Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

Review Operator Vigil : Mafia Dengan Hati Yang Lembut

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 6 yang menjadi spotlight pada event Il Siracusano yaitu Vigil. Vigil merupakan operator Vanguard dengan archtype Tactician. Seperti biasa Rengnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Vigil dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Vigil.

Leontuzzo Bellone atau yang lebih dikenal dengan operator Vigil. Merupakan operator dengan ras Lupo yang berasal dari Siracusa. Dirinya merupakan pemimpin terakhir dari keluarga Bellone di Siracusa, dan juga merupakan kandidat walikota untuk kota Nuova Volsini. Melalui operator Texas dirinya menjalin hubungan dengan pihak Rhodes Island untuk kepentingan kota yang akan ia pimpin nantinya. Pada awalnya pihak Rhodes Island kurang berkenan menjalin hubungan dengan Vigil. Hal ini dikarenakan Rhodes Island jika bisa tidak ingin menjalin hubungan dengan entitas politik yang sensitif, terutama pada saat ini Vigil masih menjadi salah satu kandidat walikota. Rhodes Island tidak mau eksistensi mereka di Nuova Volsini hanya menjadi bidak politik untuk menunjang pamor Vigil. Namun setelah mendengar secara langsung keadaan Nuova Volsini dan juga melihat langsung kejujuran serta ketulusan Vigil ingin membuat kota lebih baik Rhodes Island pun memutuskan untuk menjalin hubungan dengannya.

Alasan mengapa Vigil juga menjadi salah satu operator di Rhodes Island adalah karena dia ingin belajar lebih lanjut dari pengalaman setiap operator yang ada di Rhodes Island. Pada saat Vigil bergabung pertama kali dan memulai harinya menyisiri Rhodes Island sebangai operator, dirinya menjadi pusat perhatian operator lain. Hal ini karena operator lain mengetahui ia berasal dari Siracusa, kemudian jika melihat baju yang ia kenakan operator lain bisa menebah bahwa dirinya merupakan seseorang mafia dengan posisi tinggi. Hal ini menyebabkan banyak operator tidak berani berbicara atau berinteraksi dengannya. Untungnya atmosfer yang tidak sehat ini berhasil dicairkan berkat Chiave yang dengan beraninya mendekati Vigil dan mengajak ia berbicara. Tidak butuh waktu lama Chiave dan Vigil berbicara layaknya teman akrab bahkan Chiave dapat merangkul bahu Vigil dan memuat pengumuman bahwa ia akan menyambut Vigil sebagai operator baru dengan merayakan sebuah pesta. Kejadian ini membuat orang orang melihat bahwa operator Vigil tidak sejahat yang mereka pikirkan, malah kebalikannya Vigil merupakan pribadi yang sopan, penuh dengan gairah serta ide baru dan solid.

Jika operator Vigil dan Penance berada di Rhodes Island bersamaan pasti mereka berdua akan menghabiskan waktu bersama. Hal ini menimbulkan pertanyaan di pikiran operator lain atas hubungan mereka. Vigil menjelaskan bahwa Penance merupakan kakaknya, Penance  mendengar ucapan Vigil tidak bilang bahwa hal itu benar tapi Penance juga tidak menyangkal statemen dari Vigil tersebut. Vigil juga pernah menceritakan ke dokutah bahwa dirinya memang benar melihat Penance sebagai sosok kakak yang ia hormati. Hal ini berhubungan dengan masa lalu Vigil yang ibunya sudah tiada pada saat ia masih muda, serta sang ayah meskipun hubungan mereka baik baik saja namun atas kesibukannya mereka tidak terlalu dekat. Penance lah yang dulu waktu ia masih kecil sering menemani dirinya baik bermain ataupun belajar. Hal inilah yang menjadikan mengapa Vigil melihat Penance sebagai sosok kakak Perempuan yang ia hormati.

Class:

Traits:

Dapat memunculkan 1 [Tactical Point] di dalam jangkauan serangan.

