Welcome To

Regnbue Gacha

Ask and Thou Shalt Receive.

Review Operator Shalem : Penyintas Dari Crimson Troupe

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 5 yang terlibat dalam Leithania Troupe Incident yakni Shalem. Shalem merupakan operator Defemder dengan archtype Duelist. Seperti biasa Rengnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Shalem dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Shalem.

Shalem merupakan operator dengan ras Phydia terlahir di salah satu desa di Victoria. Pada saat Shalem masih kecil desa tersebut dilanda banjir yang cukup besar, membuat desa tersebut tenggelam dan memankan banyak korban jiwa. Di saat para penduduk desa sedang kesusahan munculahn sebuah group memanggil diri mereka Crimson Troupe datang memberikan bantuan. Mereka juga menawarkan diri untuk mengadopsi & mengurus anak anak yang kehilangan kedua orang tuanya. Salah satu dari anak tersebut adalah Shalem. Salah satu orang dari troupe tersebut berbicara kepada para anak anak yang diadopsi oleh dirinya mengatakan saat ini kalian semua adalah anak anak dari art. Mereka tidak begitu menghiraukan maksud dari kata kata tersebut karena bagi mereka hal terpenting sekarang adalah mereka dapat tempat tinggal baru & dapat makan.

Shalem yang selalu mendapatkan bagian sebagai sosok yang sopan dan lembut ditiap acara yang Crimson Troupe tampilkan mulai mengadopsi hal tersebut menjadi kepribadian dirinya. Dia tumbuh menjadi seseorang yang bertutur kata sopan dan sangat lemah lembut. Bertahun tahun berada di troupe perlahan demi perlahan anak anak yang dulu diadopsi hilang satu demi satu. Shalem menyadari akan hal ini ia akhirnya mengetahui bahwa mereka diadopsi dengan tujuan dijadikan eksperimen untuk originium art. Hal inilah maksud dari kata kata “mulai sekarang kalian adalah anak anak dari art” yang dikatakan kepada mereka. Tidak lama setelah setelah Shalem pasrah akan nasibnya sebuah insiden mengerikan terjadi. Dimana anggota Crimson Troupe mati akibat dibunuh oleh seseorang. Shalem berhasil selamat dan melarikan diri hingga berakhir bergabung dengan Rhodes Island.

Di Rhodes Island Shalem bergabung dalam bagian logistik. Dirinya bertugas menyiapkan dan mendistribusi supply untuk tugas lapangan. Dirinya merupakan operator logistik yang sangat dapat diandalkan. Keterampilannya menggunakan perisai menjadi asset Shalem dalam mempertahankan supply yang ia kirim tidak dijarah oleh orang lain saat ia sedang kirim. Sayang masa damai di Rhodes Island ini tidak berlangsung lama. Saat Rhodes Island menerima operator baru dengan code name Phantom, Shalem dapat merasakan bahwa masa lalunya berhasil menemukannya. Disaat ia melihat siapa itu Phantom ia semakin yakin. Shalem memutuskan untuk sembunyi pergi dahulu dari Rhodes Island untuk menenangkan diri.

Namun kemanapun ia pergi Shalem selalu merasakan kehadiran masa lalunya mengikuti dirinya. Pada akhirnya ia memberanikan diri untuk menghadapi masa lalunya dan kembali ke Rhodes Island. Namun pada saat ia kembali ia meliha di terminal miliknya sebuah misi. Misi tersebut berkaitan dengan masa lalunya yakni Shalem diminta untuk membawa Phantom pulang. Hal ini karena gelagat Phantom sangat aneh dan dirinya meninggalkan Rhodes Island menuju tempat pembantaian Crimson Troupe, karena pihak HR mengetahui bahwa Shalem berasal dari Troupe dan paham atas topologi daerah tersebut mereka mengutus Shalem dalam tugas ini. Shalem pun tidak ragu untuk menerimanya karena dia harus bisa menutuh benar benar buku dimasa lalunya ini agar tidak menghantui dirinya lagi.

