Review Shōkaku, "Lead Ship" Aircraft Carrier Yang Membawa Harapan Terakhir Sakura Empire

First ship of the Shōkaku-class aircraft carriers, Shōkaku.

.

“I am Shōkaku, the flagship of the Fifth Carrier Division. Because my super smart senpai went and got themselves all killed, I had to carry the flag of the Sakura Empire’s carrier divisions. Though I was more accomplished than them, for whatever reason, I was always considered weaker. Maybe it was due to my "lack of grace and speed" during my final moments... With that said, allow me to reintroduce myself. I am Shōkaku, the punching bag of the Sakura Empire. Please take care of me from now on~”

 

Halo, Shikikan sekalian! Setelah sebelumnya kita membahas Zuikaku, kini kita akan membahas Shōkaku atau si sulung dari kelas Shōkaku, kelas yang menjadi harapan terakhir Sakura Empire dalam memenangkan perang. Sebagai saudara, apakah Shōkaku memiliki performa yang sama dengan Zuikaku, kita akan mencari taunya sekarang ini. 



Kisah Shōkaku~

Shōkaku (Jepang: 翔鶴, "Soaring Crane") adalah kapal utama dari kelas Shōkaku untuk Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) sesaat sebelum Perang Pasifik. Bersama dengan kapal saudara perempuannya Zuikaku, dia mengambil bagian dalam beberapa pertempuran laut utama selama perang, salah satunya serangan terhadap Pearl Harbor, Pertempuran Laut Coral dan Pertempuran Kepulauan Santa Cruz sebelum ditorpedo dan ditenggelamkan oleh kapal selam AS USS. Cavalla di Pertempuran Laut Filipina.

Shōkaku menghabiskan masa masa tugasnya selalu bersama Zuikaku. Sehingga, kalian bisa membaca artikel Zuikaku untuk rincinya. Mengapa Zuikaku yang dipilih sebagai PoV? Tentunya karena Zuikaku adalah salah satu generasi lama yang selamat hingga bulan bulan akhir perang. Nah, untuk Shōkaku ini kita akan membahas saat saat terakhir dia lebih detail.

Pada tahun 1944, Shōkaku dikerahkan ke Kepulauan Lingga di selatan Singapura. Pada tanggal 15 Juni, dia berangkat dengan Mobile Fleet untuk melaksanakan Operasi "A-Go", sebuah serangan balik terhadap pasukan Sekutu di Kepulauan Mariana. Aircraft diluncurkan, namun sayangnya gelombang Aircraft yang dia luncurkan menderita kerugian besar dari patroli udara tempur AS dan tembakan anti-pesawat, tetapi beberapa selamat dan kembali dengan ke Shoukaku. Meski mengalami kerugian besar, salah satu kelompok penyerang Shoukaku yang terdiri atas pesawat D4Y Suisei-nya yang dikendarai pilot-pilot veteran dari Pertempuran Laut Coral dan pertempuran Santa Cruz, menerobos serangan AS tadi, dan satu pesawat diduga berhasil merusak kapal perang USS South Dakota dan menyebabkan banyak korban.

File:Shokaku Santa Cruz fire.jpg

Situasi di Dek Shōkaku Setelah Terkena Bomb Pesawat AS

Battle of Philippine Sea –  Selama Pertempuran Laut Filipina, pada pukul 11:22 tanggal 19 Juni, Shoukaku mendapat serangan tiga (mungkin empat) torpedo dari kapal selam USS Cavalla. Karena Shōkaku sedang dalam proses pengisian bahan bakar dan mempersenjatai kembali pesawat sehingga ia berada dalam kondisi yang sangat rentan, torpedo memulai kebakaran yang tidak mungkin dikendalikan. Pukul 12:10, sebuah bom meledak yang meledakkan juga uap avtur yang telah menyebar ke seluruh kapal. 

Perintah untuk meninggalkan kapal telah diberikan, tetapi sebelum evakuasi berlangsung sangat jauh, Shōkaku tiba-tiba kemasukan air laut lebih banyak sehingga ia dengan cepat tenggelam. Kapal penjelajah ringan Yahagi dan kapal perusak Urakaze, Wakatsuki, dan Hatsuzuki menyelamatkan Kapten Matsubara dan 570 orang yang selamat dari Shoukaku. Dan demikianlah, salah satu kapal induk utama yang pernah berpartisipasi dalam serangan ke Pearl Harbor gugur.

 

Skill dan Base Stat Shōkaku~

 

Secara base stat, ia kurang lebih sama seperti Shōkaku. Yang membedakan hanyalah efisiensi dia dimana Fighter dan Dive Bomber hanya 110%, tapi efisiensi torpedo Bomber dia tinggi, yakni 150%. Dengan bantuan Zuikaku, Shōkaku akan memiliki damage yang bagus. 