Akan meningkatkan damage serangan hingga 150% saat menyerang musuh yang diblock oleh [Tactical Point]

Jangkauan Serangan

Image

Sebelum E1

Image

Sesudah E1

Potensial

Image

Trust Stats Bonus

Image

Talent

Leader of the Wolf Pack

Dapat memunculkan [Tactical Point] berupa serigala atau Wolf Pack yang terbentuk dari 2 Wolf Shadows. Jumlah dari Wolf Shadows ini dapat meningkat 1 setiap 30 (E0)/27(E1)/25(E2) detik hingga mencapai maksimum 3 Wolf Shadows. Setiap Wolf Shadow akan meningkatkan jumlah musuh yang dapat diblock oleh Wolf Pack sebanyak 1, dan membuat serangan mereka memberikan 1 extra hit.

Nature of the Wolf Pack

Ketika musuh di block oleh Wolf Pack, serangan Vigil dan Wolf Pack yang mengenai musuh tersebut akan menghiraukan 175 DEF. Jika memiliki Vigil potential 5 maka jumlah DEF yang dihiraukan mecapai 200 DEF.

Base Skill

Image

Ketika ditempatkan di Reception akan mempercepat mengkoleksi clue sebesar 25%

Image

Ketika ditempatkan di Trade Station akan meningkatkan efisiensi order sebanyak 25%. Kemudian akan meningkatkan efisiensi order lagi sebesar 5% untuk setiap level dari Reception room dengan jumlah maksimum mencapai 40%.

 

Stats:

Image

Vigil merupakan operator Vanguard bintang 6, dan merupakan operator bintang 6 pertama dalam archype Tactician. Dibandingkan dengan operator Tactician lainnya Vigil memiliki stat ATK lebih rendah ketimbang Blacknight namun dengan HP dan DEF lebih tinggi. Summon milik Vigil memiliki kemampuan offensive lebih sakit ketimbang Blacknight ataupun Beanstalk. Summon milik Vigil ini juga bersinergi baik dengan skillnya yang menambahkan kemampuan offensive dari summon miliknya, Untuk lebih jelasnya lagi mari kita check bersama sama kemampuan dari skill milik Vigil dibawah ini.

Skill & Modules

Image
Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Ketika skill pertama Vigil aktif dirinya akan langsung memberikan 7 DP dan memunculkan 1 Wolf Shadow. Skill ini merupakan skill generik Vigil yang dapat dokutah gunakan jika dokutah membutuhkan DP generator. Skill ini juga membuat Vigil dapat memunculkan Wolf Shadow lebih cepat ketimbang menggunakan talent miliknya yang membutuhkan waktu lebih lama untuk muncul. Skill ini cukup bagus kekurangannya hanya saja skill ini tidak dapat memberikan buff damage sama sekali.

Image

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill kedua Vigil ketika aktif akan membuat Vigil  langsung memberikan 2 DP dan membuat serangan Wolfpack berikutnya lebih sakit. Serangan Wolfpack yang aktif karena skill ini juga memberikan kemampuan lifesteal terhadap Wolfpack tersebut. Jika musuh mati karena skill ini maka Wolfpack akan memberikan 1 DP. Skill ini tidak direkomendasikan jika dokutah ingin Vigil menjadi DP generator. Skill ini bisa digunakan jika dokutah ingin mengutilisasikan Wolf Pack milik Vigil. Meskipun begitu skill ini sangat bergantung dengan timing aktivasi yang pas agar skill ini bersinar, sayangnya skill ini aktif secara otomatis membuat dokutah tidak dapat mentiming kegunaan skillnya secara manual

Image

Tipe pengisian SP: Ketika Diserang

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill 3 milik Vigil ketika aktif akan memberikan DP selama skill berlangsung hingga mencapai cap tertentu tergantung level dari skill. Skill ini juga akan membuat serangan Vigil dan Wolfpack mengenai musuh sebanyak 3 kali. Skill ini juga membuat musuh yang terblock oleh Wolfpack terkena extra art damage baik dari serangan Vigil atau Wolf Pack. Kekurangan dari skill ini adalah SP cost yang cukup tinggi. Sama seperti skill 2 skill 3 bukan skill yang digunakanun untuk mecari DP, melainkan DPS skill yang membutuhkan keahlian untuk digunakan. Hal ini karena seluruh setting dokutah dan strategi dokutah akan berfokus pada Vigil jika menggunakan skill ini.

