Gameplay dan Penjelasan Singkat Dari Honkai: Star Rail

Selamat datang di Honkai: Star Rail para Trailblazer! Sebagai penumpang kereta “Astral Express”, kalian diajak berpetualang menyusuri berbagai space colony dan planet untuk memburu Stellaron, salah satu unsur misterius yang membuat dunia jatuh dalam kekacauan.

Stellaron, sebuah permata berwarna-warni yang disebut sebagai “Cancer of All Worlds”, tiba-tiba datang dan menginvasi seluruh planet yang tak terhitung jumlahnya tanpa ada yang menyadari. Stellaron ini lama kelamaan merusak dunia tersebut, dan setelah penghuni planet yang dihinggapi Stellaron tersebut sadar akan apa yang terjadi, semua sudah terlambat.

Kematian dan keputusasaan mengikuti kemanapun Stellaron pergi. Bagi banyak peradaban yang telah mengalami bencana yang ditimbulkan olehnya, Stellaron adalah simbol kehancuran. Kalian adalah salah satu yang terdampak Stellaron, dan sialnya lagi, kalian kehilangan ingatan.

Di tengah kekacauan, teman-teman dari Astral Express –sebuah kereta yang ditinggalkan oleh pemilik sebelumnya karena setengah rusak akibat Stellaron– menemukan kalian yang tengah tertidur dan hilang ingatan di dalam Herta Space Station. Himeko, pemilik baru Astral Express, menyambut kalian untuk turut serta dalam perjalanan mereka ke luar angkasa, dan tentunya sambil membasmi Stellaron di perjalanan kalian!

Honkai: Star Rail adalah game Turn Based. Jika kalian pernah bermain Persona, kurang lebih seperti inilah Star Rail. Kalian berada di dalam “dungeon” dengan map terbatas dan harus memukul musuh (atau dipukul oleh musuh) terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam Battle Mode.

Di dalam map yang terbatas tersebut tidak hanya terdapat musuh, tapi juga treasure! Isi dari treasure-treasure ini beragam, tapi semua pasti berisi Stellar Jade. Untuk kalian ketahui juga, Stellar Jade di Honkai: Star Rail adalah currency gacha di game ini, sama seperti Crystal atau Primogem. Khusus stage Simulated Universe (yang akan dibahas di artikel selanjutnya), treasure tersebut berisi Curios, benda-benda yang pastinya dapat membantu kalian di Simulated Universe.

Setelah kalian menyerang musuh, baik dengan Basic ATK, Technique, atau malah diserang oleh musuh, kalian akan masuk ke Battle Mode seperti gambar di atas. Seperti game-game Turn Base pada umumnya, terdapat action bar di kiri atas yang menggambarkan kapan suatu character atau musuh akan mendapat giliran. Semakin cepat status Speed kalian, semakin cepat juga kalian jalan kembali setelah menyerang.

Terdapat 3 jenis tombol di dalam Battle Mode:

1. Basic ATK

Semua character memiliki Basic ATK, dan di Level 1, character tersebut memberikan damage 50% dari Base ATK character tersebut. Semua Basic ATK bersifat Single ATK, yang artinya hanya akan mengenai 1 musuh saja. Meskipun begitu, beberapa character memiliki tambahan serangan pada Basic ATK nya, contohnya Silver Wolf yang akan memberikan debuff “Bug” pada musuh saat ia menggunakan Basic ATK.

Jika kalian lihat, di samping kiri tombol Basic ATK terdapat simbol berbentuk seperti Primogem. Ini adalah Skill Point. Setiap kali salah satu character menggunakan Basic ATK, Skill Point akan bertambah. Seperti namanya, Skill Point digunakan untuk menggunakan Skill. Jika kalian tidak memiliki Skill Point, maka kalian tidak dapat menggunakan Skill, jadi kalian harus mengatur kapan harus menggunakan Basic ATK dan kapan harus menggunakan Skill!

2. Skill

Komponen terpenting di game ini. Terdapat bermacam-macam jenis Skill, dan umumnya tergantung pada Path suatu character – salah satu fitur di mana character dibedakan sesuai fungsinya, misalkan Abundance Path adalah spesialis healing, Preservation adalah spesialis shield, dan Hunt umumnya meningkatkan Critical dan Damage dari pemiliknya.

Skill dapat memberikan damage pada musuh, baik Single maupun AoE. Serangan AoE umumnya dapat mengenai lebih dari 2 musuh, tergantung dari character tersebut. Contohnya, Protagonis memiliki Skill AoE yang dapat mengenai 3 musuh sekaligus; Silver Wolf memiliki Skill Single ATK yang akan memberikan debuff pada musuh.

Tidak hanya itu, Skill dari character tertentu dapat memberikan shield atau menyembuhkan mereka, contohnya Skill dari Natasha adalah healing untuk 1 orang, dan Skill dari March 7th adalah memberikan shield untuk 1 orang. Eksplor masing-masing character dan tentukan sendiri apa yang berguna untuk tim kalian!

3. Ultimate

Kalian tahu ulti kalian sudah ready apabila simbol di samping character kalian sudah terisi penuh. Setiap action, baik Basic ATK maupun Skill, entah itu memberikan damage pada musuh ataupun memberikan buff untuk team, akan menambah energy dari character tersebut. Dan jika energy-nya sudah full, kalian bisa menggunakan Ultimate dengan menekan tombol ulti di samping character tersebut.

Sama seperti Skill, Ultimate memiliki bermacam-macam jenis, dan umumnya tergantung dari Path suatu character. Natasha yang memiliki Path Abundance akan menyembuhkan seluruh tim. Seele dengan Path Hunt akan menyerang musuh dengan damage yang besar.

Tunggu info selanjutnya ya Trailblazer!