 

Skill Pertama, Fifth Carrier Division (Shōkaku)

Skill 10790.png

“If sortied with Zuikaku, increase own AVI stat by 12% (30%) and increase own damage received by 5%.”

Jika bersama Zuikaku, meningkatkan stat AVI sebesar 30% sekaligus menerima damage 5% lebih banyak. Benar, kita tidak salah baca. Jika Shōkaku harus bersama Zuikaku yang sangat cocok dalam pertempuran jangka panjang, berarti harus siap juga dengan serangan bertubi-tubi dan survivability menjadi masalah sendiri. Disarankan menggunakan healer. 



Skill Kedua, Crane's Protection

Skill 10810.png

“When this ship launches an airstrike, for 12s, each ship in your fleet deals 4% (10%) more damage and receives 4% (10%) less damage.”

Karena skill ini, pastikan Shōkaku lebih dahulu melancarkan Airstrike daripada backfleet lain. Menggunakan Homing Beacon bisa menjadi salah satu cara. 

 

Equipment Shōkaku~

 

Equipmentnya tidak jauh berbeda dari Zuikaku, jadi ini sebuah “copy-paste” yang diedit sedikit. Bisa dilihat nama-nama equipmentnya saja jika sudah membaca artikel Zuikaku duluan.

#Fighter  

 17360.png17260.png27320.png47160.png

Mari kita gunakan penilaian dengan huruf seperti di raport sekolah agar mudah. “S” berarti sangat bagus, “A” berarti bagus, “B” lumayan, dan “C” kurang.

  1. F7F Tigercat,  AA = A, dan Surface Damage S. 
  2. Sea Hornet, AA = B, dan Surface Damage S. 
  3. Vought F4U Corsair (VF-17 Squadron), AA = S, dan Surface Damage B.
  4. Messerschmitt Bf 109G (Carrier-based Prototype), AA = C, dan Surface Damage Terhadap Boss (Light - Medium) = S+

Dari tiga pesawat di atas, F7F Tigercat adalah yang paling seimbang dalam kedua jenis penilaian. Jadi, tanpa perlu bingung bisa menggunakan itu sebagai best choice. Sea Hornet itu ibarat Tigercat tanpa AA saja sebenarnya. Lalu ada Vought F4U Corsair (VF-17 Squadron), ia biasanya digunakan sebagai pilihan pertama karena mudah didapat (bisa dikumpulkan dari dulu) dan kemampuan AA nya masih sangat diperlukan. Lalu ‘the german guy’, alias Messerschmitt Bf 109G (Carrier-based Prototype) adalah pesawat yang khusus melawan Single Target (Boss) yang ber-armor Light - Medium yang ada di Stage dimana AA tidak diperlukan, selain ini, JANGAN.

 17300.png37300.png27100.png27300.png37400.png17200.png

Berikutnya ada list pilihan lain, mereka semua memiliki kesamaan yakni 2 x 500 pound bomb dan AA yang ok. Kalau pakai sistem penilaian rapot itu, AA = A, dan Surface Damage B. **Grumman F6F Hellcat adalah satu-satunya di pilihan ini yang memiliki AA pada level S. F6F Hellcat, A7M Reppu, Seafang, Sea Fury, Kawanishi N1K3-A Shinden Kai 2. 

 

#Dive Bomber:

 39340.png19160.png19100.png

Mari gunakan sistem rapot lagi:

  1. Prototype Tenrai,  Stat AVI = S, dan Damage Bomb = S+
  1. Experimental XSB3C-1, Stat AVI = A, dan Damage Bomb = S
  1. SB2C Helldiver, terbaik ketiga. Stat AVI = B, dan Damage Bomb = A

Dive Bomber adalah yang paling mudah dinilai karena pilihan terbatas dan tidak memiliki keunikan. Dive Bomber di Azur Lane hanya tentang, “Stat AVI dan Damage Paling Besar” dia yang menang. Dan, lahirlah tiga terbaik in.

 

#Torpedo Bomber 

 

Kita sampai pada torpedo bomber, pada kategori ini akan dibagi menjadi dua kelompok besar. Yaitu, Torpedo Bomber Parallel dan Torpedo Bomber Converging. Jenis Parallel bagus pada stage yang musuhnya berjumlah banyak dan berdempet dempet, karena AoE jenis parallel sangat luas, stage seperti ini biasanya ditemukan di mob stage. Jenis Converging bagus pada PVP dan single target atau boss stage, terutama boss yang diam tidak bergerak atau yang memiliki gerakan lambat. Jika musuh masih bergerak, jenis Converging biasanya akan dibantu dengan chara yang memiliki kemampuan memberikan debuff slow agar maksimal. 

