Ulasan Singkat Character Baru Event "Pledge of the Radiant Court"

Halo, hai, Shikikan semuanya. Bagaimana gachanya pada event Pledge of the Radiant Court, apakah sudah dapet Vanguard? Yang belum, semoga beruntung, ya, masih ada sekitar 2 mingguan lagi. Bagi yang sudah dapat beberapa atau bahkan semua karakter event ini atau bagaimana menurut kalian kemampuan mereka? Nah, pada artikel kali ini mari kita sama sama bahas kemampuan kasat mereka, terutama yang di atas kertas. Dimulai dari sang bintang, Vanguard.

PV Event

Vanguard~

Untuk stat sudah jelas sekali, semuanya hampir sangat bagus. HP Vanguard memang yang paling rendah diantara 3 Battleship UR lain, cuma beda 50 an doang tapi, XD. Yah, tapi dari segi FP, Vanguard kalah sekitar 30 poin dari Battleship UR lain. Stat lain yang notable dari Vanguard ini adalah kapabilitas AA dia sebagai Battleship. Dengan stat AA sampai 435 dan efisiensi AA Gun 130% (160% jika ada 1 equipment Royal Navy). Stat lainnya aman.

 

Untuk skill juga jelas bagusnya. Skill Vanguard ini jika disingkat maka Barrage & Royal Navy (HMS) buffer. Vanguard dapat memberikan 10% FP bagi semua chara HMS sekaligus 10% damage reduksi untuk mereka dari serangan Aircraft Carrier, jangan lupa juga buff universal dia yang menaikkan AA 10%, peningkatan 10% damage yang diberikan pada musuh, dan 8% peningkatan damage bagi Battleship atau Battlecruiser teman. Vanguard juga memiliki cross fleet barrage (barragenya dapat menyerang musuh yang dilawan armada kita yang lain). Terakhir yang tidak kalah penting, Aux gun dia yang selalu crit sangat bagus di map 14 karena banyaknya chaarging ship dan manjuu yang suka bom bunuh diri (suicide bomber), membunuh mereka sebelum mereka bunuh diri adalah hal sangat penting.

 

Keseluruhan untuk Vanguard adalah, Ultra Rare nya jelas bukan sebuah pajangan. Ia sangat berguna terutama bagi Royal Navy, meski damagenya tidak sehebat UR lain tapi Vanguard memiliki skill support/buff berserakan, barrage crossfleet, dan tidak kalah penting adalah kapabilitas dia dalam hal Anti Air (435 AA + 160% efisiensi) yang dapat membantu melawan pesawat pesawat. Komplit.

 

Indomitable~

Sekarang giliran Indomitable, chara yang skinnya bikin Shikikan regresi berat dan berkata “Indomiii… seleraku”. Jadi, dari statnya Indomitable itu sebagaimana rata rata Super Rare Aircraft Carrier lainnya. Jika tau stat Formidable atau Illustrious maka kurang lebih seperti itu gambarannya, semenjak mereka dari kelas yang sama, jadi lebih mudah membandingkannya. Karena statnya mirip-mirip, maka hanya skill lah pembeda utamanya.

 

Indomitable memiliki skill yang ok ok saja. Skill satu dan dua dia disamping barrage airstrike, juga berkaitan dengan burn. Dimana melalui skill ini, Indomitable dapat memberikan damage burn konstan bagi musuh dan lumayan membantu. Untuk skill ketiga Indomitable itu lumayan terikat dengan kelas Illustrious lain (Illustrious [termasuk Illustrious muse], Formidable, Victorious), karena memberikan peningkatan 8% damage untuk seluruh Illustrious-class dan 15% stat AVI dan ACC (kecuali dirinya). Selain itu, kalau bersama Repulse (termasuk Repulse META) atau Prince of Wales, Indomitable dapat 15% stat AVI dan 12% stat ACC. Kalau tidak ada mereka semua dan Indomitable 1 1 nya kelas Illustrious di fleet, dia dapat stat AVI 15%.

 

Singkatnya tentang Indomitable, stat dan skill dia ok, dia chara yang bagus meski tidak top tier. Dengan skill yang agak berorientasi pada kelas Illustrious lain, tapi tidak wajib, tidak perlu malah karena bagi itu tidak memberikan dampak signifikan bagi yang lain dan malah merugikan Indomitable (dia ga dapet AVI 15% jika bareng kelas dia yang lain). Terakhir, deh, load-out dia (2 x 3 di slot Fighter & 1 slot Torpedo Bomber) cocoknya di map yang banyak pesawat seperti 12, 13, dan 14. Diluar itu mungkin ia bagus membawa Fighter "Messerschmitt Bf 109G (Carrier-based Prototype)" agar sejalan dengan skill burn dia dan menghajar boss/musuh dengan armor light dan medium.

