Gravedigger: "Goyang Ngebor" to the next level! [Tips dan Trik mengalahkan Gravedigger]

Greetings, Commander!

Sukses memikat hati para player dengan Event Co-op pertamanya, Goddess of Victory: NIKKE kembali mengadakan event multiplayer melalui update terbarunya. Berselang 1 hari setelah update besar-besaran pada tanggal 8 Desember 2022 lalu, Event Wildcat Engine Kembali live dengan bintang baru, Gravedigger, Sang Cacing Penghancur yang kian menjadi mimpi buruk bagi para Commander ketika baru sampai di mid-game.

Mengikuti terbitnya guide pada Event Co-op sebelumnya, kali ini Regnbue akan mengupas tips dan trik untuk menghadapi Boss Cacing Penggali yang tentunya dapat dengan mudah kamu ikuti. Apa saja yang perlu diketahui? Strategi yang umum digunakan untuk menghadapi Gravedigger tentunya sudah Regnbue rangkum disini.

Gravedigger adalah Rapture kelas Tyrant yang sebelumnya dapat ditemui di Interception Level S dan Tribal Tower Level 70F, boss ini dilengkapi dengan berbagai senjata unik, namun utamanya, terdapat 2 serangan yang menjadi ciri khasnya. Yang pertama adalah Drill Missile yang dapat menghasilkan 100% stun terhadap 1 Nikke yang menjadi targetnya, dan yang kedua, juga yang menjadi jurus andalan dari boss ini, adalah Drill Break, dimana Gravedigger akan menghantamkan kepalanya dan memberikan damage yang sangat besar kepada semua Nikke di dalam squad.

Gravedigger sudah sangat dikenal sebagai boss yang memiliki serangan yang cukup sulit dihindari, khususnya di saat Commander berada dalam kondisi underleved. Lantas bagaimana cara menghadapinya? Tanpa berlama-lama, mari bahas strateginya!

1.   Atur komposisi Squad yang baik dan seimbang

Salah satu hal yang paling penting di saat Co-op, tentunya adalah komposisi squad. Baik atau tidaknya komposisi suatu Squad, dapat dilihat dari jumlah damage yang diberikan dalam waktu singkat. Tujuan utama pada saat melawan Gravedigger adalah menyerang weak spot sebanyak-banyaknya. Untuk itu, Nikke dengan buff attack, hit rate, critical chance/damage, dan reload speed akan sangat membantu.

Setelah melewati proses matchmaking, Setiap player memiliki waktu 60 detik untuk memilih 1 Nikke yang akan digunakan di dalam squad. Apabila tidak sempat mengambil posisi attacker, pastikan kamu mengisi kekosongan posisi yang ada di squad. Komunikasikan strategi dengan squad-mu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, komposisi yang umum digunakan selama boss fight yaitu:

  • 1. Full Offense: 3 Burst III, 1 offensive Burst I, dan 1 offensive Burst II
  • 2. Balanced: 2 Burst III, dilengkapi dengan variasi healer, buffer, dan debuffer

Selama boss fight, Gravedigger akan selalu berusaha mendekati posisi squad. Nikke yang bersenjatakan Shotgun (SG) tentunya akan lebih unggul dalam pertempuran jarak dekat, namun membawa beberapa Assault Rifle (AR) juga akan tetap membantu, khususnya pada saat menghancurkan Drill Missile. Nikke yang biasa menjadi andalan untuk melawan Gravedigger diantaranya adalah Drake, Sugar, Isabelle, dan Scarlet.

**Perlu diperhatikan, Event Wildcat Engine kali ini berjalan bersamaan dengan Event Miracle Snow. Event ini dibintangi oleh limited character Nikke, yaitu Rupee: Winter Shopper. Memiliki Rupee: Winter Shopper di dalam squad tentunya akan menambahkan tingkat keberhasilan untuk mengalahkan Gravedigger, dikarenakan oleh skillnya yang memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi

 

2.   Manfaatkan Barikade Cover

Cover adalah penyelamatmu, serangan Gravedigger dapat menghasilkan damage yang akan menghabiskan hp-mu dengan mudah. Perhatikan pola serangan Gravedigger dan jangan terlalu fokus dalam menyerang, karena Drill Missile akan keluar tanpa kamu sadari. Cover akan sangat membantu mengurangi total damage yang kamu terima, khususnya ketika squad-mu gagal dalam menghancurkan weak spot.

 

3.   Perhatikan mekanik Boss

Boss fight Gravedigger dibagi menjadi 3 phase, ketiga phase ini dapat dilihat dari part Gravedigger yang semakin berkurang dan hancur seiring boss fight. Namun untuk cara mainnya tetap sama, pola serangan utama Gravedigger yang perlu diperhatikan hanyalah Drill Missile dan Drill Break, dimana damage yang dihasilkan oleh Drill Break akan meningkat pesat di tiap phase-nya. Gravedigger juga akan berhenti menggunakan Drill Missile pada phase 3, namun gerakannya akan jauh lebih lincah dari sebelumnya. Berikut adalah cara menghadapi 2 serangan tersebut:

a. Drill Missile

Perhatikan momen dimana Gravedigger meluncurkan Missile, karena apabila terkena tanpa terhalang cover, Nikke akan langsung terkena stun dengan durasi yang cukup lama. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada potensi tim selama boss fight, khususnya karena rotasi Burst yang terganggu.

Bagi Nikke dengan senjata AR, menghancurkan Missile adalah prioritas utama. Pastikan Missile telah hancur sebelum terluncur keluar dari layer aim, sehingga damage yang dihasilkan squadmu akan tetap stabil dan tidak terganggu. Bagi Nikke dengan SG, fokuslah untuk tetap menyerang weak spot. Nikke SG hanya boleh menyerang Missile ketika Missile sudah meluncur terlalu dekat, jarak serang SG yang pendek akan menyulitkanmu menghancurkan Missile dari jauh.

Gravedigger Drill Missile

 

b. Drill Break

Bagi para Commander yang senang menggunakan Nikke SG, disinilah tempatmu bersinar. Weak spot Gravedigger yang berhimpitan membuat SG dapat dengan mudah mengungguli Nikke lainnya, tentu karena serangan SG dapat mengenai banyak weak spot sekaligus.

Cobalah untuk mengarahkan serangan ke pinggir weak spot, bukan ke pusatnya, agar kamu dapat dengan mudah menghancurkan lebih dari 1 weak spot di saat yang bersamaan. Namun jika kamu menggunakan SG dengan buff hit rate, sangat direkomendasikan untuk langsung menargetkan pusat weak spotnya, karena umumnya kamu hanya memerlukan 1 tembakan untuk langsung menghancurkan 1 weak spot.

Perlu diingat bahwa serangan ini hanya memiliki 4 hit total, maka untuk keluar dari cover, kamu tidak perlu menunggu animasi serangan Gravedigger selesai.

Gravedigger Phase

 

Demikian tips dan trik untuk event Co-op kedua yang berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 11 Desember 2022 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut seputar Goddess of Victory: Nikke dapat dilihat melalui situs web resmi (https://nikke-en.com), atau melalui akun Twitter @NIKKE_en dan juga Facebook Goddess of Victory: Nikke. Let’s take back the surface together, Commanders!