 

Parallel: 

28400.png18220.png18180.png28100.png28220.png

Westland Wyvern, XTB2D-1 Skypirate, General Motors TBM Avenger (VT-18 Squadron), Fairey Barracuda, Blackburn Firecrest

Pada kategori ini, mereka adalah deretan Torpedo Bomber terbaik dengan pattern parallel. Mereka telah diurutkan dari yang terbaik. Jika ingin membaca lebih lanjut ulasannya, ini dia:

Westland Wyvern, Stat AVI = S, dan Damage Torpedo = S+ [Westland memiliki pasif menyergap aircraft musuh, mekanisme seperti fighter, ini menjadi nilai lebih di samping tingginya stat dan damage dia].

XTB2D-1 Skypirate, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = S [Ini bisa dikatakan sebagai ‘Westland Lite’ karenya damagenya lebih rendah dan tidak ada kemampuan menyergap aircraft musuh seperti Wyvern, namun damagenya masih lebih tinggi daripada yang lain].

General Motors TBM Avenger (VT-18 Squadron),  Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [AVI dan Damage nya pada level yang bagus, nilai lebih dia adalah memberikan damage lebih besar ke Battleship dan  Battlecruiser, serta bisa memberikan debuff “flood” ke Battleship, Battlecruiser, dan Aviation Battleship musuh].

Fairey Barracuda, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [Sebut saja, ia adalah si “rata-rata”].

Blackburn Firecrest, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [Dia juga rata-rata, namun dia menjadi bahan dalam membuat Westland Wyvern. Sebelum jadi Wyvern bisa dipakai dulu].

 

 Converging:

38200.png48040.png38160.png38300.png

Aichi B7A Ryuusei, Junkers Ju-87 D-4, Nakajima B6N2 Tenzan Model 12A, Nakajima C6N Saiun (Model 21 Prototype)

Pada kategori ini, mereka adalah yang terbaik . Mereka telah diurutkan dari yang terbaik. Namun, jika ingin membaca lebih lanjut ulasannya, ini dia:

Aichi B7A Ryuusei, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = S [Damage dia berpotensi di S+ jika semua torpedonya berhasil mengenai satu musuh yang sama].

Junkers Ju-87 D-4, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = S [Sama seperti Ryuusei, namun ada sedikit damage dikorbankan demi konsistensi damage].

Nakajima B6N2 Tenzan Model 12A, Stat AVI = B, dan Damage Torpedo = A [pesawat yang digunakan untuk membuat Ryuusei, ia hanya kalah dalam hal AVI karena raritynya yang Elite. Bagus untuk place holder jika belum ada dua di atas].

Nakajima C6N Saiun (Model 21 Prototype), Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [reload time dia low, dan damagenya tinggi juga meskipun dibayar dengan jumlah torpedo yang hanya dua. Sehingga sedikit inkosisten].

 

#Auxiliary:

1400.png

Steam Catapult

Auxiliary terbaik untuk Aircraft Carrier yang berperan dalam memberikan damage. Memberikan stat AVI dalam jumlah besar serta stat HP agar pengguna lebih tahan dalam battle. Ada juga Frontier Medal, ia memberika stat AVI setara Steam Catapult namun HP yang diberikan lebih sedikit.

Homing Beacon

Memberikan stat AVI yang jauh lbih sedikit daripada Steam Catapult. Gunakan hanya pada situasi dimana  Shōkaku bukan yang pertama meluncurkan Aircraft Carrier.

 

Role Shōkaku~

ShoukakuShipyardIcon.png

Shōkaku lebih berperan sebagai support. Ia bisa menjadi support adiknya atau support chara lain. Yang perlu diingat hanya ini, "Shōkaku tidak wajib bersama Zuikaku, namun Zuikaku wajib bersama Shōkaku", dan "jika mereka bersama, maka wajib ada healer mendampinginya".

 

Shōkakunya sendiri masih bagus jika digunakan sendirian (tanpa Zuikaku) sebagai support, namun damagenya akan kurang dibandingkan support lain. Jika bersama Zuikaku, itu berarti Shōkaku lebih ketat atau sempit pemilihan armadanya. Idealnya, Shōkaku, Zuikaku, dan Ryuuhou (healer), atau Nagato (flagship). 

 

Keseluruhan~

 

Karena Shōkaku adalah si sulung dari kelasnya, jadi sekalian saja kita menyimpulkan kemampuan kelasnya. Baik Shōkaku dan Zuikaku merupakan chara yang bagus, jika bersama mereka cocok dalam pertempuran jangka panjang selama didampingi healer.

Tapi, yah, sebagaimana disebutkan di artikel Zuikaku, pertempuran jangka panjang itu mulai langka dan kalaupun ada lebih efisien menggunakan chara chara generasi baru yang tidak ngotak kemampuannya. 

 

Sekian!


Sumber/Credit gambar: Azur Lane Wiki Fandom Koumakan dan Wikipedia [Chara Terkait]