Review Operator Gnosis - Tangan Kanan CEO Karlan Yang Jenius

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 6 yang mendapatkan spotlight pada event Break The Ice kemarin yakni Gnosis. Gnosis merupakan operator supporter dengan archtype Hexer. Seperti biasa Regnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan sinergi Gnosis dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita simak profile singkat dari Gnosis terlebih dahulu.

Gnosis merupakan operator dengan ras Liber, dan merupakan mantan CTO (Chief Technology Officer) dari Karlan Commercial. Dirinya bertanggung jawab atas R&D untuk seluruh teknologi di Karlan Commercial, dan juga melakukan penelitian mendalam mengenai originium. Setelah insiden politik di Kjerag atas perjanjian special atas pihak Rhodes Island dan Karlan Commercial sekarang Gnosis menjadi bagian dari Rhodes Island. Di Rhodes Island dirinya masih memiliki fungsi sama saat ia menjadi CTO untuk Karlan, yakni bertangung jawab untuk mendevelop teknologi baru.

Gnosis memiliki nama lengkan Gnosis Edelweisses dan merupakan bagian dari keluarga Edelweisses yakni keluarga ternama di Kjerag. Keluarga Edelweisses dan Silverash sangat dekat anak dari kedua keluarga ternama tersebut selalu tumbuh pada lingkungan yang sama dan menerima edukasi terbaik. Hal ini berlaku kepada Gnosis Edelweisses dan Enciodas Silverash. Kedekatan antara keduanya juga yang menjadi fondasi berdirinya Karlan Commercial. Hal ini mungkin terlihat mengejutkan bagi banyak orang karena satu hal: Mengapa orang seperti Gnosis menjadi orang kepercayaan SilverAsh. Dibalik sikap Gnosis sebagai seorang yang sangat fokus terhadap penelitian, ada satu sikap Gnosis yang hanya diketahui oleh sedikit orang saja yakni loyalitasnya terhadap SilverAsh.

Gnosis rela dirinya dicap sebagai kriminal pada insiden Kjerag demi merealisasikan visi Silverash menyatukan Kjerag dalam 1 pimpinan. Meski banyak rakyat Kjerag melabelinya sebagai penjahat Gnosis tetap cuek saja. Malah ketika dirinya bergabung dengan Rhodes Island ia langsung fokus terhadap penelitian barunya. Sikapnya yang cuek dan hanya fokus pada penelitiannya membuat banyak peneliti lain di Rhodes Island melihat Gnosis sebagai teladan untuk peneliti lainnya. Dimana dalam dunia peneliti Gnosis selalu bersikap objektif dan hanya berfokus terhadap bagaimana mengembangkan hasil penelitiannya lebih baik lagi.

 

 

 

Class:

Traits:

Memberikan Art Damage di setiap serangannya

Jangkauan Serangan

Sebelum di promote menjadi E1

Setelah di promote menjadi E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Rigid Ice

Setiap serangan akan memberikan musuh debuff [Cold] selama 1 detik. Musuh dalam jangkauan seranagn yang terkena debuff [Cold] akan terkena debuff [Weakened] sebanyak 15%. Efek dari debuff [Weakened] akan meningkat sebanyak 2x jika mereka terkena debuff [ Frozen]. (E1)

Setiap serangan akan memberikan musuh debuff [Cold] selama 1 detik. Musuh dalam jangkauan seranagn yang terkena debuff [Cold] akan terkena debuff [Weakened] sebanyak 25%. Efek dari debuff [Weakened] akan meningkat sebanyak 2x jika mereka terkena debuff [ Frozen]. (E2)

Efek dari debuff [Weakened] akan bertambah sebanyak 2% Ketika memiliki Gnosis potential 5.

