Review Operator Fartooth - Sniper Handal Pinus Sylvestris

Yoo dokutah pada artikel ini Regnbue akan membahas operator bintang 6 anggota Pinus Sylvestris yakni Fartooth. Fartooth merupakan operator Sniper dengan archtype Deadeye. Archtype baru ini memberikan Fartooth range yang sangat luas, ditambah lagi memungkinkan untuk menyerang musuh diluar jangkauan serangan miliknya. Seperti biasa Regnbue akan membahas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Fartooth dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek profile dari Fartooth terlebih dahulu.

Fartooth Knight Justyna atau lebih dikenal dengan code name Fartooth merupakan mantan partisipan dari event Kazimierz Major. Dirinya merupakan bagian dari Pinus Sylvestris Club yang merupakan salah satu knight club di Kazimierz Major, terkenal atas knight club yang berisikan para infected knight. Club ini pada awalnya dibuat sebagai aliansi sementara Flametail Knight Sona dan Fartooth Knight Greynuty. Namun takdir berkata lain membuat Pinus Sylvestris menjadi salah satu club yang memiliki nama cukup terkenal meskipun sebagai hasil dari diskriminasi atas infected knight.

Setelah insiden yang melibatkan The Radiant Knight pada Kazimierz Major, Rhodes Island menandatangani perjanjian dengan berbagai club salah satunya Pinus Sylvestris. Perjanjian antara kedua belah pihak berisikan anggota Pinus Sylvestris bekerja sebagai operator untuk Rhodes Island, dan sebagai gantinya Rhodes Island akan memberikan perawatan terhadap para infected. Salah satu anggota dari Pinus Sylvestris yakni Fartooth terlihat sebagai wanita yang pendiam, dingin dan susah untuk didekati. Bahkan sebagai anggota Pinus Sylvestris sendiri Fartooth merupakan anggota baru. Namun kemampuannya tidak perlu diragukan lagi, sebagai seorang sniper yang bisa dibilang memiliki skill setara dengan anggota Armorless Union Fartooth merupakan asset berharga sebagai salah satu Knight di Pinus Sylvestris.

Fartooth sendiri berasal dari daerah pinggiran di Kazimierz yang pada awalya merupakan gadis desa biasa. Seiring dengan dirinya tumbuh dewasa layaknya para Kazimirian yang menonton Kazimierz Major dirinya pun memilikin angan angan untuk menjadi salah satu knight. Dari saat itu dirinya berusaha dengan keras untuk bergabung di Kazimierz Major. Meskipun mendaftar sebagai seorang infected, dan masuk sebagai independent knight bukanlah hal mudah pada akhirnya Fartooth pun bisa berkompetisi. Tentunya kerja keras miliknya ini terbayar saat pada akhirnya bergabung pada salah satu knight club besar yakni Pinus Sylvestris.

Class:

Arknights Snipers / Characters - TV Tropes

Traits:

Memprioritaskan menyerang musuh dengan DEF terendah didalam jangkauan serangan

Jangkauan Serangan

Sebelum di promote menjadi E1

Setelah dipromote menjadi E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Concentration

Jika dalam 10 detik Fartooth tidak terkena damage maka ATK + 10% (E1)

Jika dalam 10 detik Fartooth tidak terkena damage maka ATK + 15% (E2)

Menambahkan 3% ATK ketika memiliki Fartooth potential 5.

Stilled Breath

Ketika skill aktif maka mengurangi kemungkinan dirinya akan ditarget, dan serangan miliknya menghiraukan Physical Evasion.

Base Skill

Ketika ditempatkan pada dormitory pemulihan mood per jamnya +0.55. Pada saat yang sama meningkatkan pemulihan mood untuk seluruh operator sebanyak +0.1 per jamnya. (E0)

Ketika ditempatkan pada craft station akan meningkatkan efektivitas produksi sebanyak 15% (E0)

Ketika ditempatkan pada craft station akan meningkatkan efektivitas produksi sebanyak 25% (E2)

Stats:

Sebagai operator Sniper archtype Deadeye dengan rarity bintang 6 memiliki stats ATK paling tinggi untuk archtype Deadeye. Stat ATK yang tinggi ini bersinergi baik dengan Skill dan Talent milik Fartooth, dimana memungkinkan dirinya untuk membunuh musuh dengan DEF rendah dengan cepat. Untuk melihat bagaimana skill Fartooth bekerja mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik Fartooth merupakan skill generic yang meningkatkan ATK dan ASPD miliknya ketika diaktifkan. Meskipun skill ini tidak memiliki keunikan dan hanya meingkatkan ATK dan ASPD saja, skill ini cukup bagus untuk digunakan oleh Fartooth jika dokutah cukup dengan Fartooth menyerang di dalam jangkauan serangan normal miliknya. Hal ini dikarenakan 2 skill milik Fartooth lainya membuat Fartooth unik berkat kemampuannya mengubah jangkauan serangan.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Fartooth ketika aktif akan menambahkan ASPD miliknya secara drastis. Kemudian yang membuat skill ini unik adalah Fartooth dapat menyerang target diluar jangkauan serangannya, jika target tersebut sedang dalam keadaan terblock. Hal ini memungkinkan dokutah untuk menempatkan Fartooth berada jauh dibelakang sana, dan dirinya masih bisa menembah musuh diluar jangkauannya selama mereka dalam keadaan terblock.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill 3 milik Fartooth ketika aktif akan meningkatkan ATK miliknya, dan ketika dirinya menyerang target diluar jangkauan serangan biasanya maka akan meningkatkan damagenya lagi hingga 140% pada M3. Kemudian jangkauan serangan miliknya akan berubah menjadi satu garis lurus tanpa batasan. Meskipun hal ini membatasi Fartooth menyerang hanya dalam satu garis lurus saja, jika dokutah bisa menstrategikan penempatan operator lain layaknya Defender, dan menahan musuh dalam satu garis lurus dokutah bisa memaksimalkan skill ini.

Sinergi

Ptilopsis

Dikarenakan pengisian SP milik Fartooth bersifat pasif membuat Ptilopsis berkat talent miliknya bisa berfungsi untuk mengisi SP Fartooth lebih cepat,

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Pramanix, Shamare dan Sora sangat bsia membantu Fartooth dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Fartooth dalam mengisi SP dan menambahkan ATK Fartooth hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang  akan membuat serangan Fartooth jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora dapat meningkatkan ATK milik Fartooth maksimum sebanyak 385 ATK. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Fartooth sebanyak +50% dan +50 ASPD

Operator yang mampu memblok 3 target atau lebih

 

Dikarenakan skill miliknya akan membuat Fartooth tidak dapat memblok musuh maka dokutah bisa membawa defender atau centurion guard untuk menahan musuh. Hal ini bertujuan untuk membuat para target tetap berada didalam jangkauan Fartooth saat skill miliknya diaktifkan untuk skill3, dan bisa membuat dirinya menyerang musuh diluar jangkauan serangannya ketika menggunakan skill 2.

 

Kesimpulan

Fartooth merupakan operator sniper dengan archtype deadeye bintang 6 pertama. Meskipun kemampuan miliknya tidak begitu gamechanging namun skill yang dia miliki masih bisa digunakan dengan baik. Hal yang membuatnya unik dibandibgkan deadeye lainya adalah skill 3 miliknya yang membatasi jangkauan serangan hanya menjadi 1 garis lurus namun tak ada batasannya. Dengan positioning yang baik Fartooth bisa menajadi salah satu sniper yang berharga untuk dokutah.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~