Alteisen MK.VI: Sang Kereta Rapture Penghancur Newbie! [Tips dan Trik mengalahkan Alteisen MK.VI]

Goddess of Victory: NIKKE akhirnya resmi mengumumkan update Wildcat Engine, event Co-op yang telah dinanti-nanti oleh para Commander.

Game yang kini dikabarkan menempati peringkat 2 dalam pendapatan mingguan Game Mobile RPG Anime, hanya 1 tingkat di bawah Genshin Impact dengan total pendapatan mencapai lebih dari 403 Miliar dalam seminggu pertama pembukaan servernya, baru saja mengumumkan tanggal perilisan event Co-op yang tengah menjadi perbincangan panas di kalangan fandomnya.

Untuk event Co-op pertamanya, Goddess of Victory: NIKKE menghadirkan nuansa epic boss fight menggunakan salah satu boss andalan sebagai bintang utamanya. Boss yang sebelumnya sudah dikenalkan melalui Interception Level D dan Tribal Tower 50F ini, tidak lain dan tidak bukan adalah Sang Kereta Rapture Penghancur Newbie: Alteisen MK.VI.

Tentunya para Commander telah familiar dengan sosok Alteisen MK.VI ini, boss yang dikenal cukup sulit untuk dikalahkan, khususnya di saat early game dengan jumlah resource yang masih sangat terbatas. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips dan trik yang akan membantu Commander dalam mengalahkan Sang Kereta Rapture Kematian.

 

1.   Atur komposisi Squad yang baik dan seimbang

Komposisi Squad yang baik dapat dilihat dari jumlah damage yang diberikan dalam waktu singkat, sehingga dapat menghancurkan part sebelum Alteisen meluncurkan serangan. Menggunakan Nikke dengan buff attack, defense, dan shared damage akan sangat membantu selama boss fight berlangsung. Setelah melewati proses matchmaking, Setiap player memiliki waktu 60 detik untuk memilih 1 Nikke yang akan digunakan di dalam squad.

NIKKE - Coop Character Selection (Sumber: Rendermax @YouTube)

 

Komunikasikan strategi dengan squad-mu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, komposisi yang umum digunakan selama boss fight yaitu:

  • 1. Full Offense: 3 Burst III, 1 offensive Burst I, dan 1 offensive Burst II
  • 2. Balanced: 2 Burst III, dilengkapi dengan variasi healer, buffer, dan debuffer

 

NIKKE - Squad Composition

 

Dikarenakan posisi Alteisen berada di jarak mengengah sepanjang boss fight, Nikke yang bersenjatakan Assault Rifle (AR) dan Minigun (MG) akan jauh lebih cocok mengisi posisi sebagai Attacker utama. Goddess of Victory: NIKKE adalah game yang menawarkan komposisi squad yang bervariasi kepada para pemainnya. Dengan komposisi yang seimbang, para Commander akan tetap bisa mengalahkan Alteisen walau tanpa menggunakan Nikke pemegang META seperti Scarlet dan Harran.

 

2.   Manfaatkan Barikade Cover

Jangan ragu untuk berhenti sejenak dan berlindung di balik cover. Perhatikan pola serangan Alteisen dan jangan terlalu fokus dalam menyerang, karena beberapa serangan Alteisen dapat dengan mudah membuat player kecolongan. Perhatikan baik-baik part mana yang digunakan Alteisen untuk menyerang, player seringkali terlalu fokus menghancurkan part tanpa memperhatikan hp bar Nikke. Banyaknya partikel peluru yang terlihat di layar dapat menyulitkan player untuk melihat serangan Turret Alteisen.

 

3.   Perhatikan mekanik boss

Boss fight Alteisen MK.VI dibagi menjadi 2 phase, dan setiap phase tentunya memiliki mekanik yang berbeda. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

a.    Phase 1

Pada awal boss fight, Commander difokuskan dengan beberapa part pada gerbong Alteisen. Tepatnya, terdapat 1 Missile Launcer dan 2 Turret di bagian belakang dan tengah gerbong. Cara paling mudah untuk mengamankan boss fight ini adalah dengan menghancurkan Missile Launcher bagian belakang terlebih dahulu selama rotasi Full Burst pertama, dilanjutkan dengan 2 Turret di dekatnya.

NIKKE - Alteisen Full (Sumber: Dreamy @YouTube)

Jika diperlukan, Commander dapat mengatur timing agar Nikke  Attacker utama tidak terlalu sering melakukan reload pada saat Full Burst berlangsung. Hal ini dapat dilakukan dengan mengarahkan aim ke bagian atas boss atau mematikan fitur auto fire pada pojok kiri atas layar sebelum Missile Launcher terlihat.

NIKKE - Aim ke atas untuk stop menembak

Setelah berhasil menghancurkan Missile Launcher, perhatikan pola serangan Alteisen, jangan ragu untuk berlindung di balik cover demi menghindari serangan Turret. Alteisen juga akan sesekali meluncurkan torpedo dari bagian depan, selalu perhatikan ketika layar boss fight bergeser ke arah kiri.

Untuk bagian tengah, serangan dari Turret akan aktif terlebih dahulu dibandingkan dengan Missile Launcer-nya. Hancurkan Turret di bagian tengah begitu semua part di bagian belakang hancur.

Setelah semua part habis, boss akan menembakkan serangan laser yang bersifat AoE (Area of Effect), serangan ini dapat digagalkan dengan menyerang weak spot pada saat boss melakukan charging.

NIKKE - Alteisen Laser Weak Spot (Sumber: Dreamy  @YouTube)

a.    Phase 2

Ini adalah fase final dari boss fight Alteisen MK.VI. Hanya terdapat 2 jenis serangan yang akan diberikan Alteisen, yaitu torpedo dan body slam. Selalu utamakan untuk menyerang weak spot dan sebisa mungkin hancurkan torpedo pada saat masih berada jauh dari Squad, supaya terhindar dari terjadinya 2 mekanik pada saat yang bersamaan.

NIKKE - Alteisen Missile (Sumber: Dreamy @YouTube)

Body Slam pada fase final ini memiliki damage yang sangat besar. Jika tidak digagalkan, Alteisen akan menempel pada squad dan mengeluarkan ledakan yang dapat meratakan semua Nikke yang ada di dalamnya. Salah satu perbedaan yang dimiliki Alteisen pada stage Co-op dapat dilihat dari perbedaan jumlah weak spot yang muncul pada mekanik body slam di phase 2 ini, yang lebih banyak dibanding stage Alteisen sebelumnya. Setelah Commander menguasai 2 mekanik ini, maka tidak ada lagi hal yang menjadi halangan untuk mengalahkan phase 2 dari Sang Kereta Rapture Kematian!

NIKKE - Alteisen Body Slam Coop (Sumber: Rendermax @YouTube)

 

Demikian sedikit bocoran untuk event Co-op pertama yang akan dirilis tepatnya pada tanggal 18 November 2022 pukul 10.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut seputar Goddess of Victory: Nikke dapat dilihat melalui situs web resmi (https://nikke-en.com), atau melalui akun Twitter @NIKKE_en dan juga Facebook Goddess of Victory: Nikke. Let’s take back the surface together, Commanders!