Review Operator Ayerscrape - Sang Bodyguard Penuh Loyalitas

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 5 yakni Ayerscrape. Ayerscrape merupakan operator Guard dengan archtype Lord atau biasa dikenal dengan Range Guard. Nantinya akan seperti biasa Regnbue akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan sinergi Ayerscrape dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita lihat bersama sama profile dari Ayerscrape terlebih dahulu.

Ayerscrape merupakan operator dengan ras Cautus yang berasal dari RIM Billiton. Sebelum bergabung dengan Rhodes Island dirinya bekerja sebagai bodyguard dari Catastrophe Messenger bernama Leonhardt. Layaknya bodyguard pada umumnya Ayerscrape bertugas untuk menjaga Leonhardt dari segala bentuk ancaman ketika dirinya menjalankan misinya. Namun berkat kecerdikan Leonhardt keduanya sangat jarang sekali berada dalam posisi yang rumit. Sehingga tugas dari Ayerscrape kebanyakan hanya membawa barang barang milik Leonhardt atau menjadi teman bicara Leonhardt yang sangat bawel dan dikenal tidak bisa diam.

Dirinya bergabung dengan Rhodes Island bersamaan dengan Leonhardt. Pada saat pertama bergabung keduanya sempat menjadi topik pembicaraan para penghuni Rhodes Island lainya. Hal ini dikarenakan hubungan antara keduanya yang terkesan sangat dekat sekali. Alasan dari kedekatan keduanya adalah baik Ayerscrape dan Leonhardt telah mengenal satu sama lain sejak kecil. Persahabatan diantara keduanya menjadi semakin dekat sejak saat itu. Meskipun Ayercrape terlihat sering bertengkar dengan Leonhardt saat keduanya saling berinteraksi satu sama lain, bagi orang orang yang telah mengenal mereka sudah tau bahwa itu adalah dinamik interaksi antara kedua orang tersebut. Secara professional Ayercrape selalu berkata baik mengenai Leonhardt didepan client, dan jika misalnya Leonhardt berada dalam masalah Ayerscrape selalu menjadi orang pertama yang akan berlari menyelamatkan Leonhardt.

Sebagai seorang bodyguard meskipun ketika berasama Leonhardt, Ayerscrape sangat jarang terlibat dalam situasi yang membutuhkan dirinya untuk beraksi. Kemampuan Ayercrape sendiri tidak bisa diremehkan. Hal ini dibuktikan pada saat ia ditugaskan dalam tugas pertamanya sebagai operator Rhodes Island sebagai bodyguard sebuah cargo dirinya berhasil menjaga cargo tersebut selamat hingga tempat tujuannya. Ketika performanya dievaluasi oleh supervisornya dengan menanyakan bagaimana kemampuan Ayercrape dengan operator lain yang menemani dirinya, sang operator tersebut mengatakan bahwa Ayerscrape melakukan tugasnya dengan sempurna. Bahkan dirinya berhasil mengeliminasi sindikat yang sering melakukan penjarahan  cargo pada rute tersebut. Menurut sang operator tersebut Ayerscrape berkata cara terbaik untuk melindungi sesuatu adalah mengeliminasi segala ancaman yang berada di rute tersebut.

Class:

Traits:

Bisa menyerang dari jarak jauh.

Namun efektivitas serangan berkurang menjadi 80% ketika menyerang target dari jarak jauh.

Jangkauan Serangan

Sebelum di promote menjadi E1

Setelah di promote menjadi E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Tracking Support

Operator yang berada di 8 kotak disekitar Ayerscrape akan mendapatka +4 ASPD. (E1)

Operator yang berada di 8 kotak disekitar Ayerscrape akan mendapatka +8 ASPD. (E2)

Menambahkan +2 ASPD ketika memiliki Ayerscrape pada potential 5.

 

Base Skill

Ketika ditempatkan pada reception  akan mempercepat proses mendapatkan Clue sebanyak 10%.

Ketika ditempatkan pada reception  akan mempercepat proses mendapatkan Clue sebanyak 20% (E2).

