Review Operator Heidi - Informan Berkedok Novelist

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 5 yang menjadi free operator dalam chapter 10 [Shatterpoint]. Heidi merupakan operator Supporter dengan archtype Bard. Seperti biasa Rengnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Heidi dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Heidi.

Heidi merupakan operator dengan ras Feline yang bergabung dengan Rhodes Island atas sebagai bentuk Kerjasama antara Rhodes Island & Eartha. Dirinya merupakan novelist yang cukup aktif di Victoria. Novel yang ia tulis mayoritas bergenre fantasi, dan tentunya dirinya memiliki pembaca yang sangat antusias atas novelnya. Selain novelis dirinya juga bergabung dengan kelompok perlawanan Victoria yakni Eartha. Di Eartha dirinya berfungsi sebagai Messenger dan juga memberikan masukan secara taktis kepada anggota Eartha lainnya.

Heidi atau yang memiliki nama lengkap Heidi Thomson merupakan anak dari Mr.Thomson, seorang bisnismen dan penyair terkenal dari provinsi Toron, Victoria. Mengikuti jejak ayahnya yang menjalin hubungan kerja sama dengan Kal’tsit, Heidi pun menjadi salah satu informan (Messenger) untuk Kal’tsit dan menyuplai informasi tentang keadaan Victoria. Semenjak Theresis berkuasa di Victoria Heidi memutuskan bergabung dengan Eartha, dan dengan aktif menjadi liaison antara Rhodes Island & Eartha. Layaknya mayoritas anggota Eartha Heidi tidak memiliki kemampuan bertarung sama sekali, karena dirinya hanyalah rakyat biasa saja. Namun berkat talentnya sebagai informant dirinya dapat membantu Eartha dalam sisi lain layaknya mensuplai informasi.

Ketika Heidi bergabung dengan Rhodes Island sang interviewer cukup terkejut ketika mengetahui bahwa Heidi tidak memiliki kemampuan bertarung. Sang interviewer menanyakan apakah Heidi memiliki kemampuan special untuk melingdungi dirinya. Menjawab pertanyaan tersebut Heidi hanya dengan berkata “kemampuan ku melindungi diri adalah dengan cara tidak menarik perhatian kepadanya”. Hal ini terbukti dengan kemampuan Heidi yang bisa berbaur diberbagai acara kelas atas, berkenalan dengan banyak figur berpengaruh tanpa menarik perhatian buruk terhadapnya.

Class:

Traits:

Tidak dapat menyerang

Mengheal seluruh operator dalam jangkauan serangannya sebanyak 10% dari ATK miliknya.

Tidak dapat terkena efek dari buff [Inspire] yang dikeluarkan oleh dirinya sendiri.

Jangkauan Serangan

Sebelum E1

Sesudah E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Resourceful Rebel

Ketikla menggunakan skill 1 maka seluruh operator dalam jangkauan serangan mendapatkan +2% ATK. Ketika menggunakan skill 2 maka seluruh operator dalam jangkuan serangan mendapatkan +2% DEF. (E1)

Ketikla menggunakan skill 1 maka seluruh operator dalam jangkauan serangan mendapatkan +5% ATK. Ketika menggunakan skill 2 maka seluruh operator dalam jangkuan serangan mendapatkan +5% DEF. (E2)

Jika memiliki Heidi potensial 5 maka mendapatkan tambahan buff ATK/DEF sebanyak +1%

Private Messenger

Di chapter [Shatterpoint] seluruh operaor dalam jangkauans serangan Heidi mendapatkan regen SP sebanak +0.5 SP/detik.

Base Skill

Ketika ditempatkan pada trade station akan meningkatkan efektifitas akusisi order sebanyak 20% (E0)

Ketika ditempatkan pada trade station akan meningkatkan efektifitas akusisi order sebanyak 35% (E2)

Ketika ditempatkan pada command center akan memudahkan mendapatkan clue dari faksi Glasglow. (E2)

Stats:

Heidi merupakan Supporter bintang 5 dengan archtype Bard. Jika membandingkan stat dengan operator archtype bard lainya Heidi memiliki stat DEF paling tinggi dan stat ATK paling rendah. Hal ini sebenarnya bersinergi cukup baik dengan skill 2 Heidi yang memang berfokus terhadap survivability ketimbang meningkatkan ATK. Untuk lebih lengkapnya mari kita membahas skill Heidi dibawah ini.

Skill.

Tipe pengisian SP :Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik Heidi ketika aktif akan memberika buff [Inspire] yang menambahkan ATK untuk seluruh operator lain berada dalam jangkauan serangannya. Tambahan ATK ini bergantung dari persentase dari ATK milik Heidi. Namun skill ini memiliki demerit dimana akan mengurangi jumlah blok operator yang ia buff sebanyak -3. Jadi skill ini mungkin lebih cocok digunakan berpasangan dengan operator range yang dimana mereka tidak terlalu membutuhkan bliok. Sehingga mereka hanya akan mendapatkan ATK buff tanpa kehilangan demerit apapun.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Heidi ketika digunakan akan menambahkan blok count operator dalam jangkuan serangannya sebanyak +3, dan juga menambahkan DEF serta Max HP mereka. Kemudia skill ini juga akan meningkatkan persentase talent milik Heidi. Skill ini memberikan Heidi kemampuan untuk meningkatkan survivability operator lain yang berada dijangkauan seranganya, dan juga meningkatkan kemampuan defensive milik dokutah. Skill sangat cocok digunakan ketika dokutah ingin menggunakan strategi yang lebih defensive.

dapat memusnahkan musuh dengan beberapa serangan saja.

Sinergi

Ptilopsis & Suzuran

Ptilopsis dan Suzuran memiliki sinergi yang baik dengan Heidi. Talent milik keduanya dapat membantu Heidi untuk mengisi SP miliknya lebih cepat, karena seluruh skill milik Heidi Alter memiliki tipe SP regenerasi pasif. Tapi harus diingat efek dari Talent milik Ptilopsis dan Suzuran tidak dapat di stack satu sama lain. Jadi jika dokutah menempatkan keduanya hanya Talent milik Suzuran saja yang akan aktif.

DPS Operator

Heidi dapat bersinergi baik dengan DPS operator baik berkat buff ATK yang ia berikan. Namun patut diingat bahwa buff [Inspire] yang Heidi berikan tidak akan menstack dengan buff [Inspire] yang diberikan oleh Skadi atau Sora. Jadi dokutah harus memilih salah satu. Meskipun kemampuan buff Heidi memiliki demerit pengurangan jumlah blok, hal tersebut tidak menjadi masalah karena dokutah bisa menggunakan demerit tersebut sebagai bagian dari strategi dokutah. Strategi yang dimaksud adalah memanipulasi block count, sehingga operator dokutah tidak terserang oleh musuh yang baru akan menyerang ketika mereka di block.

Ground Operator

Skill 2 milik Heidi bersinergi baik dengan seluruh Ground Operator dari berbagai class. Hal ini karena penambahan block count dapat membuat operator di ground untuk menahan lebih banyak musuh, meningkatkan survivabilitas dokutah. Kemudian skilli ini juga menambahkan DEF, HP serta memberikan heal juga membuat operator tersebut menjadi lebih tanky.

Kesimpulan

Heidi merupakan operator Supporter archtype bard  yang memiliki kemampuan support yang dapat memanipulasi block count. Jika dokutah bisa memanfaatkan kemampuan tersebut Heidi merupakan asset yang cukup berharga utuk tim dokutah. Terlebih lagi ia merupakan free operator saat dokutah mengerjakan ep 10[Shatterpoint].

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~