Two Path One Goal

10 detik setelah di deploy seluruh operator dengan faksi [Karlan Trade] akan mendapatkan buff [Resist]

 

Base Skill

Ketika ditempatkan pada command center untuk setiap operator dari Karlan Trading di command center akan memulihkan mood untuk seluruh operator di command center sebanyak +0.05/jam

Skill ini bisa didapatkan bilamana telah meningkatkan Gnosis menjadi E2

Ketika ditempatkan di command center setiap operator Karlan Trading yang ditempatkan pada trade station akan mengalami penurunan efisiensi produksi sebanyak -15% namun mendapatkan tambahan order sebanyak +6.

Stats:

Gnosis merupakan supporter bintang 6 dengan archtype hexer. Jika dibandingkan stat Gnosis dengan operator bintang 5 dalam archtype yang sama yakni Pramanix dan Gnosis, dirinya menang di berbagai aspek dari mulai ATK, HP dan DEF. Namun kemampuan Gnosis dalam mengapply debuff [Weakened] lebih susah ketimbang Pramanix dan Gnosis. Hal ini dikarenakan skill milik Gnosis tidak semudah Pramanix dan Gnosis yang langsung memberikan debuff [Weakened]. Gnosis harus memberikan debuff [Cold] atau [Frozen] terlebih dahulu sebelum musuh tersebut bisa terkena debuff [Weakened]. Membuat kemampuan Gnosis menurun ketika melawan musuh yang tak dapat terkena [Cold] atau [Frozen]. Tetapi sebagai gantinya Gnosis bisa berfungsi sebagai budget Caster operator dengan damage yang lumayan tinggi.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill pertama milik Gnosis ketika aktif akan menyerang musuh 2 kali dengan art damage berkekuatan hingga 170% dari ATK miliknya. Skill ini hanya bisa mengenai 2 target paling banyak dan itu juga hanya mengapply debuff [Cold] selama 1 detik. Membuat skill ini tidak terlalu worth it untuk di jadikam M3 jika dokutah membutuhkan Gnosis untuk crowd control. Namun jika dokutah hanya membutuhkan Gnosis sebagai budget caster skill ini cukup oke.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Gnosis ketika diaktifkan akan langsung menyerang musuh dengan art damage. Jika tidak tercharged maka musuh hanya akan terkena debuff [Cold]. Namun jika skill ini diaktifan dengan charged efeknya maka musuh akan langsung terkena debuff [Frozen]. Skill ini sangat bagus jika ingin memfokuskan Gnosis sebagai crowd control operator, dikarenakan hanya dengan sekali pencet skillnya dokutah bisa memberikan debuff [Frozen] untuk seluruh target dalam jangkauan serangan Gnosis.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Jika skill pertama fokus terhadap DPS, dan skill kedua fokus untuk crowd control. Skill ketiga milik Gnosis merupakan gabungan diantara keduanya. Ketika aktif skill ini akan memberikan tambahan ASPD terhadap Gnosis. Lalu Gnosis akan memfokuskan menyerang target yang tidak terkena debuff [Frozen]. Di setiap serangannya target akan langsung terkena debuff [Frozen] selama skill ini berlangsung. Kemudian saat skill ini berakhir Gnosis akan memberikan art damage yang cukup besar terhadap seluruh target yang terkena debuff [Frozen].

Sinergi

Ptilopsis

Ptilopsis memiliki sinergi yang baik dengan Gnosis. Talent miliknya dapat membantu Gnosis untuk mengisi SP miliknya lebih cepat. Hal ini akan membuat Gnosis dapat mengaktifkan skill miliknya lebihc cepat.

Damage DPS/Nuker Operator

Gnosis dapat bersinergi dirinya dengan SEMUA DPS/Nuker Operator berkat kemampuan crowd control dan [weakened] miliknya. Debuff yang diberikan miliknya sangat OP sekali dapat membantu operator DPS dokutah membersihkan mayoritas musuh.

Kesimpulan

Gnosis merupakan operator supporter archtype hexer yang cukup hebat dalam melalukan crowd control. Selain itu dirinya memiliki kemampuan yang cukup bagus sebagai DPS membuat dirinya menjadi asset yang cukup berguna untuk team milik dokutah.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~