Review Operator Ashlock - Perisai Pinus Sylvestris

Yoo dokutah pada artikel ini Regnbue akan membahas operator bintang 5 dengan archtype baru yakni Ashlock. Ashlock merupakan operator Defender dengan archtype baru yakni Fortress. Archtype baru ini memungkinkan Ashlock untuk menyerang musuh dari jarak jauh ketika sedang tidak memblok musuh. Seperti biasa Regnbue akan membahas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Ashlock dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek profile dari Ashlock terlebih dahulu.

Ashlock Knight Greynuty atau lebih dikenal dengan code name Ashlock merupakan mantan partisipan dari event Kazimierz Major. Dirinya merupakan bagian dari Pinus Sylvestris Club yang merupakan salah satu knight club di Kazimierz Major, terkenal atas knight club yang berisikan para infected knight. Club ini pada awalnya dibuat sebagai aliansi sementara Flametail Knight Sona dan Ashlock Knight Greynuty. Namun takdir berkata lain membuat Pinus Sylvestris menjadi salah satu club yang memiliki nama cukup terkenal meskipun sebagai hasil dari disriminasi atas infected knight.

Layaknya para knight lain yang berpartisipasi dalam Kazimierz Major Ashlock ingin menggapai tempat yang tinggi menjadi juara sekaligus legenda di Kazimierz Major seperti The Radiant Knight atau Blood Knight. Ambisinya ini semakin membara setelah melihat perlakuan Kazimierz terhadap para infected knight. Dirinya ingin melakukan hal tersebut untuk membuktikan tidak hanya kepada para penonton Kazimerz Major, namun juga kepada keluargannya bahwa dirinya juga bisa membawa nama baik keluarga meskipun menjadi seorang infected. Tetapi berkat insiden pada Kazimierz Major yang membuat The Radiant Knight kembali Ashlock dan juga anggota dari Pinus Sylvestris lainnya bergabung dengan Rhodes Island.

Pada awalnya Ashlock dan juga anggota Pinus Sylvestris lainnya terkejut atas masih adanya organisasi yang peduli terhadap infected seperti Rhodes Island. Para anggota Pinus Sylvestris pun membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi sepenuhnya dengan lingkungan Rhodes Island. Hal ini dikarenkan perbedaaan jauh atas aturan yang mereka ikuti sebagai Kazimierz Knight dengan Operator Rhodes Island. Namun meskipun begitu disaat mereka dibutuhkan untuk misi mereka akan melaksanakannya dengan baik. Pada akhirnya mereka pun bisa beradaptasi dengan kehidupan di Rhodes Island.

Class:

Traits:

Akan melakukan serangan AoE jarak jauh ketika tidak memblok musuh

Jangkauan Serangan



Jangkauan serangan Ashlock pada E0 dan E1

Jangkauan serangan Ashlock pada E2

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Bombardment Studies

ATK+4%. Jika 4 kotak disekeliling Ashlock adalah ground tile maka membuat buff ATK menjadi +8% (E1)

ATK+8%. Jika 4 kotak disekeliling Ashlock adalah ground tile maka membuat buff ATK menjadi +16% (E1)

Menambahkan 2% ATK ketika memiliki Ashlock potential 5.

Base Skill

Ketika ditempatkan pada craft station akan meningkatkan efektivitas produksi sebanyak 15% (E0)

Ketika ditempatkan pada craft station akan meningkatkan efektivitas produksi sebanyak 25% (E2)

Stats:

Ashlock merupakan Defender bintang 5 dengan archtype Fortress. Jika dibandingkan dengan defender lainnya Ashlock memiliki stat ATK yang tinggi. Bahkan untuk saat ini dirinya memiliki ATK ke-2 tertinggi hanya dibawah Eunectes. Sebagai gantinya Ashlock memiliki stat HP dan DEF yang relatif rendah dibandingkan dengan Defender lain. ATK tinggi miliknya bersinergi baik dengan talent dan juga skill milik Ashlock yang bersifat ofensif.

Skill.

Tipe pengisian SP: Pasif Regen

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik Ashlock merupakan skill generic yang meningkatkan ATK ketika diaktifkan. Jika dibandingkan dengan skill 2 skill pertama miliknya memiliki +ATK lebih tinggi dan durasi lebih lama. Namun sebagai gantinya membutuhkan SP lebih tinggi untuk mengaktifkannya. Kelebihan lain dari skill ini adalah Ashlock masih akan bisa memblok musuh disaat skill ini aktif. Membuat dirinya masih bisa berfungsi sebagai klasik Defender disaat musuh berhasil selamat dari bombardir dirinya.

Tipe pengisian SP: Pasif Regen

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Ashlock saat aktif akan mengurangi interval serangan membuat Ashlock dapat memborbardir target lebih cepat. Kemudian skill ini juga akan menambahkan ATK milik Ashlock. Selama skill ini aktif Ashlock akan kehilangan kemampuan memblok target dan akan memfokuskan seluruh kekuatannya untuk memborbardir target. Jadi alangkah baiknya jika dokutah membawa Defender atau centurion guard operator untuk menahan musuh didepan Ashlock ketika menggunakan skill ini.

Sinergi

Ptilopsis

Dikarenakan pengisian SP milik Ashlock bersifat pasif membuat Ptilopsis berkat talent miliknya bisa berfungsi untuk mengisi SP Ashlock lebih cepat,

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Pramanix, Shamare, Sora dan Skadi Alter sangat bsia membantu Ashlock dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Ashlock dalam mengisi SP dan menambahkan ATK Ashlock hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang  akan membuat serangan Ashlock jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora dapat meningkatkan ATK milik Ashlock maksimum sebanyak 385 ATK. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Ashlock sebanyak +50% dan +50 ASPD

Operator yang mampu memblok 3 target atau lebih

Dikarenakan skill 2 miliknya akan membuat Ashlock tidak dapat memblok musuh maka dokutah bisa membawa defender atau centurion guard dan diletakan didepan Ashlock. Hal ini bertujuan untuk membuat para target tetap berada didalam jangkauan Ashlock saat skill miliknya diaktifkan.

 

Kesimpulan

Ashlock merupakan operator defender dengan archtype fortress yang merupakan archtype baru di Arknights. Meskipun kemampuan miliknya tidak begitu gamechanging namun skill yang dia miliki masih bisa digunakan dengan baik. Kemudian dirinya juga bisa menjadi pilihan ketika range tile yang ada dalam stage tersebut tidak bisa diandalkan dan dokutah membutuhkan AoE range attack, Ashlock bisa menjadi pilihan yang baik.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~