Review Zuikaku, Sang "Bangau Keberuntungan"

Second ship of the Shoukaku-class aircraft carriers, Zuikaku.

.  

“I’m Zuikaku from the Fifth Carrier Divison, though I was assigned to the First Carrier Division at one point. Together with my sister Shoukaku, we became the last two elite carriers of the Sakura Empire. We triumphed in bitter battles against Lexington, Hornet, and even Enterprise. That’s right, I was even able to severely damage the Grey Ghost herself, although she proved to be luckier than me. My service came to an end when Lexington, risen from the dead, sunk me. In the end, I still completed my final mission and sank with no regrets.”

 

Halo, Shikikan sekalian! Karena Visitor Dyed in Red telah masuk War Archive, kita akan membahas beberapa chara dari event tersebut. Salah satunya adalah Zuikaku. Zuikaku adalah adik dari Shoukaku, keduanya merupakan Aircraft Carrier yang berasal dari kelas Shoukaku. Zuikaku di dunia kita juga merupakan salah satu kapal yang terkenal karena aksinya selama Pearl Harbor, Midway, dan, ya... 

 

Kisah Zuikaku~

Japanese.aircraft.carrier.zuikaku.jpg

Zuikaku (Jepang: 瑞鶴, Inggris: "Auspicious Crane", Indonesia: “Bangau Keberuntungan”) adalah kapal induk kelas Shōkaku kedua dan terakhir yang dibangun untuk Angkatan Laut Kekaisaran Jepang (IJN) sesaat sebelum dimulainya Perang Pasifik. Pesawatnya ikut serta dalam serangan di Pearl Harbor yang kemudian secara resmi membawa Amerika Serikat ke dalam perang dunia 2 (mereka sebelumnya hanya mengamati dan memberikan bantuan). Zuikaku lalu bertempur dalam beberapa pertempuran laut terpenting dalam perang dunia 2, sebelum tenggelam dalam Pertempuran Teluk Leyte.

Pada tanggal 26 November 1941, dia meninggalkan Teluk Hitokappu untuk menyerang Pearl Harbor sebagai bagian dari Kido Butai ("Mobil Force"). Pesawat yang ia angkut terdiri dari 18 pesawat tempur Mitsubishi A6M (Fighter), 27 Aichi D3A (Dive Bomber), dan 27 Nakajima B5N (Torpedo Bomber). 

Fighter "Nakajima B5N2 'Kate'" Lepas Landas Dari Zuiaku Untuk Menyerang Pearl Harbor

Pearl Harbor – Pada 7 Desember, Zuikaku meluncurkan dua gelombang pesawat untuk menyerang instalasi militer Amerika di pulau Oahu. Pada gelombang pertama, 25 Dive Bomber dia menyerang Wheeler Army Airfield dan lima Fighter-nya menyerang pangkalan udara di Kaneohe. Pada gelombang kedua, 27 pengebom torpedo bersenjatakan bom menyerang pangkalan udara di Lapangan Hickam. Itulah peran dia selama Penyerangan Pearl Harbor. Pasca Pearl Harbor, ada beberapa operasi penting lainnya dikemudian hari.

Side Quest Sepenting Main Quest – Zuikaku juga menyerang pangkalan Australia di Rabaul pada 20 Januari 1942 dan Lae di New Guinea pada 21 Januari. Pada April 1942, dia mengambil bagian dalam serangan Samudera Hindia (Indian Ocean raid), menyerang pangkalan angkatan laut Inggris di Kolombo dan Trincomalee di Ceylon (Sri Lanka), bahkan berhasil menenggelamkan kapal induk Inggris, HMS Hermes dan kapal penjelajah berat HMS Cornwall dan Dorsetshire,tentunya dengan bantuan kakaknya, Shōkaku.

Battle of Coral Sea – Pada Mei 1942, dia ditugaskan bersama Shōkaku untuk mendukung Operasi Mo, invasi Port Moresby, Nugini. Namun Amerika yang berhasil mencegat dan mendeenkrepsi (mengartikan) pesan  angkatan laut Jepang yang berisi informasi mengenai penyerangan ini sehingga AS mengirim kapal induk USS Yorktown dan Lexington untuk menghentikan Jepang.

Dalam pertempuran ini Zuikaku tidak mengalami kerusakan berarti, namun pesat dan pilotnya banyak yang gugur. Shokaku sendiri mengalami kerusakan berarti sehingga keduanya mengharuskan  untuk kembali ke Jepang untuk perbaikan, mengisi suplai, dan mengganti pilot dan pesawat yang gugur. Sehingga keduanya tidak dapat mengambil bagian dalam Pertempuran Midway pada Juni 1942, sebuah pertempuran titik balik Perang Dunia 2 dimana 4 kapal induk Jepang,  Akagi, Kaga, Souryuu dan Hiryuu gugur semua. 

