Dirinya menjadi nomor dua tercepat se-hololive dalam meraih 500 ribu subscriber pertama, dan sekarang sudah berada di angka lebih dari 2 juta. Ia juga sudah memiliki banyak model 2D/3D, membuktikan kalau dirinya banyak memikat fans.

Kalau kita tanya kepada fansnya, angka-angka di atas mungkin hanya sebagai hiasan yang pasti melekat pada Aqua. Pasalnya, Aqua memang cukup menghibur dalam kontennya, baik solo stream atau kolaborasi.

Salah satu yang paling berkesan bagi penulis adalah momen ketika Aqua mendirikan Akukin Kensetsu dan Holo Resistance dalam permainan Minecraft. Aqua yang menjadi kepala konstruksi saat itu, bersaing dengan Pekora, bahkan menantang sesepuh hololive, Tokino Sora.

Diskografi

Tidak dapat dipungkiri, Minato Aqua adalah salah satu talenta hololive yang paling sering mengeluarkan lagu orisinalnya. Total ada 13 original song yang dirilisnya selama ia berkarir. 1 EP dan 1 single juga menggenapi karirnya dalam tarik suara yang tergolong cukup sukses untuk seorang streamer yang gemar memainkan game sendiri.

Hebatnya lagi, Aqua sudah menggelar sebanyak dua kali konser solonya. Dalam konsernya, biasanya ia memperkenalkan lagu orisinal terbarunya. Ia juga aktif dalam keikutsertaannya dalam acara besar hololive seperti hololive summer.

Aqua bahkan pernah mengisi lagu penutup untuk anime Jahy-sama wa Kujikenai. Ia tampil bersama Momosuzu Nene dan Oozora Subara dalam unit NEGI☆U.

Aqua juga memiliki beragam cover lagu yang sudah ditonton jutaan pasang mata. Beberapa lagu juga ia bawakan dalam kolaborasi bersama teman-teman virtual dekatnya.

Lebih Lanjut Soal Graduate

Sebenarnya Aqua sudah beberapa kali memalsukan graduate dalam beberapa kesempatan seperti menggunakan layar hitam ketika streaming. Contohnya saja pada stream Minecraft tanggal 2 Februari 2019, ia mengeluarkan pidato kelulusan kemudian meledakan modelnya dengan TNT sebagai perayaan kelulusannya.

Sayangnya, kali ini bukan sekadar bercandaan lagi. Aqua benar-benar akan graduate dari hololive pada 28 Agustus 2024. Dalam pernyataannya, Aqua membeberkan alasan graduatenya karena sudah tidak sejalan dengan manajemen.

Para member hololive lain turut memberikan respon terkait kelulusan Aqua. Mereka ikut bersedih, tetapi berusaha memberikan senyuman terbaik untuk melepas kepergian rekan mereka.

Cover masih membuka kotak masuknya untuk para fans yang ingin mengirim surat kepada Aqu-tan. Fan letter akan dibuka hingga tanggal 6 September 2024. Jangan sampai lewatkan juga streaming terakhir dari Aqua pada 28 Agustus nanti.

Waifu Musiman Edisi Summer...

Summer berada pada penghujungnya. Pastinya database waifu musiman sudah...

Update ZZZ v1.2: Jelajahi...

Proxy! HoYoverse mengumumkan bahwa game terbaru mereka, Zenless Zone...

Rayakan Anniversary Keempat, Genshin...

Traveler! Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-4, Genshin Impact...

Cerita Lengkap Kasus Match-fixing...

Minggu lalu, turnamen Honor of Kings World Championship -...

Honkai: Star Rail Versi...

Ritual Bela Diri, Tantangan Baru, dan Karakter Legendaris akan...

Update Besar-Besaran Genshin Impact...

Ayo jelajahi bangsa baru Natlan sebagai seorang pejuang lokal...

Waifu Musiman Edisi Summer 2024

Summer berada pada penghujungnya. Pastinya database waifu musiman sudah bisa diupdate hingga data terbaru. Beberapa waifu mungkin sudah berhasil memikatmu, tetapi apakah ada waifu...

Update ZZZ v1.2: Jelajahi Outer Ring dengan Motor Gede

Proxy! HoYoverse mengumumkan bahwa game terbaru mereka, Zenless Zone Zero, akan menyambut versi 1.2 "Tour de Inferno" pada 25 September 2024 mendatang! Perjalanan para...

Rayakan Anniversary Keempat, Genshin Tayangkan Acara HoYoFair di YouTube, X, dan TikTok

Traveler! Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-4, Genshin Impact dengan bangga mengumumkan "Festival Musik dan Seni Api" pada 21 September 18:00 (WIB) di YouTube,...

Cerita Lengkap Kasus Match-fixing Bluerim Esports

Minggu lalu, turnamen Honor of Kings World Championship - Indonesia Qualifier pertama digemparkan dengan kasus match-fixing yang dilakukan oleh salah satu tim mereka. Bluerim...

Honkai: Star Rail Versi 2.5 Dirilis, Ungkap Petualangan dan Rekan Kuat Baru di Xianzhou “Luofu”

Ritual Bela Diri, Tantangan Baru, dan Karakter Legendaris akan Segera Hadir Singapura, 30 Agustus 2024 - Merek hiburan interaktif global HoYoverse mengumumkan bahwa Honkai: Star...

Update Besar-Besaran Genshin Impact Menghadirkan Bangsa Natlan dengan Beragam Suku dan Saurian-nya!

Ayo jelajahi bangsa baru Natlan sebagai seorang pejuang lokal terhebat atau dalam wujud naga untuk merasakan berbagai pengalaman menjelajahi open world yang baru! Singapura, 28...

5 Turnamen Esports Paling Anti-Mainstream

Kalau berbicara Esports, mungkin dalam pikiran kita adalah Turnamen DotA 2 The International (TI), Valorant Championship Tour (VCT), atau mungkin Free Fire World Series...

Genflix Aerowolf, Sejarah Kelam Pro Scene Indonesia

Berbicara E-Sports di Indonesia, tentu kita tidak asing dengan Mobile Legends Premiere League Indonesia atau MPL ID. MPL ID pernah memiliki tim yang meskipun...

Ekspansi Besar Tahunan Genshin Impact Menambahkan Bangsa Keenam, Natlan, pada 28 Agustus

Versi 5.0 memperkenalkan Bangsa Perang di mana pemain dapat merasakan keberanian yang menggelora, kelincahan yang luar biasa, serta kemampuan penduduk lokal dan Saurian yang...