Review Operator Ling - Penyair Shangsu Yang Hobi Mabuk

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 6 yang mendapatkan spotlight pada event Invitation to Wine yakni Ling. Ling merupakan operator Supporter archtype Summoners yang sedikit memiliki gimmick berbeda ketimbang Magallan. Seperti biasa Regnbue akan mengulas mengenai skill, kegunaan, dan juga sinergi dari Ling dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Ling.

Ling merupakan operator yang berasal dari Yan, dirinya juga merupakan bagian dari dewa Sui layaknya Nian dan Dusk. Ling sendiri juga merupakan kakak dari Nian dan Dusk. Tingkatan senioritas ini bergantung dari siapa yang duluan dapat membebaskan diri dari tubuh Sui dan mendapatkan jati diri. Higga pada saat ini kita tau bahwa Ling berhasil mendapatkan jati diri sebagai individu lebih dahulu ketimbang Nian dan Dusk.

Sebelum bergabung dengan Rhodes Island layaknya kedua saudarinya, Ling merupakan seorang penyair yang hidup di daerah Shangsu, Yan. Dirinya terikat oleh banyak aturan yang diregulasikan oleh Sui Regulator dan Lembaga pemerintahan lainnnya. Namun dikarenakan suatu insiden yang terjadi di Shangsu dimana melibatkan Rhodes Island dan Mr Lee, Ling mendapatkan kontak dengan Rhodes Island dan pada akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Rhodes Island.

Setelah bergabung dengan Rhodes Island Ling dikenal sebagai peminum berat, yang dimana pada berbagai kesempatan dapat ditemukan sedang menikmati sake baik sendiri atau ditemani oleh operator lain. Toleransi alcohol Ling cukup tinggi dan ia hanya akan mabuk ketika telah meminum banyak sekali sake. Kemudian jika dia sedang mabuk dirinya akan membuat syair yang indah. Sering sekali Ling yang sedang mabuk tidak hanya menyanyikan syair yang ia buat, namun menuliskannya di dinding dinding Rhodes Island.

Kelakuan Ling yang sedang mabuk ini mungkin bisa dibilang dapat mengganggu ketentraman public. Namun Closure yang bertugas meregulasi para operator berasal dari bagian dewa Sui belum memberikan restriksi berat untuk Ling. Hal ini dikarenakan menurutnya hal yang dilakukan oleh Ling lebih dapat ditolerir ketimbang Nian yang sering sekali memaksa operator lain untuk tidak bekerja dan menemani dirinya membuat film. Atau Dusk yang jika dirinya terasa tersinggung sedikit oleh seseorang maka akan melempar orang tersebut ke dimensi lukisannya.

Class:

Traits:

Serangan melakukan arts damage

Bisa memanggil Summons dalam medan pertempuran

Jangkauan Serangan

Sebelum di promote ke E1

Setelah di promote ke E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Lantern Alight, To Recall One’s Dream

Dapat memanggil 3 Summons (Hanya dapat mendeploy 3 summon). Efek dan fungsi dari Summon berubah tergantung dari skill yang digunakan. (E0)

Dapat memanggil 4 Summons (Hanya dapat mendeploy 3 summon). Efek dan fungsi dari Summon berubah tergantung dari skill yang digunakan. (E1)

Dapat memanggil 4 Summons (Hanya dapat mendeploy 3 summon). Efek dan fungsi dari Summon berubah tergantung dari skill yang digunakan. (E2)

Thus Inscribed, An Ode To Wine

Ketika Summons terbunuh/retreat/bergabung Ling akan mendapatkan 2 SP dan ATK+2% (ATK memiliki maksimum 5 stak) (E1)

Ketika Summons terbunuh/retreat/bergabung Ling akan mendapatkan 3 SP dan ATK+3% (ATK memiliki maksimum 5 stak) (E2)

Akan mendapatkan tambahan +1 SP ketika memiliki Ling potential 5.