 

Battle for Guadalcanal dan Battle of the Philippine Sea – Mungkin dalam seri Pertempuran Guadalcanal inilah awal rivalitas Zuikaku dengan Enterprise. Dalam pertempuran Pada tanggal 26 Oktober 1942, dikenal sebagai  Battle of the Santa Cruz Islands ini Zuikaku berhasil melukai Enterprise pun dia juga terluka. Dan dalam pertempuran ini juga Enterprise kehilangan saudara terakhirnya, Hornet. Pertempuran ini dimenangkan oleh Jepang. Namun, di pihak Jepang, Shokaku dan Zuiho mengalami berbagai kerusakan.

 

Lalu, dalam Battle of the Philippine Sea, duel sengit antara Zuikaku serta Aircraft Carrier Jepang lain melawan Enterprise dan berbagai Aircraft Carrier Amerika lain terjadi lagi. Pada pertempuran ini terjadi saling serang antar Aircraft kedua negara dan tanggal 19 Juni Shōkaku gugur setelah ditenggelamkan oleh kapal selam Amerika, meninggalkan Zuikaku. Selain itu, Taihō juga gugur di saat yang bersamaan. Zuikaku pun mundur. Pertempuran ini berakhir dengan kemenangan Amerika dan membuat Zuikaku sebagai satu-satunya yang selamat dari Divisi Aircraft Satu dan satu-satunya yang selamat dari total enam Aircraft Carrier yang sama sama pernah menyerang Pearl Harbor dulu.

Battle of Leyte Gulf (Battle off Cape Engaño) – Dalam seri Battle of Leyte Gulf ini, tepatnya pada 24 Oktober dalam Operation Sho-Go 1, dikenal sebagai Battle off Cape Engaño Shōkaku meluncurkan Aircraft-nya dalam counter-attack Jepang kepada pendaratan sekutu di Leyte. Pertempuran berjalan sangat sengit, bahkan banyak pesawatnya yang tidak kembali. Pesawat dia antara melakukan pendaratan di Luzon atau menjadi Kamikaze yang berhasil membantu mengalahkan Princeton. Pada hari ini juga, salah satu Battleship terbesar yang pernah ada Musashi (saudara Yamato gugur).

 

Keesokan harinya, 25 Oktober Zuikaku meluncurkan beberapa pesawatnya yang tersisa untuk patroli udara tempur, pencarian, atau untuk bergabung dengan pesawat yang sudah ada di Luzon. Zuikaku kemudian mendapat serangan udara masif, setelah terkena bom dan torpedo, Zuikaku pun gugur dalam pertempuran ini. Ia menjadi Aircraft Carrier Jepang yang pernah menyerang Pearl Harbor yang bertahan paling lama dalam perang. 

Kru Zuikaku Memberikan Penghormatan Terakhir Sebelum Zuikaku Benar-benar Tenggelam

Berakhir sudah kisah dari Zuikaku. Rivalitasnya dengan Enterprise di Azur Lane tentu karena keduanya sudah saling tikam dalam berbagai kesempatan, sama sama kehilangan saudara mereka, dan sama sama generasi awal perang yang bertahan hingga akhir perang. Sungguh sebuah cerita yang panjang.

 

Skill dan Base Stat Zuikaku~

Base stat dia tidak ada yang bermasalah, ia di level yang sama sebagaimana kebanyakan Aircraft Carrier. Hanya saja, efisiensi dia yang agak aneh, namun masuk akal jika berkaca pada kisah dia. 

Zuikaku memiliki efisiensi yang tinggi pada slot Fighter, namun slot Fighter memiliki pesawat paling sedikit diantara Aircraft lain. Lalu, slot Dive dan Torpedo Bomber yang memiliki pesawat lebih banyak, efisiensinya sedikit lebih rendah. Agak aneh... 

Skill Pertama, Fifth Carrier Division (Zuikaku)

Skill 10800.png

“If sortied with Shoukaku, increase own AVI stat by 8% (20%) and decrease own damage received by 8% (20%).”

Sebuah skill duo yang bagus, bagian peningkatan AVI 20% termasuk lumayan (makin besar AVI = makin besar damage) tapi jika kita membawa perbandingan dengan skill duo lain dalam hal peningkatan damage, skill ini sedikit kurang. Bagian pengurangan damage 20%, itu bagus sekali karena Zuikaku berdasarkan skill dua dia, ia bagus dalam pertempuran jangka panjang. 

 

Skill Kedua, Crane's Endeavor

Skill 10820.png

“If there are three or more Sakura Empire ships in your fleet (including this ship), increase own damage dealt by 8% (20%). When this ship launches an airstrike, increase the damage dealt by all subsequent airstrikes by 8% (20%). This buff may stack up to three times.”

