Review U-1206, U-Boat Malang Yang Karam Karena Masalah Toilet

“Iron Blood Type VIIC submarine – U-1206”

.

“You've heard about Iron Blood's wolfpacks, right? Guess what: I'm a wolf, too! Or I was, until the day I had a little accident... Wait, no, forget I even said that! I'm still a deadly predator! Keep your expectations high for me!”

 

Halo, Hai, Shikikan sekalian! Apakah kalian pernah mendengar kisah sebuah U Boat yang tenggelam karena sebuah insiden berkaitan toilet? Jika ya, hebat. Kali ini U Boat tersebut telah hadir di Azur Lane, namanya adalah U-1206, sebuah U Boat dari kelas / seri Type VII C. Jadi, tanpa basa basi lebih jauh kita akan masuk ke pembahasan utama, dari kisah karam nya itu yang berkaitan toilet dan kemampuan dia.



Kisah U-1206~

 

**Sebagai awalan, pada perkenalan U-1206 itu merujuk pada kejadian dahulu dimana ia mengalami insiden akibat penyalahgunaan toilet baru yang menyebabkan banjir dan memaksa kru memunculkan kapal selam ini ke permukaan. Akhirnya mereka semua ketahuan dan dibom oleh patroli Angkatan Laut Inggris dan kapal U-1206 ditenggelamkan sebagai akibatnya. Ok, lanjut ke kisah berikutnya secara kronologis…

U-bootVIIc0001.jpg

~Ilustrasi U-boat Tipe VIIC (kelas U-1206)~

Kapal selam Jerman U-1206 adalah U-boat Tipe VIIC dari Kriegsmarine, Angkatan Laut Jerman selama Perang Dunia II. Pasang lunasnya terjadi pada 12 Juni 1943 di F. Schichau GmbH di Danzig dan mulai beroperasi pada 16 Maret 1944. Pada tanggal 28 Maret 1945 U-1206 berangkat dari Kiel untuk patroli sekaligus pelatihan pertamanya di Laut Utara, dan kembali pada tanggal 30 Maret. Ia kembali berangkat patroli dari Pangkalan Angkatan Laut Horten untuk patroli satu hari pada 2 April, dan patroli aktif pertamanya dimulai pada 6 April ketika berangkat dari Kristiansand.

 

Sebagai kapal selam yang termasuk generasi baru, U-1206 menjadi salah satu yang dilengkapi dengan “toilet bertekanan tinggi laut dalam” yang memungkinkan bagi krunya untuk menggunakan toilet saat kapal menyelam di kedalaman. Prosedur pembilasan toilet ini sangat rumit dan bahkan ada teknisi khusus yang dilatih untuk mengoperasikannya. Terdapat beberapa katup, dan membuka katup dalam urutan yang salah dapat mengakibatkan limbah atau air laut mengalir ke lambung/ke dalam kapal selam.

~Ilustrasi U-1206 Yang Di-bom (itu aslinya yang di Bom U-243~

Pada 14 April 1945, 24 hari sebelum berakhirnya Perang Dunia II di Eropa, saat U-1206 berlayar pada kedalaman 200 kaki (61 m), delapan mil laut (15 km; 9,2 mi) dari Peterhead, Skotlandia, penyalahgunaan toilet tadi menyebabkan sejumlah besar air laut membanjiri perahu. Kemungkinan ada kru yang menggunakannya dan salah membuka katup karena ia terpaksa mengoperasikannya sendirian akibat teknisi khusus toilet tersebut ditugaskan untuk memperbaiki masalah di ruang mesin. Karena masuknya air laut tersebut, kapten submarine tidak punya pilihan lain selain memerintahkan mereka untuk ke permukaan dan begitu sampai permukaan ia diserang oleh pesawat pesawat Inggris. Press F to pay respect.

~Ilustrasi toiletnnya~

Kenapa Jerman sampai merancang toilet sedemikian rumitnya?

Untuk menjawab hal itu, pertama-tama kita lihat musuh Jerman, Inggris, Inggris memiliki pendekatan lain tentang masalah membuang kotoran saat submarine sedang menyelam. Mereka membuat toilet di kapal selam memiliki septic-tank sendiri, yang mana ini menambah berat kapal selam sekaligus menghabiskan ruang. Jerman pun mengambil pendekatan lain, yaitu mengembangkan toilet yang bisa langsung membuang kotoran ke laut, namun inu hanya bisa digunakan ketika submarine dekat atau di permukaan yang mana dulu (awal awal perang) adalah hal yang mungkin dilakukan bagi Jerman karena mereka mendominasi jalannya perang. Namun, ketika akhir akhir perang hal itu mulai mustahil dilakukan karena Jerman sudah tidak mendominasi peperangan. Jadi, dibuatlah toilet baru dengan segala kerumitannya tadi. Dan, ya, bisa dibilang U-1206 tenggelam karena para insinyur jerman merancang toiletnya sangat rumit hingga perlu keahlian dan pelatihan khusus jika ingin  mengoperasikannya. Benar benar hal paling Jerman yang bisa dibaca.

