Modernia - Sang "Mantan" yang datang dan kembali hilang [Nikke Review]

 "I think bandages are great! They make me feel warm inside."

 

Greetings, Commander!

Setelah sebelumnya kita membahas Rupee: Winter Shopper beberapa waktu lalu, kali ini Regnbue akan membahas Nikke yang sangat special, yang tentunya sempat mengisi hati para Commander “sebelumnya”, atau bahkan sampai sekarang. Yak! Nikke yang akan Regnbue review kali ini, tidak lain dan tidak bukan, adalah Modernia, Sang “Mantan” yang datang Kembali.

 

Profil Nikke

Sejatinya, Modernia adalah Marian, seorang Nikke dari Elysion yang ditugaskan sebagai partner pertama Commander pada saat pertama kali memulai game. Sangat disayangkan, Marian terkena Corruption dan telah sukses menjadi umpan untuk memancing Commander dan para Counters mendatangi lokasi penyerbuan dari Rapture kelas Tyrant, Blacksmith. Dengan kerja sama Commander dan Counters, Blacksmith berhasil dikalahkan, namun Marian yang telah menerima kerusakan terlalu banyak dan juga efek Corruption yang telah tertanam terlalu dalam, terpaksa dinonaktifkan untuk selamanya.

Namun tanpa diduga-duga, para Rapture ternyata menghidupkan Marian Kembali. Mengemban nama baru, Modernia, ia ditugaskan sebagai kaki tangan dari Rapture Queen demi melanjutkan invasi Rapture menuju titik pemusnahan manusia dari muka Bumi. Seorang Nikke yang diambil alih oleh para Rapture disebut sebagai Heretic, dan kelahiran Heretic baru ini tentunya menjadi kabar yang menggemparkan, tidak hanya bagi penghuni Ark, namun juga bagi para Commander sekalian.

 

Skill Review

Modernia menggunakan Minigun sebagai senjata utamanya, dengan kapasitas amunisi standar sebanyak 300 butir peluru.

 

May be an anime-style image

Skill 1: High-Speed Evolution (Passive)
    Activates when normal attack hits. Affects the hit target.
        Deals 3.05% of ATK as bonus damage.
    Activates when normal attack hit 200 times. Affects self.
        Critical Damage +14.25%, stacks up to 5 times and lasts for 10 seconds.
        Max Ammo -5.04%, stacks up to 5 times and lasts for 10 seconds

Modernia mendapatkan damage boost yang cukup tinggi dari Skill 1. Berbeda dari jenis buff ofensif lainnya, Modernia tidak meningkatkan persentasi attack, namun memberikan bonus damage sebanyak 3.05% di tiap pelurunya. Hal ini ditampilkan dengan 2 baris damage yang berbeda, memungkinkan Modernia untuk mentrigger crit sebanyak 2x di setiap peluru yang diluncurkan.

Skill ini juga tentunya menambah keunikan dari skill set Modernia. Dalam kondisi Full Stack, Critical Damage Modernia akan naik hingga mencapai total 71.25% yang diimbangi dengan pengurangan kapasitas Ammo hingga total 25.2%. Jika dipasangkan dengan Nikke yang memiliki buff Critical Chance, damage output Modernia tentunya akan naik drastis. Pasif ini juga dapat didukung oleh buff Reload Speed, animasi reload yang dipercepat dapat membantu Modernia menjaga durasi buff agar tetep aktif selama mungkin.

 

Skill 2: Giant Leap (Passive)
    Activates when entering Full Burst. Affects all allies.
         Hit Rate +8.56% for 15 seconds.
    Activates when normal attack hit 200 times with a Hit Rate buff active.
         ATK +29.38% for 10 seconds.
May be an anime-style image

Pasif kedua dari Modernia juga tidak ketinggalan dalam meningkatkan damage yang dihasilkan. Modernia memberikan buff Hit Rate kepada tim, meningkatkan akurasi selama Full Burst yang tentunya akan sangat membantu untuk melawan Rapture yang berada di luar jarak serang ideal. Karena apabila menyerang Rapture yang berada di luar jarak serang, damage yang dihasilkan tiap pelurunya akan turun, dan tidak hanya itu, pelurunya pun akan lebih mudah meleset.