 

Skill Kedua Zuikaku berkaitan erat dengan kisah asli dia. Berdasarkan skill ini, Zuikaku sangat cocok dalam pertempuran jangka panjang (1,5 menit ke atas). Karena, pada level max dan max stack, ini skill bisa meningkatkan damage Zuikaku hingga 80%. Namun situasi battle seperti itu susah dicapai bahkan dihindari. Siapa yang mau perang lama lama yekan?

Lalu, bagian berikitnya. Pada awal battle jika ada 3 Aircraft Carrier Sakura Empire lain, ia mendapatkan 20% damage bonus. Setiap dia melancarkan Air Strike, damage Air Strike berikutnya meningkat 20% dan bisa di stack 3x. Totalnya berarti, 80% peningkatan damage. 

 

Equipment Zuikaku~

 

#Fighter  

 

Meskipun Zuikaku adalah chara dari Sakura Empire, aka representasi Jepang, namun jika ingin kemampuan Zuikaku maksimal, ia perlu dilengkapi dengan fighter-fighter Eagle Union, aka Amerika (Tapi Sea Hornet Royal Navy, sih) karena, tiga fighter terbaik dari sana semua. Berikut pilihannya, dinilai berdasarkan kemampuan AA dan Surface Damage (bomb). Mari kita gunakan penilaian dengan huruf seperti di raport sekolah agar mudah. “S” berarti sangat bagus, “A” berarti bagus, “B” lumayan, dan “C” kurang.

 17360.png17260.png27320.png47160.png

  1. F7F Tigercat,  AA = A, dan Surface Damage S. 
  2. Sea Hornet, AA = B, dan Surface Damage S. 
  3. Vought F4U Corsair (VF-17 Squadron), AA = S, dan Surface Damage B.
  4. Messerschmitt Bf 109G (Carrier-based Prototype), AA = C, dan Surface Damage Terhadap Boss (Light - Medium) = S+

Dari tiga pesawat di atas, F7F Tigercat adalah yang paling seimbang dalam kedua jenis penilaian. Jadi, tanpa perlu bingung bisa menggunakan itu sebagai best choice. Lalu, untuk kasus Vought F4U Corsair (VF-17 Squadron) biasanya digunakan sebagai pilihan pertama karena mudah didapat (bisa dikumpulkan dari dulu) dan kemampuan AA nya masih sangat diperlukan. Si nomer 4 itu khusus Single Target (Boss) yang ber-armor Light - Medium yang ada di Stage dimana AA tidak diperlukan, selain ini, JANGAN.

 17300.png37300.png27100.png27300.png37400.png17200.png

Berikutnya ada list pilihan lain, mereka semua memiliki kesamaan yakni 2 x 500 pound bomb dan AA yang ok. Kalau pakai sistem penilaian rapot itu, AA = A, dan Surface Damage B. **Grumman F6F Hellcat adalah satu-satunya di pilihan ini yang memiliki AA pada level S. F6F Hellcat, A7M Reppu, Seafang, Sea Fury, Kawanishi N1K3-A Shinden Kai 2. 

 

#Dive Bomber:

 

Dive Bomber-nya juga dari Eagle Union… Mari gunakan sistem rapot lagi agar mudah. Dive Bomber dinilai dari stat AVI yang diberikan serta Damage Bomb. Ketiga ini sebenarnya sudah diurutkan dari paling bagus, namun, nilai-nya akan menjadi gambaran.

 39340.png19160.png19100.png

  1. Prototype Tenrai,  Stat AVI = S, dan Damage Bomb = S+
  1. Experimental XSB3C-1, Stat AVI = A, dan Damage Bomb = S
  1. SB2C Helldiver, terbaik ketiga. Stat AVI = B, dan Damage Bomb = A

 

#Torpedo Bomber 

 

Kita sampai pada torpedo bomber, pada kategori ini akan dibagi menjadi dua kelompok besar. Yaitu, Torpedo Bomber Parallel dan Torpedo Bomber Converging. Jenis Parallel bagus pada stage yang musuhnya berjumlah banyak dan berdempet dempet, karena AoE jenis parallel sangat luas, stage seperti ini biasanya ditemukan di mob stage. Jenis Converging bagus pada PVP dan single target atau boss stage, terutama boss yang diam tidak bergerak atau yang memiliki gerakan lambat. Jika musuh masih bergerak, jenis Converging biasanya akan dibantu dengan chara yang memiliki kemampuan memberikan debuff slow agar maksimal. 