 

Jervis~

Sekarang giliran Jervis, si Lucky Ship ini. Secara stat Jervis ini sangat mengandalkan stat EVA yang didukung skill berhubungan EVA dan stat Luck dia yang luar biasa tinggi (92), untuk bertahan dari serangan musuh. Statnya dia ini “cukup” kuat untuk mengisi posisi main tank yang disebut di skill tiga dia, utamanya dalam mob fleet. Jervis ini benar benar memaksa EVA dan Luck dia sampai batas. 

 

Skill Jervis, skill satu dan kedua Jervis itu memberikan buff stat FP dan ASW 10% untuk all chara, 10% ASW, FP, dan TRP untuk Destroyer Royal Navy, dan 10% stat TRP untuk dirinya. Skill Jervis juga memberikan dirinya reduksi 10% damage dari aircraft, 20% dari torpedo, dan kalau dia ada di posisi paling depan/kiri alias posisi main tank, setiap menerima damage Jervis selalu ada kesempatan 15% meningkatkan 30% EVA Rate.

 

Keseluruhan, Jervis ini chara yang bagus meski tidak top tier juga. Skill Jervis berorientasi berat untuk map 14, terutama dalam mob fleet (recon fleet) karena disana ada banyak submarin, dan ASW (Anti Submarine Warfare) kebanyakan hanya bisa digunakan Destroyer dan Light Cruiser. Sayangnya, sampai saat ini DD Royal Navy yang bagus baru dia sama Javelin saja, sih, jadinya saat ini itu skill kurang utilitasnya atau tepatnya variasinya. Nah, terakhir, menggunakan dia sebagai main tank itu berarti kalian sepakat dengan Jervis untuk memaksa keberuntungan masing-masing sampai batasnya, apakah siap?

 

Bellona~

Bellona berasal dari kelas Bellona, sebuah sub-class dari kelas Dido. Mengenai stat dia itu rata rata dan okok saja, namun menurut hasil dari para dataminer damage yang diberikan oleh Bellona itu kurang. Skill kedua dia, Air Raid Assistence (ARA-̶a̶r̶a̶) bisa menjadi nilai jual utama dia, gabungkan dengan Dido dan chara Royal Navy lain maka Bellona cukup dapat digunakan. Meski tidak terlalu signifikan.

 

Revenge~

Sekarang Revenge, sebagai Battleship Elite, sayang sekali memang statnya di bawah rata-rata. Skill satu dia bagus sebenarnya, namun overall damage dan statnya tidak worth untuk diterjunkan. Dan, menurut para dataminer damagenya juga tidak seberapa yang mana hal seperti ini biasa menimpa Battleship Elite.

 

Unicorn (Retrofit)~

Unicorn pasca retrofit tetap memiliki 2 skill saja karena hanya menggantikan skill sebelumnya, untuk stat yang ditambahkan lumayan bagus. Dalam hal sebagai healer, Unicorn (Retrofit) hampir menyamai, bahkan mungkin melebihi kemampuan Perseus (yang bagi banyak Shikikan disebut sebagai best healer sampai saat ini) jika battlenya berlangsung dalam jangka waktu lama, di atas 40 detik. 

 

Hal itu tidak terlepas dari kenyataan dia memiliki pre-loaded Aircraft juga, reload aircraft yang lebih cepat, dan jumlah heal yang diberikan sedikit lebih banyak untuk Vanguard (yang biasanya paling banyak menerima damage jika battlenya kelamaan). Keseluruhan Unicorn (Retrofit) adalah salah satu top tier Healer dan dapat menyaingi Perseus sebagai healer, sangat worth dibuild untuk farming maksimal. Yang 1 mod low, ganti ke 1 nya, bergiliran begitu terus sampai deviceya yang kecapean juga. Bagaimana menurut Shikikan sekalian, apakah Unicorn (Retrofit) lebih bagus daripada Perseus atau Perseus masih lebih bagus?

 

Little Cheshire~

Terakhir ada Lil Cheshire, stat dia dibandingkan yang besar cukup jauh bedanya kecuali AA. Jadi untuk defense dan offense ia jauh dibawah versi bignya, untuk AA masih ok. Dengan skill dan stat dia yang sekarang sih, masih ok digunakan juga terutama untuk yang pilihan CA tank-nya belum banyak.

 

Akhir Kata

Gambar

Credit: Twitter @Vayneeee4

Nah, apa pendapat Shikikan lain tentang chara-chara baru ini, mari saling bertukar pendapat. Untuk yang belum lengkap chara eventnya, semangat, semoga beruntung gachanya!
Sampai jumpa!