Review Operator Lumen - Sinar Lentera Iberia

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 6 yang mendapatkan spotlight pada event Stultifera Navis yaki Lumen. Lumen merupakan operator Medic dengan archtype Therapist. Lumen merupakan free operator pada event Stultifera Navis. Seperti biasa nantinya Regnbue akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan sinergi Lumen dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profil dari Lumen terlebih dahulu.

Lumen merupakan operator dengan ras Ægir yang berasal dari Iberia, lebih tepatnya dari salah satu kota bernana Gran Farro. Lumen memiliki nama asli Jordi Fontanarossa dan merupakan Ægir yang terlahir di darat. Dirinya bekerja sebagai pengurus gereja di kota tersebut. Meskipun di Iberia banyak sekali sentiment buruk yang diberikan terhadap ras Ægir, sentimen tersebut untungnya tidak  berefek buruk untuk Lumen. Hal ini dikarenakan dirinya berada dalam naungan walikota Gran Faro Thiago. Thiago merawat Lumen karena dirinya merupakan teman dari orang tua Lumen, dan mereka berdua merupakan bagian dari sebuah projek membangun benteng untuk melawan invasi seaborn.

Setelah insiden yang terjadi di Gran Faro, dan Jordi menjadi bagian dari Inquisitor dirinya juga mendapatkan rekomendasi untuk menjadi operator di Rhodes Island dari Elysium dan Kal’tsit. Pada akhirnya Jordi menjadi operator dengan codename Lumen atas bagian kerjasama antara Rhodes Island dan Inquisitor Iberia. Lumen terhitung jarang tinggal di Rhodes Island akibat statusnya sebagai Inquisitor, namun saat dirinya tinggal di Rhodes Island untuk beberapa hari dirinya terlibat dengan banyak tugas. Misalnya Lumen akan terlibat dalam rapat antara Abyssal Hunter, Inquisitor dan beberapa Ægir lainya. Jika misalnya ia tidak sibuk atas hal itu ia biasnya akan melihat operator record dimana ia melihat bagaimana performa operator operator Rhodes Island.

Class:

Traits:

Jangkauan Heal lebih luas, namun kekuatan heal akan berkurang menjadi 80% saat mengheal target yang jauh.

Jangkauan Serangan

 

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

An Everyman’s Wish

Saat mengheal target akan memberikan mereka status resistance selama 2 detik. Jika HP target 75% keatas maka mereka akan mendapatkan status resistance selama 4 detik. (E1)

Saat mengheal target akan memberikan mereka status resistance selama 4 detik. Jika HP target 75% keatas maka mereka akan mendapatkan status resistance selama 6 detik. (E2)

Quick Fix

Ketika Lumen mengheal operator yang terkena abnormal status maka Lumen akan mengheal mereka kekuatan 80% ATK, talent ini memiliki cooldown 12 detik.

Cooldown talent ini akan menjadi 10 detik ketika memiliki Lumen potential 5.

 

Base Skill

Ketika ditempatkan pada dormitory akan memulihkan +0.1 moral setiap jamnya untuk semua operator yang berada di dormitory tersebut, kemudian untuk setiap 1 power plant akan meningkatakan efek pemulihan moral sebanyak 0.05 (E0).

Ketika ditempatkan pada dormitory akan memulihkan +0.15 moral setiap jamnya untuk semua operator yang berada di dormitory tersebut, kemudian untuk setiap 1 power plant akan meningkatakan efek pemulihan moral sebanyak 0.05 (E2).

Stats:

Lumen merupakan operator Medic archtype Therapist dengan rarity bintang 6. Dirinya juga merupakan operator pertama di archtype ini yang memiliki rarity bintang 6. Dirinya memiliki stat ATK paling tinggi dan HP paling tinggi, namun memiliki stat DEF lebih rendah. Meskipun begitu dengan tingginya ATK miliknya sudah cukup bagus karena bersinergi dengan skill miliknya. Untuk lebih mendalami bagaimana skill Lumen bekerja mari kita cek bersama sama dibawah ini.

Skill.

Tipe Pengisian SP: Pasif

Tipe Aktivasi Skill: Otomatis

Skill pertama Lumen ketika aktif akan memberikan Lumen kemampuan sebagai semi-AOE healer. Hal ini dikarenakan skill ini akan menembakan heal yang akan tetap ada mengitari sang target operator untuk beberapa detik. Menyebabkan operator yang ditarget Lumen dan operator lain disekitarnya juga mendapatkan heal. Namun sayangnya skill ini tidak terlalu bagus untuk Lumen. Karena jika misalanya dokutah butuh AoE healer, tentu lebih baik menggunakan operator dengan archtype tersebut. Dimana mereka bisa melakukan AoE heal yang jauh lebih baik ketimbang Lumen.

Tipe pengisian SP: Pasif

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Lumen ketika aktif akan memberikan heal dengan kekuatan besar untuk beberapa operator dalam jangkauan serangannya. Skill ini juga memiliki charge efek yakni menghilangkan abnormal status. Skill ini merupakan skill yang cukup populer digunakan akibat cost SP yang rendah, dan kemampuan langsung menghilangkan abnormal status ketika di charged. Skill ini sangat berguna ketika dokutah malawah musuh yang sering sekali memberikan abnormal status, atau di stage yang memiliki gimmick memberikan abnormal status.

Tipe pengisian SP: Pasif

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill ketiga milik Lumen ketika aktif akan memberikan Ammo terhadap dirinya, skill ini akan terus aktif selama Ammo milik Lumen masih ada. Skill ini adalah yang paling populer digunakan oleh banyak dokutah dikarenakan durasinya yang lama, dan efeknya yang juga bisa menghilangkan abnormal status. Penambahan ASPD dan ATK membuat Lumen meskipun menjadi medic biasa untul role heal itu sangat bergune sekali, apalagi tambahan ASPD dan ATK tersebut tidak akan hilang selama Ammo miliknya masih ada.

Sinergi

Lumen memiliki sinergi baik dengan seluruh operator. Terlebih lagi jika pada stage yang membutuhkan operator untuk menghilangkan debuff/abnormal status. Jangkauan Lumen yang luas dan juga kemampuan skillnya yang bisa terus aktif juga membuat Lumen bisa menjadi main medic yang dokutah bisa gunakan.

.Kesimpulan

Lumen merupakan operator Medic archtype Therapist yang memiliki fungsi menangkal dan memulihkan operator yang terkena Abnormal Status. Hal ini membuat Lumen dapat bersinar ketika menghadapi stage dimana serangan atau gimmick stage Abnormal Status menjadi gimmick utama dari stage tersebut. Karena pilihan Therapist yang dapat berfungsi layaknya Wandering Medic hanya baru dirinya , menyebabkan keberadaan Lumen dalam Squad dokutah sangat berarti. Ayo dokutah jangan ragu ragu untuk membuild Lumen.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~