 

Parallel: 

28400.png18220.png18180.png28100.png28220.png

Westland Wyvern, XTB2D-1 Skypirate, General Motors TBM Avenger (VT-18 Squadron), Fairey Barracuda, Blackburn Firecrest

Pada kategori ini, mereka adalah deretan Torpedo Bomber terbaik dengan pattern parallel. Jenis parallel bagus pada stage yang musuhnya berjumlah banyak dan berdempet dempet, karena AoE jenis parallel sangat luas tadi. Mereka telah diurutkan dari yang terbaik. Jika ingin membaca lebih lanjut ulasannya, ini dia:

Westland Wyvern, Stat AVI = S, dan Damage Torpedo = S+ [Westland memiliki pasif menyergap aircraft musuh, mekanisme seperti fighter, ini menjadi nilai lebih di samping tingginya stat dan damage dia].

XTB2D-1 Skypirate, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = S [Ini bisa dikatakan sebagai ‘Westland Lite’ karenya damagenya lebih rendah dan tidak ada kemampuan menyergap aircraft musuh seperti Wyvern, namun damagenya masih lebih tinggi daripada yang lain].

General Motors TBM Avenger (VT-18 Squadron),  Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [AVI dan Damage nya pada level yang bagus, nilai lebih dia adalah memberikan damage lebih besar ke Battleship dan  Battlecruiser, serta bisa memberikan debuff “flood” ke Battleship, Battlecruiser, dan Aviation Battleship musuh].

Fairey Barracuda, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [Sebut saja, ia adalah si “rata-rata”].

Blackburn Firecrest, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [Dia juga rata-rata, namun dia menjadi bahan dalam membuat Westland Wyvern. Sebelum jadi Wyvern bisa dipakai dulu].

 

Converging:

38200.png48040.png38160.png38300.png

Aichi B7A Ryuusei, Junkers Ju-87 D-4, Nakajima B6N2 Tenzan Model 12A, Nakajima C6N Saiun (Model 21 Prototype)

Pada kategori ini, mereka adalah yang terbaik dengan Mereka telah diurutkan dari yang terbaik. Namun, jika ingin membaca lebih lanjut ulasannya, ini dia:

Aichi B7A Ryuusei, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = S [Damage dia berpotensi di S+ jika semua torpedonya berhasil mengenai satu musuh yang sama].

Junkers Ju-87 D-4, Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = S [Sama seperti Ryuusei, namun ada sedikit damage dikorbankan demi konsistensi damage].

Nakajima B6N2 Tenzan Model 12A, Stat AVI = B, dan Damage Torpedo = A [pesawat yang digunakan untuk membuat Ryuusei, ia hanya kalah dalam hal AVI karena raritynya yang Elite. Bagus untuk place holder jika belum ada dua di atas].

Nakajima C6N Saiun (Model 21 Prototype), Stat AVI = A, dan Damage Torpedo = A [reload time dia low, dan damagenya tinggi juga meskipun dibayar dengan jumlah torpedo yang hanya dua. Sehingga sedikit inkosisten].

 

#Auxiliary:

1400.png

Steam Catapult

Auxiliary terbaik untuk Aircraft Carrier yang berperan dalam memberikan damage. Memberikan stat AVI dalam jumlah besar serta stat HP agar pengguna lebih tahan dalam battle. Ada juga Frontier Medal, ia memberika stat AVI setara Steam Catapult namun HP yang diberikan lebih sedikit.

 

Role Zuikaku~

 ZuikakuShipyardIcon.png

Zuikaku memiliki peran sebagai damager, apalagi pada max stacknya, ia memiliki damage yang mendekati top tier Aircraft Carrier seperti Essex, Enterprise. 

 

Dalam hal battle, Zuikaku lebih cocok dalam boss battle karena di sana pertempuran biasanya berjalan rata-rata 1,5 menit. Untuk mob fleet, itu bisa saja, tapi khusus mob fleet level 3 (ditandai dengan segitiga merah 3) dan kasus dimana battle dengan mob fleet itu lama ada dua, pertama karena fleet kira kurang ber-damage, kedua karena fleet kita kehabisan ammo. Jadi, jika kedua kasus itu tidak terpenuhi, biasanya battle berjalan kurang dari 1,5 menit. 

 

Keseluruhan~

 

Zuikaku, sebagaimana kisah aslinya, ia sangat cocok dalam pertempuran jangka panjang. Namun, dibandingkan chara chara baru era ini yang dapat menyelesaikan pertempuran kurang dari 1,5 - 2 menit dan damagenya besar sedari awal, Zuikaku sangat tidak worth. Pertempuran yang lama juga memerlukan survivability tinggi. 

 

Sekian! 


Sumber/Credit gambar: Azur Lane Wiki Fandom Koumakan dan Wikipedia [Chara Terkait]