Di saat yang bersamaan, Modernia juga meningkatkan Self Attack hingga mencapai hampir 30%. Dibarengi dengan buff yang didapat dari Skill 1, damage output Modernia akan dengan mudah menyaingi para Nikke attacker papan atas. Tidak hanya itu, buff ini juga memudahkan Modernia untuk meluncurkan core hit, dimana damage yang hasilkan akan ditingkatkan hingga mencapai nilai maximum.  Ini adalah buff yang menjadi kunci dari skill set yang dimiliki Modernia.

 

Burst Skill: New World
    Affects all allies.
        Full Burst Time +5 seconds.
    Affects self.
        Grants unlimited ammunition for 15 seconds.
        Equips Destroy Mode: extends line of sight and auto-aim within the fire range and deals 2.24% of ATK as damage for 15 seconds. Stage target will be recognized as a single enemy regardless of its interruption parts.
        40 second cooldown.
May be a cartoon of text

Salah satu keunikan dari Modernia terletak pada Burstnya. Memegang kandidat Nikke dengan durasi Full Burst terlama saat ini, Modernia juga mendapatkan self buff yang memberikan peluru tak terhingga selama Full Burst berlangsung. Tidak hanya itu, Modernia juga mendapatkan jangkauan serang otomatis yang jauh lebih luas. Damage Modernia juga lagi-lagi ikut naik, bersamaan dengan Skill 1, damage yang dihasilkan tiap peluru akan mencapai hampir 2 kali lipat dari semula. Modernia dapat menyerang semua musuh yang ada dalam jarak serangnya sekaligus tanpa terbatas oleh jumlah. Melalui skill ini, Modernia juga dapat dengan mudah menghancurkan beberapa part dari boss hanya dengan sekali mengaktifkan Burst Skill, membuatnya menjadi ssalah satu boss killer terbaik saat ini.

 

Combo Synergy

Modernia membuka meta baru dengan tambahan durasi Full Burst, hal ini tentunya memerlukan buff dan debuff pendukung agar damage yang dihasilkan tetap stabil hinggal durasi Full Burst selesai. Nikke yang memiliki buff ofensif (Attack, Crit Chance, dan Crit Damage), Burst Skill Cooldown, Reload Speed untuk Nikke lain selama Full Burst, Pseudo-Life Steal yang memberikan Heal berdasarkan total damage yang dihasilkan dan debuff yang menurunkan tingkat Defense akan sangat cocok untuk mendukung skill set dari Modernia. Nikke dengan tingkat akurasi rendah juga dapat memanfaatkan buff hit rate yang diberikan Modernia.

Burst I: Liter, Volume, Milk, dan Pepper

Burst II: Dolla, Admi, Yuni, Centi dan Signal

Burst III: Scarlet, Harran, Helm, Privaty, Drake, dan Nikke dengan buff ofensif lainnya

Walaupun memiliki buff Reload Speed, perlu diketahui bahwa Rupee: Winter Shopper tidak cocok disatukan dengan Modernia. Hal ini disebabkan oleh buff Rupee Winter yang sangat bergantung kepada rotasi Full Burst yang stabil, tambahan durasi Full Burst yang diberikan akan menyulitkan Rupee Winter untuk menstack buffnya.

 

 

Demikian review Regnbue untuk Modernia, Pilgrim baru pertama yang membuka awal dari tahun 2023 iniSebagai penutup, Regnbue ucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini dan selamat tahun baru bagi para Commander sekalian! Untuk informasi lebih lanjut seputar Goddess of Victory: Nikke dapat dilihat melalui situs web resmi (https://nikke-en.com), atau melalui akun Twitter @NIKKE_en dan juga Facebook Goddess of Victory: NikkeLet’s take back the surface together, Commanders!