Class:

Traits:

Ketika skill aktif setiap serangan memberikan arts damage

Jangkauan Serangan

Image

Potensial

Image

Trust Stats Bonus

Image

Talent

Land of Memories

Di Phantom & Crimson Solitare ASPD + 10 (E0)

Di Phantom & Crimson Solitare ASPD + 20 & ATK +5% (E1)

Di Phantom & Crimson Solitare ASPD + 30 & ATK +15% (E2)

Proclamation of Doom

Setiap serangan memiliki kemungkinan 20% untuk mengurangi RES musuh sebesar 25% selama 3 detik (E2)

Jika memiliki Shalem potential 5 maka menambahkan 5% kepada probabilitas.

 

Base Skill

Image

Ketika ditempatkan di training station meningkatkan kecepatan skill training Defender operator sebanyak 30%

Image

Ketika ditempatkan di training station meningkatkan kecepatan skill training Defender operator sebanyak 30%. Jika archtype defender yang menjalankan skill training adalah arts defender maka mempercepat skill training sebanyak +45%.

 

Stats:

Image

Shalem merupakan operator Defender bintang 5 dengan archtype art protector. Jika dibandingkan dengan operator art protector lainya dirinya memiliki ATK tertinggi ketimbang defender art protector lainya. Namun memiliki DEF dan HP terendah dikalangan 5 star art defender. ATK Shalem yang tinggi bersinergi baik dengan skill miliknya. Seperti apa skill milik Shalem mari kita simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Skill & Modules

ImageTipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Ketika skill pertama Shalem aktif interval serangan miliknya akan berkurang membuat Shalem menyerang lebih cepat, dan dirinya juga mendapatkan tambahan max HP. Shalem akan menyerang semua target yang sedang di block dalam jangkauan serangannya. Skill ini tidak memberikan damage up namun cukup meningkatkan kemampuan survivabilitas milik Shalem. Pada M3 skill ini memiliki sp cost yang cukup okay dan dapat digunakan 2-3 kali dalam satu battle tergantung dengan apakah dokutah menggunakan SP battery dalam team dokutah.

Image

Tipe pengisian SP: Saat Diserang

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Shalem ketika aktif akan menambahkan akan mengubah jangkauan serangannya dan mengganti serangan Shalem menjadi jarak jauh. Skill ini menjadi cukup sakit terutama jika hanya ada satu musuh didalam jangkauan serangan Shalem, mengakibatkan sang target akan terkena seluruh tembahakn Shalem. Skill ini memiliki demerit yakni setiap detiknya Shalem akan kehilangan HP.

Jika dibandingkan antara skill 1 dan 2 tentunya skill 2 bersinergi baik dengan stat ATK Shalem yang tinggi dan secara keseleluruhan memiliki dps output yang besar. Namun dalam penggunaannya Skill 2 akan lebih susah digunakan karena tipe pengisian harus diserang terlebih dahulu membuat bisa terkadang dalam pertarungan skill ini tidak dapat digunakan. Skill 1 meskipun tidak memiliki dps output sebesar skill 2 mereka memiliki survivabilitas yang tinggi, dan juga penggunaanya jauh lebih konsisten ketimbang skill 2.

Pada saat artikel ini ditulis Shalem belum memiliki module.

Sinergi

Healer

Skill 2 Shalem yang memakan HPnya sendiri setiap detiknya dapat dimitigasi dengan operator berkemampuan heal layaknya Medic, Bard atau Defender Healer.

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Pramanix, Shamare, Skadi Alter dan Sora sangat bisa membantu Shalem dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Shalem dalam mengisi SP dan menambahkan ATK Shalem hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang  akan membuat serangan Shalem jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora, dan skill 2 dan 3 milik Skadi Alter dapat meningkatkan ATK milik Shalem dan mengheal dirinya juga. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Shalem sebanyak +50% dan +50 ASPD.