 

Base Skill

Ketika ditempatkan pada command center menghilangkan efek pengurangan mood dari operator dari faksi Sui yang berada di command center.

Ketika ditempatkan pada command center jika mood diatas 12 maka mendapatkan +15 worldly plight, namun jika mood 12 kebawah mendapatkan 10 sensory information (E2)

Stats:

Ling merupakan operator bintang 6 Supporter archtype Summoner kedua setelah Magallan. Hal yang membedakan dari keduanya adalah Magallan summon lebih berfokus pada range tile, sedangkan Ling summon lebih berfokus pada melee tile. Untuk melihat lebih lengkapnya mari kita cek bersama sama melihat skill dari Ling dibawah ini.   

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Efek pasif : Summons hanya dapat di deploy pada melee tiles

Skill pertama milik Ling ketika diaktifkan akan memberikan tambahan ATK dan ASPD untuk dirinya dan juga Summons yang dimunculkan olehnya. Pada saat skill ini aktif Summons milik Ling juga akan menyerang dengan arts damage. Kemudian ketika skill ini aktif Ling akan mendapatkan 1 Summons. Skill pertama miliknya sangat jarang sekali digunakan dikarenakan efek dan kegunaanya kalah dengan skill 3 yang lebih baik dari berbagai aspek.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Efek pasif : Summons hanya dapat di deploy pada range tiles, dan menyerang dengan arts damage.

Skill kedua milik Ling ketika diaktifkan akan membuat dirinya dan Summons menyerang musuh dengan arts damage berkekuatan besar, yang dimana juga akan memberikan target debuff [Binds]. Setelah mengaktifkan skill ini jika Summons milik Ling memiliki HP 50% kebawah maka akan auto retreat. Skill ini yang membuat Ling dapat menjadi crowd-control operator. Dengan menempatkan para Summons pada lokasi yang strategis dokutah dapat melakukan CC dihampir setiap jengkal map selama ada range tile untuk mendeploy Summons tersebut.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Efek pasif : Summons hanya dapat di deploy pada melee tiles, jika ada Summons lain didepan jangkauan serangannya maka keduanya akan bergabung menjadi Summons yang lebih kuat lagi.

Ketika diaktifkan maka Ling dan Summons akan mendapatkan +ATK dan +DEF. Kemudian setiap Summons yang telah dideploy akan mengeluarkan aura 1 tile di 4 mata angin sekitarnya. Aura tersebut akan memberikan 20% ATK dari Ling sebagai arts damage setiap 0.5 detik. Ketika skill ini berakhir maka jumlah Summons Ling bertambah 1. Skill ini sangatlah kuat karena Summons milik Ling tidak hanya dapat memberikan damage yang besar, namun juga bisa menjadi tembok yang tidak mudah untuk dikalahkan.

 

Sinergi

Ptilopsis

Karena kedua skill milik Ling memiliki tipe regenerasi SP pasif tentu dia akan bersinergi baik dengan Ptilopsis. Dengan bantuan Ptilopsis SP yang dibutuhkan oleh Ling akan menjadi lebih cepat terisi. Hal ini membuat Ling dapat menggunakan skillnya lebih sering.

Vanguard Operator

Karena Summons milik Ling membutuhkan DP yang cukup besar terutama S3 miliknya. Maka Vanguard operator akan bersinergi baik dengan Ling. Terutama Vanguard yang berfokus pada pengisian SP layaknya para Vanguard dengan archtype Standard Bearer.

Kesimpulan

Ling merupakan operator Supporter archtype Summoner yang dapat berfungsi sebagai Crowd-Control ataupun penjaga lane. Summon miliknya meskipun memiliki DP cost yang besar dan pada S3 memakan 2 deployment cost, kekuatan dari Summon miliknya tak dapat diremehkan malah bisa menjadi asset yang baik bagi dokutah sekalian.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~