Review Operator La Pluma - Sang Bartender Polos Asal Dossoles

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 5 yakni La Pluma. La Pluma merupakan operator Guard dengan archtype baru yakni Reaper. Archtype ini memiliki gimmick dimana mereka tidak bisa di heal oleh operator lain, sebagai gantinya mereka mendapatkan 50 HP untuk setiap target yang terkena serangannya. Seperti biasa Regnbue akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan sinergi La Pluma dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek terlebih dahulu profil dari La Pluma itu sendiri.

La Pluma merupakan operator dengan ras Liberi yang berasal dari Bolívar. Nama asli dari operator La Pluma adalah Rafaela Silva dirinya merupakan anak dari salah satu jendral dalam faksi True Bolivar. Setelah sang jendral wafat Rafaela di adopsi oleh Pancho yang merupakan rekan dari ayahnya. Sejak itu Rafaela tinggal bersama ayah dan kakak angkatnya yakni Pancho dan Ernesto di Dossoles. Setelah insiden yang terjadi di Dossoles Rafaela bersama kakaknya Ernesto bergabung dengan Rhodes Island dengan alias La Pluma dan Tequila.

Banyak operator Rhodes Island yang mengatakan bahwa La Pluma dan Tequila memiliki kepribadian yang saling bertolak belakang. Bila Tequila dikenal aktif, banyak bicara dan jago bersilat lidah. La Pluma dikenal pendiam, polos dan pemalu. Namun menurut beberapa operator yang sering berinteraksi dengan La Pluma dan Tequila, mengatakan bahwa lebih mudah untuk dekat dengan La Pluma. Menurut mereka meski Tequila terlihat ramah dirinya secara kelar memberikan jarak atas relasi dirinya dengan satu sama lain. Berbeda dengan La Pluma dimana dirinya yang dengan tukus ingin menjalin relasi.

La Pluma sendiri memiliki tempat favorit yang dimana ia selalu datangi setelah selesai dari misi. Tempat tersebut adalah Rhodes Island bar. Dirinya sering berkunjung kesana bukan untuk minum, melainkan menjadi part-time bartender. Semenjak dirinya sering meracik minuman di bar tersebut, area bar Rhodes Island menjadi semakin ramai dengan banyak operator berkunjung ditempat tersebut. Hal ini dikarenakan 2 faktor yakni kemahiran La Pluma dalam meracik minuman. Kemahiran ini didapatkan oleh La Pluma saat dirinya tinggal di Dossoles. Faktor kedua adalah kepribadian La Pluma sebagai pendengan yang baik. Banyak operator yang mengatakan bahwa mereka merasa lebih lega ketika mereka mengutarakan curahan hati mereka di depan meja bar dengan La Pluma.

Class:

Arknights Guards / Characters - TV Tropes

Traits:

Tidak dapat di heal oleh operator lain.

Serangan akan mengenai seluruh target yang berada didalam jangkauan serangan miliknya.

Mendapatkan 50 HP untuk setiap serangan yang berhasil mengenai target.

Jangkauan Serangan

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Into The Groove

Meningkatkan ASPD sebanyak +2 untuk setiap musuh yang berhasil dikalahkan oleh La Pluma, efek ini bisa distack hingga 8 stack. (E0)

Meningkatkan ASPD sebanyak +3 untuk setiap musuh yang berhasil dikalahkan oleh La Pluma, efek ini bisa distack hingga 8 stack. (E1)

Meningkatkan ASPD sebanyak +3 untuk setiap musuh yang berhasil dikalahkan oleh La Pluma, efek ini bisa distack hingga 12 stack. (E2)

 

Base Skill

Ketika ditempatkan pada workshop dan memproduksi Skill Summaries mengurangi konsumsi morale yang digunakan untuk memproduksi formula dengan cost 2 sebanyak -1. (E0)

Ketika ditempatkan pada workshop dan memproduksi Skill Summaries meningkatkan kemungkinan mendapatkan produk sampingan sebanyak 75%. (E2)

Stats:

La Pluma merupakan operator Guard archtype Reaper dengan rarity bintang 5. Jika dibandingkan dengan operator Guard lainya La Pluma merupan Guard dengan stat diatas rata rata. Hal ini membantu La Pluma berfungsi sebagai DPS operator, yang berfokus untuk mengalahkan banyak musuh sekaligus. Trait dan juga Talent digabungkan dengan Skill miliknya membuat La Pluma dapat menahan lane dengan sedikit support atau bahkan menahan lane tersebut sendiri. Seperti apa skill milik La Pluma mari kita cek bersama sama dibawah ini.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik La Pluma ketika aktif akan membuat dirinya menyerang secara bolak balik dengan kekuatan lebih kuat dari pada biasanya. Hal ini membuat La Pluma dapat mengutilisasikan trait miliknya di bagian mengambil 50 HP disetiap hit dengan baik. Namun sayangnya skill pertama miliknya ini kalah jauh bersaing dengan skill kedua miliknya. Penyebabnya adalah skill kedua miliknya memberikan keuntungan lebih banyak bagi La Pluma ketimbang skill pertamanya ini.  

 

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua La Pluma ketika aktif akan mengurangi interval serangan miliknya, membuat serangan dirinya lebih cepat. Kemudian La Pluma juga akan mendapatkan ATK buff, dan akan mendapatkan extra ATK buff lagi ketika melawan target yang memilik HP 50% kebawah. Skill 2 ini membuat La Pluma semakin mengerikan sebagai DPS operator dengan perpaduan ATK buff dan mempecepat serangan miliknya. Ditambah lagi dengan SP cost yang relative rendah yakno 40 saja, membuat para dokutah dapat mentiming aktivasi skill miliknya dengan mudah.

Sinergi

Ptilopsis

Ptilopsis tentunya menjadi operator yang memiliki sinergi baik dengan La Pluma. Meskipun Ptilopsis tidak dapat mengheal La Pluma, namun talent milik Ptilopsis dapat membantu La Pluma untuk mengisi SP miliknya.

Pallas & Swire

Karena La Pluma merupakan melee operator Swire dapat menjadi buffer untuknya. Karena talent milik Swire sendiri membuff ATK dari melee operator. Selain Swire operator Pallas juga memiliki sinergi baik dengan La Pluma. Pallas menggunakan skill 3 dan ditempatkan dibelakang La Pluma akan membuat Pallas dapat memberikan buff [Vigor] terhadap La Pluma. Buff [Vigor] ini hanya akan aktif ketika La Pluma memiliki HP 80% keatas, dokutah tidak usah khawatir atas hal tersebut karena La Pluma dapat mengheal dirinya sendiri dan akan selalu memiliki HP diatas 80%.

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Shamare, Pramanix, Sora dan Skadi Alter sangat bisa membantu La Pluma dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu La Pluma dalam mengisi SP dan menambahkan ATK hingga 90%. Pramanix dan Shamare dapat memberikan debuff yang akan membuat serangan La Pluma jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora dan Skill 2/3 milik Skadi Alter dapat meningkatkan ATK milik La Pluma. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik La Pluma sebanyak +50% ATK dan +50 ASPD

Kesimpulan

La Pluma merupakan operator Guard archtype Reaper yang dapat berfusngsi sebagai DPS dan solo laner. Dirinya merupakan asset yang cukup berguna bagi para dokutah sekalian, terutama bagi para dokutah membutuhkan solo laner. La Pluma juga memiliki serangan AoE meskipun kecil hal tersebut sudah cukup untuk membasmi musuh didepannya.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~