 

**FYI / Trivia, itu kasus di laut (kerumitan rancangan sesuatu), kasus di darat lebih banyak lagi, kebanyakan tank-tank Jerman memiliki rancangan sangat rumit, saking rumitnya bahkan kru tank mereka tidak mampu memperbaikinya jika ada masalah kecil sekalipun (kebanyakan), tank tersebut sampai harus ditarik kembali ke pabrik untuk diperbaiki di sana, yang biasanya di daerah inti Jerman. Sebagai kontras, tank Soviet atau Amerika, keduanya memiliki rancangan lebih mudah, jadi kalau kalau ada pun bisa diperbaiki di tempat. Ini salah satu alasan lain mengapa Jerman kalah perang. Mereka membawa makna “Kualitas di atas kuantitas ke level selanjutnya”.

 

Skill dan Base Stat U-1206~

 

Base Stat, dalam hal ini ia tidak ada masalah. Standar elite U-Boat atau submarine. Hanya saja, skill dia yang membuat standar ini berubah nantinya.

 

Skill Pertama, Th-That Was an Accident!

Skill 15040.png

“Decreases this ship's OXY by 20 (10). When this boat resurfaces, and when she retreats from battle: increases this boat's DMG dealt by 5.0% (15.0%). While this boat is retreating: increases this boat's SPD by 50.0%.”

 

Ok, ini sebenarnya skill candaan, jangan dibawa serius. Benar benar skill yang lucu, mengurangi stat OXY dia sebesar 10 pada max level, semakin sedikit stat OXY maka submarine tersebut lebih cepat meninggalkan medan pertempuran. Selain itu, bahkan ketika meninggalkan medan pertempuran U 1206 mendapatkan bonus speed hingga 50%! Benar benar dijadikan candaan. 

 

Meskipun dia akan meningkatkan damagenya sebesar 15% ketika lari nanti, namun itu damage secondary gun, dan gun ini di submarine hanya memiliki 1 fungsi, yaitu memecah shield. Namun karena U 1206 kabur lebih cepat, hal ini tidak efektif juga. Jadi singkatnya, developer kita bercanda dengan U 1206.

 

Skill Kedua, Wolf Pack Tactics

Skill 3610.png

“For each Iron Blood SS in your fleet: increases this boat's TRP, RLD, and Accuracy by 1.5% (6.0%).”

 

Skill yang menyelamatkan U 1206, jika tidak ada ini skill maka kemungkinan besar U 1206 akan menjadi submarine dengan performa terburuk di Azur Lane. 

 

Skill Ketiga, All Out Assault Ⅱ

Skill 20300.png

“Activates All Out Assault Ⅱ: VIIC-Type Submarine immediately after entering the battle.”

 

Equipment U-1206~

 

#Torpedo:

 

Torpedo untuk hampir semua submarine sama persis, ada 4 torpedo berikut:

25300.png45400.png15100.png35500.png

Mark 20 "Bidder" Submarine Torpedo, Mark 20 "Bidder", torpedo dengan damage besar serta durasi reload normal, jadi paling bagus untuk digunakan secara umum.

G7e Acoustic Homing Submarine Torpedo, torpedo dengan kemampuan homing dan damagenya bagus ditambah reload cepat. Hanya saja, untuk mendapatkan potensi maksimal perlu Improved Snorkel, apalagi U-1206 itu lebih cepat ke permukaan.

Mark 16 Submarine Torpedo,torpedo dengan damage paling tinggi, namun reload sangat sangat lama. Jadi, jika si submarine tidak memiliki cukup stat OXY, ini torpedo tidak benar benar maksimal potensinya

Type 95 Submarine Torpedo, merupakan torpedo paling umum dan seimbang di segala aspek, mungkin bisa disebut sebagai “si rata rata”.

 

#Secondary Gun:

31000.png

Twin 100mm (Type 98)

Best Secondary gun untuk submarine. Memiliki reload yang cepat

 

#Auxiliary: 

3120.png800.png

Improved Snorkel dan Pressure-Resistant Hull Design

U-1206 karena skill satunya membuatnya kehilangan stat OXY, dengan Aux ini maka stat OXY dari U-1206 terbayar cukup banyak. Dengan Aux ini, ada potensi bagi pengguna untuk menembakkan salvo torpedo lagi. Hull design untuk speed dan stat torpedo tambahan. Jika tidak ada itu semua maka Toolbox.




Role U-1206~

U-1206ShipyardIcon.png

Umm, yah, U 1206 adalah submarine. tentunya ia memiliki role sebagai support fire. Namun, karena developer bercanda, U 1206 tidak bisa memaksimalkan role ini. Setidaknya, U 1206 adalah sebuah koleksi dan meme material yang bagus. 

 

Keseluruhan~

 

Terima kasih pada skill dua dia, jika tidak maka kita menyimpulkan bahwa U 1206 adalah bahan candaan. Namun, lupakan candaannya, perlu diingat… U 1206 tetaplah sebuah U Boat atau kapal selam Iron Blood, dan Iron Blood adalah juara dan rumahnya kapal selam. U 1206 dengan skill duanya dan skill satu pada max level serta kemampuan pabrikan (base stat) kualitas Iron Blood juga bantuan Auxiliary Snorkel masalah bercanda kerena skill tadi bisa dianggap tidak ada dan dia mendapatkan peningkatan damage sedikit malah. U 1206 tetaplah sebuah pemburu yang cukup mematikan. Meskipun, yah. kawan pemburu dia (U-Boat SSR jauh di atas dia levelnya...).

 

Sekian!


Credit: semua ilustrasi diambil dari Wikipedia dan Wiki Fandom Azur Lane