Review Operator Flametail - Pimpinan Pinus Sylvestris yang Penuh Energi

Yoo dokutah pada artikel ini Regnbue akan membahas operator bintang 6 yakni Flametail. Flametail merupakan operator Vanguard archtype Pioneer yang berorientasi defensive, berbeda dengan pioneer pada rarity yang sama seperti Siege dan Saga. Seperti biasa Regnbue akan membahas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Flametail dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek profile dari Flametail terlebih dahulu.

Flametail Knight Sona atau lebih dikenal dengan code name Flametail merupakan mantan partisipan dari event Kazimierz Major. Dirinya merupakan bagian dari Pinus Sylvestris Club yang merupakan salah satu knight club di Kazimierz Major, terkenal atas knight club yang berisikan para infected knight. Club ini pada awalnya dibuat sebagai aliansi sementara Flametail Knight Sona dan Flametail Knight Greynuty. Namun takdir berkata lain membuat Pinus Sylvestris menjadi salah satu club yang memiliki nama cukup terkenal meskipun sebagai hasil dari diskriminasi atas infected knight. Setelah terbentuknya club ini para Knight lainya setuju untuk menjadikan Flametail sebagai pimpinan dari club.

Sebelum menjadi salah satu Knight yang berpartisipasi di Kazimierz Major, Sona merupakan seorang gadis Zalak biasa yang hidup di salah satu kawasan Kazimierz diperuntukan kepada ras Zalak. Namun akibat catastrophes yang terjadi didaerah tersebut, dan kelalaian sang penjaga kawasan Zalak yakni keluarga Kaliska baik dari evakuasi ataupun peringatan awal catastrophes membuat Sona kehilanggan segalanya. Rumah, keluarga dan teman semuanya hilang dihancurkan oleh bencana alam yang terjadi. Pada awalnya Sona tidak dapat menerima kenyataan begitu saja, namun seiring berjalannya waktu dirinya bisa menerimanya meskipun kejadian tersebut memberikan luka sangat dalam terhadap Sona.

Tidak ada yang tau cerita Sona antara kejadian tersebut dan saat dia memutuskan untuk menjadi Flametail Knight. Namun para infected di Kazimierz terutama di ibukota Kawalriekki berterima kasih terhadap Sona yang memperjuangkan hak hidup miliknya. Sebagai Flametail Knight banyak sekali orang yang respek terhadap dirinya termasuk sang Radiant Knight Nearl, menghargai perbuatan menolong infected yang dilakukan Flametail Knight sebagai pemimpin Pinus Sylvestris sebagai karakter yang patut disebut sebagai kesatria sejati.

Class:

Traits:

Dapat memblock 2 target

Jangkauan Serangan

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Vanguard Swordmanship

Setelah berhasil menghindari serangan musuh, satu serangan berikutnya milik Flametail akan mengenai musuh sebanyak 2 hit. (E1)

Setelah berhasil menghindari serangan musuh, satu serangan berikutnya milik Flametail akan mengenai musuh sebanyak 2 hit dan Flametail akan menyerang seluruh musuh yang terblock (E2)

Pinus Sylvestris Leader

Ketika di deploy seluruh Kazimierz operator mendapatkan 22% Physical Evasion

Jika memiliki Flametail potential 5 akan menambahkan 3% Physical Evasion

Base Skill

Ketika ditempatkan pada control center akan meningkatkan moral kepada seluruh operator didalam contril center sebanyak +0.05 moral/jam (E0)

Ketika ditempatkan pada control center setiap Pinus Sylvestris operator yang ditempatkan di Factories akan meningkatkan efektivitas produksi terhadap Battle Records sebanyak +10%, dan mengurangi efektifitas terhadap Gold sebanyak -10% (E2)

Stats:

Flametail merupakan Vanguard bintang 5 dengan archtype Pioneer. Jika dibandingkan dengan Vanguard lainnya dirarity yang sama mungkin tidak memilikistat paling tinggi, namun stat yang dimilikinya cukup tinggi. Stat yang terbagi rata ini kemudian dipadukan dengan skill miliknya yang berfokus meningkatkan Physical Evasion dan talent miliknya yang bergantung terhadap evasion membuat Flametail menjadi operator yang unik.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill pertama milik Flametail hampir menyerupai skill generic Vanguard dimana secara otomatis akan memberikan DP. Hal yang membedakan skill ini dari skill generic lainnya adalah setelah memberikan DP, skill ini juga memberikan Flametail kemampuan untuk menghindari serangan bertipe physical yang diarahkan kepadanya. Physical evasion dari skill ini adalah 100% namun hanya aktif untuk 1 serangan saja.

 

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Flametail saat aktif akan memberikan DP untuk dokutah. Lalu skill ini akan melakukan serangan AoE didalam jangkauan skillnya terhadap maximum 6 target. Serangan ini berupa physical damage dan akan mengenai 6 target tersebut sebanyak 2 kali, dan memberikan debuff [Stun] selama 0.5 detik. Kemudian setelah serangan tersebut berakhir Flametail akan membuff Physical Evasion untuk seluruh operator dalam jangkauan skill tersebut termasuk dirinya. Untuk singkatnya skill 2 milik Flametail adalah versi Physical dari skill 2 milik operator Texas dengan bonus Physical Evasion buff. Secara praktis skill ini dapat meningkatkan survivability untuk operator dokutah lainya ketika melawan musuh dengan Physical Damage kuat.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill 3 milik Flametail ketika aktif akan meregenerasi 8 DP selama durasi skill ini berlangsung. Lalu Flametail akan mendapatkan banyak sekali buff dimulai dari ATK+, Mempercepat serangan miliknya, + Block count dan tentunya kemampuan untuk menghindari baik serangan physical ataupun arts. Skill ini memiliki durasi selama 8 detik dan selama 8 detik itulah Flametail akan menjadi pseudo-tanker yang dapat menghindari banyak serangan musuh.

Sinergi

Ptilopsis

Dikarenakan pengisian SP milik Flametail bersifat pasif membuat Ptilopsis berkat talent miliknya bisa berfungsi untuk mengisi SP Flametail lebih cepat,

Kazimierz Operator dan Pinus Sylvestris Operator

Berkat talent miliknya Flametail bersinergi baik dengan Kazimierz operator lainya dirinya bisa membuat seluruh Kazimierz Operator menjadi sedikit lebih tanky berkat 22% Physical Evasion. Kemudian base skill miliknya sangat berguna ketika dipadukan dengan Pinus Sylvestris Operator lainya untuk memaksimalkan produksi di base.

Kesimpulan

Flametail merupakan operator Vanguard dengan archtype Pioneer yang bisa dibilang bagus namun niche. Kemampuan Flametail yang berorientasi defensif menngunakan EVA bisa dibilang bukan merupakan meta cukup populer jika dibandingkan dengan Pioneer lain seperti Sieg dan Saga yang berorientasi offensive. Skill dan Talent miliknya cukup RNG dan tidak terlalu berkontribusi banyak pada praktisnya. Namun jika dokutah menyukai Flametail dirinya masih berfungsi baik pada meta saat ini, terlebih lagi Base Skill miliknya meningkatkan efektifitas produksi battle record cukup signifikan ketika dipadukan dengan operator Pinus Sylvestris lainnya.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~