Stats:

Ayerscrape merupakan operator Guard archtype Lord dengan rarity bintang 5. Jika dibandingkan dengan operator lain dengan archtype yang sama dirinya memiliki stat HP, ATK dan DEF yang cukup tinggi. Hal ini kemudian dipadukan dengan skill miliknya membuat Ayerscrape bisa memenuhi role dirinya sebagai range DPS layaknya operator lain pada archtype ini. Seperti apa skill milik Ayerscrape mari kita cek berasama sama dibawah ini.

Skill.

Tipe pengisian SP: Saat menyerang

Tipe aktivasi skill: Otomatis

Skill pertama milik Ayerscrape ketika aktif akan membuat serangan Ayerscrape berikutnya berubah menjadi art damage. Kemudian serangan tersebut dapat menyerang lebih dari 1 target yang berada dalam jangkauan serangan Ayerscrape. Tidak berhenti disitu saja namun musuh yang terkena serangan dari skill ini akan terkena debuff [Slow] selama satu detik. Skill 1 ini dipadukan dengan talent miliknya yang menambahkan ASPD membuat serangan Ayerscrape lebih cepat dan membuatnya dapat mengaktivasikan skill ini lebih sering.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Ayerscrape ketika aktif akan mengubah tipe serangan yang ia berikan menjadi art damage, dan memperluas jangkauan serangan miliknya. Kemudian Ayerscrape juga akan memberikan art damage terhadap seluruh musuh berada didalam jangkauan serangan miliknya yang sedang di block oleh operator lain. Skill ini memiliki sinergi dengan talent miliknya yang dapat membuff ASPD operator lain yang berada disekitarnya. Beberapa kekurangan dari skill ini adalah tidak ada +ATK untuk memperkuat damage dari serangan Ayerscrape dan juga SP cost yang cukup tinggi

Sinergi

Ptilopsis

Ptilopsis tentunya menjadi operator yang memiliki sinergi baik dengan Ayerscrape. Tidak hanya Ptilospsi dapat menjaga Ayerscrape agar tetap hidup dengan heal miliknya, talent milik Ptilopsis dapat mempercepat regenerasi SP milik Ayerscrape. Hal ini bisa membantu masalah skill 2 Ayerscrape yang membutuhkan banyak SP.

Pallas & Swire

Karena Ayerscrape merupakan melee operator Swire dapat menjadi buffer untuknya. Karena talent milik Swire sendiri membuff ATK dari melee operator. Selain Swire operator Pallas juga memiliki sinergi baik dengan Ayerscrape. Pallas menggunakan skill 3 dan ditempatkan dibelakang La Pluma akan membuat Pallas dapat memberikan buff [Vigor] terhadap Ayerscrape. Buff [Vigor] ini hanya akan aktif ketika La Pluma memiliki HP 80% keatas.

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Shamare, Pramanix, Sora dan Skadi Alter sangat bisa membantu Ayerscrape dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Ayerscrape dalam mengisi SP dan menambahkan ATK hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang akan membuat serangan Ayerscrape jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora dan Skill 2/3 milik Skadi Alter dapat meningkatkan ATK milik Ayerscrape. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Ayerscrape sebanyak +50% ATK dan +50 ASPD

Defender atau Operator Dengan Block 3 keatas

Akibat skill 2 Ayerscrape dimana serangan extra yang akan ia lakukan hanya berlaku disaat musuh yang berada dalam jangkauan serangan miliknya terblock. Maka dengan menempatkan defender atau centurion guard disebelah atau didepan Ayerscrape akan memaksimalkan efek dari skill 2 miliknya.

Kesimpulan

Ayerscrape merupakan operator Guard archtype Lord yang dapat berfusngsi sebagai sub-DPS. Meskipun fungsi dirinya sangat ter-overshadow oleh operator dengan archtype yang sama seperti Thorn, Silverash ataupun Lappland, Ayerscrape masih bisa dibuild untuk menjadi operator yang dapat dimainkan. Apalagi untuk para dokutah yang mengoleksi husbando pasti tidak asing dengan pengisi suara milik Ayerscrape yakni Yuki Kaji.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~