Pada saat artikel ini ditulis Vigil belum memiliki module

Sinergi

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Pramanix, Shamare, Skadi Alter dan Sora sangat bisa membantu Vigil dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Vigil dalam mengisi SP dan menambahkan ATK Vigil hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang  akan membuat serangan Vigil jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora, dan skill 2 dan 3 milik Skadi Alter dapat meningkatkan ATK milik Vigil dan mengheal dirinya juga. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Vigil sebanyak +50% dan +50 ASPD

Kesimpulan

Vigil merupakan operator Vanguard yang bisa dibilang cukup unik dalam memainnkannya. Memang dibandingkan Vanguard lain Vigil dapat dibilang mediocore at best. Namun jika ia merupakan husbando bagi para dokutah cukup worth it kok untuk menaikan dia. Secara meta dirinya tidak masuk kedalam operator yang  broken. Namun karena dirinya merupakan free operator ia bisa menjadi pilihan dokutah jika membutuhkan extra dp generator.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~

 

Review Tsue to Tsurugi...

‘ABSTRAK’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek...

Update Honkai: Star Rail...

Trailblazers! Honkai: Star Rail Versi 2.6 akan dirilis...

Yuko Suzuhana dari Wagakki...

Jakarta, 8 Oktober 2024 – Evorize, bekerja sama dengan...

Phoenix Gramedia Indonesia Hadirkan...

Jakarta, 7 Oktober 2024 – Setelah berhasil menghadirkan berbagai...

Review Blue Period: Apakah...

‘Abstrak’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek...

Rekomendasi Anime Fall 2024...

Wawhallo pembaca Regnbue budiman~! Seperti biasa, sebelum fall 2024...

Review Tsue to Tsurugi Wistoria:

‘ABSTRAK’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek visual (grafis dan animasi), audio, plot, dan penokohan. Nah, dari empat hal tersebut akan dinilai...

Update Honkai: Star Rail v2.6: Sambut Rappa dan Simulated Universe Terbaru

Trailblazers! Honkai: Star Rail Versi 2.6 akan dirilis pada 23 Oktober 2024 mendatang! Update kali ini akan membawa kalian ke Paperfold University yang...

Yuko Suzuhana dari Wagakki Band dan UPIKO Siap Tampil Perdana di Comifuro Jakarta

Jakarta, 8 Oktober 2024 – Evorize, bekerja sama dengan Comic Frontier 19, dengan bangga mempersembahkan konser perdana Jewel Box Music Stage, yang akan digelar...

Phoenix Gramedia Indonesia Hadirkan Suzuki Konomi di Konser Anisong Comifuro November Mendatang

Jakarta, 7 Oktober 2024 – Setelah berhasil menghadirkan berbagai komik dan light novel ternama Jepang ke Indonesia, Phoenix Gramedia Indonesia mengumumkan kehadiran kembali penyanyi...

Review Blue Period: Apakah Keberhasilan Buah dari Bakat atau Kerja Keras?

‘Abstrak’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek visual (grafis dan animasi), audio, plot, dan penokohan. Nah, dari empat hal tersebut akan dinilai...

Rekomendasi Anime Fall 2024 Non Sekuel

Wawhallo pembaca Regnbue budiman~! Seperti biasa, sebelum fall 2024 kick-off, Regnbue sudah mengumpulkan beberapa judul anime yang bisa masuk watchlist kamu. Perlu diingat, kalau kami...

Waifu Musiman Edisi Summer 2024

Summer berada pada penghujungnya. Pastinya database waifu musiman sudah bisa diupdate hingga data terbaru. Beberapa waifu mungkin sudah berhasil memikatmu, tetapi apakah ada waifu...

Update ZZZ v1.2: Jelajahi Outer Ring dengan Motor Gede

Proxy! HoYoverse mengumumkan bahwa game terbaru mereka, Zenless Zone Zero, akan menyambut versi 1.2 "Tour de Inferno" pada 25 September 2024 mendatang! Perjalanan para...

Rayakan Anniversary Keempat, Genshin Tayangkan Acara HoYoFair di YouTube, X, dan TikTok

Traveler! Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-4, Genshin Impact dengan bangga mengumumkan "Festival Musik dan Seni Api" pada 21 September 18:00 (WIB) di YouTube,...