Kesimpulan

Shalem merupakan operator Defender yang dapat berfungsi sebagai defender biasa ataupun dps. Namun sayangnya performa dirinya cukup kurang konsisten jika dibandingkan dengan DPS lain. Sebagai free operator untuk menyelesaikan IS#2 dirinya termasuk operator yang biasa saja. Jika dokutah menyukai Shalem skill miliknya dapat digunakan sebagai damage dealing meskipun tidak konsisten.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~

 

Review Tsue to Tsurugi...

‘ABSTRAK’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek...

Update Honkai: Star Rail...

Trailblazers! Honkai: Star Rail Versi 2.6 akan dirilis...

Yuko Suzuhana dari Wagakki...

Jakarta, 8 Oktober 2024 – Evorize, bekerja sama dengan...

Phoenix Gramedia Indonesia Hadirkan...

Jakarta, 7 Oktober 2024 – Setelah berhasil menghadirkan berbagai...

Review Blue Period: Apakah...

‘Abstrak’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek...

Rekomendasi Anime Fall 2024...

Wawhallo pembaca Regnbue budiman~! Seperti biasa, sebelum fall 2024...

Review Tsue to Tsurugi Wistoria:

‘ABSTRAK’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek visual (grafis dan animasi), audio, plot, dan penokohan. Nah, dari empat hal tersebut akan dinilai...

Update Honkai: Star Rail v2.6: Sambut Rappa dan Simulated Universe Terbaru

Trailblazers! Honkai: Star Rail Versi 2.6 akan dirilis pada 23 Oktober 2024 mendatang! Update kali ini akan membawa kalian ke Paperfold University yang...

Yuko Suzuhana dari Wagakki Band dan UPIKO Siap Tampil Perdana di Comifuro Jakarta

Jakarta, 8 Oktober 2024 – Evorize, bekerja sama dengan Comic Frontier 19, dengan bangga mempersembahkan konser perdana Jewel Box Music Stage, yang akan digelar...

Phoenix Gramedia Indonesia Hadirkan Suzuki Konomi di Konser Anisong Comifuro November Mendatang

Jakarta, 7 Oktober 2024 – Setelah berhasil menghadirkan berbagai komik dan light novel ternama Jepang ke Indonesia, Phoenix Gramedia Indonesia mengumumkan kehadiran kembali penyanyi...

Review Blue Period: Apakah Keberhasilan Buah dari Bakat atau Kerja Keras?

‘Abstrak’ Dalam mengulas sebuah anime, penulis akan mengulasnya dari aspek visual (grafis dan animasi), audio, plot, dan penokohan. Nah, dari empat hal tersebut akan dinilai...

Rekomendasi Anime Fall 2024 Non Sekuel

Wawhallo pembaca Regnbue budiman~! Seperti biasa, sebelum fall 2024 kick-off, Regnbue sudah mengumpulkan beberapa judul anime yang bisa masuk watchlist kamu. Perlu diingat, kalau kami...

Waifu Musiman Edisi Summer 2024

Summer berada pada penghujungnya. Pastinya database waifu musiman sudah bisa diupdate hingga data terbaru. Beberapa waifu mungkin sudah berhasil memikatmu, tetapi apakah ada waifu...

Update ZZZ v1.2: Jelajahi Outer Ring dengan Motor Gede

Proxy! HoYoverse mengumumkan bahwa game terbaru mereka, Zenless Zone Zero, akan menyambut versi 1.2 "Tour de Inferno" pada 25 September 2024 mendatang! Perjalanan para...

Rayakan Anniversary Keempat, Genshin Tayangkan Acara HoYoFair di YouTube, X, dan TikTok

Traveler! Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-4, Genshin Impact dengan bangga mengumumkan "Festival Musik dan Seni Api" pada 21 September 18:00 (WIB) di YouTube,...