Review Operator Carnelian - Caster Buas Asal Sargon

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 6 yakni Carnelian. Carnelian merupakan operator Caster dengan archtype Phalanx. Namun ada yang unik dari Carnelian, yakni dirinya memiliki kemampuan Charged. Kemampuan Charged sendiri memungkinkan Carnelian untuk mengisi SP melewati batas SP pada umumnya. Nantinya seperti biasa Rengnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Carnelian dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Carnelian.

Carnelian merupakan operator dengan ras Caprinae yang berasal dari daerah terdalam padang gurun Sargon. Suku yang tinggal di daerah tersebut memiliki sebuah tradisi, dimana ketika seseorang telah mencapat umur tertentu mereka harus keluar dari Sargon. Hal ini ditujukan agar mereka mendapatkan pengalaman dan pengetahuan atas dunia luar. Carnelian yang hampir menyelesaikan masa studinya secara tidak sengaja terlibat dalam sebuah masalah di Leithania. Masalah ini melibatkan salah satu aristokrat Leithania yakni seorang anak muda laki laki bernama Hohenlohe. Carnelian menyelamatkan Hohenlohe yang hampir dibunuh akibat dari konspirasi yang melibatkan keluarganya. Kejadian inilah yang membuat Carnelian menjadi penjaga dari count Hohenlohe.

Count Hohenlohe sendiri merupakan seorang infected, namun karena dirinya adalah seorang aristokrat Leithania tidak boleh ada yang mengetahui akan fakta ini. Pada saat yang sama Hohenlohe membutuhkan perawatan atas oripathy yang dideritanya, hal inilah yang membuat Carnelian memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan Rhodes Island. Rhodes Island berjanji akan memberikan perawatan terhadap Hohenlohe dan menyembunyikan fakta bahwa sang count adalah infected. Sebagai gantinya Carnelian menjadi bekerja sebagai operator Rhodes Island, dan dapat menjalankan misi di daerah daerah Leithania yang tidak dapat dijangkau oleh Rhodes Island.

Jika melihat Carnelian pertama kali orang lain akan memandang seorang adjudan count yang ramah, elegan dan anggun. Sifat tersebut merupakan hal yang wajar dimiliki oleh adjudan count di Leithania. Namun jangan salah sifat asli Carnelian dapat dilihat ketika dirinya dalam medan pertempuran, dan menurut rekan operator lainnya Carnelian dapat dideskripsikan sebagai sosok yang buas, ganas, dan kejam. Hal ini membuat para rekan operator lainnya cukup lega memiliki Carnelian sebagai teman. Carnelian juga merupakan figur kakak yang baik bagi Beeswax adik perempuannya, dan juga Hohenlohe sang count yang saat ini menjadi tempat ia mengabdi.

Class:

Traits:

Tidak bisa menyerang. Sebagai gantinya ketika skill tidak aktif akan meningkatkan +200% DEF & +20 Arts resistance ketika skill tidak aktif.

Ketika skill aktif buff diatas akan mati dan sebagai gantinya dirinya akan menyerang dengan serangan arts damage keseluruh musuh dalam jangkauan serangannya selama skill berlangsung.

Jangkauan Serangan

Sebelum di promote menjadi E1

Setelah di promote menjadi E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Meal of Life

Memulihkan 30% Max HP setelah mengaktifkan skill. Ketika mengaktifkan skill dalam kondisi Charged maka efek pemulihan HP akan di double. (E1)

Memulihkan 40% Max HP setelah mengaktifkan skill. Ketika mengaktifkan skill dalam kondisi Charged maka efek pemulihan HP akan di double. (E2)

Menambahkan +5% terhadap efek restorasi ketika memiliki Carnelian potential 5.

Poised of Action

Ketika SP yang dimiliki sudah berada diatas limit seharusnya, manambahkan kecepatan pemulihan SP sebanyak +0.6 SP/Detik.

 

Base Skill

Ketika ditempatkan pada training station mempercepat waktu training yang dibutuhkan oleh operator Caster sebanyak +30%. (E0)

Ketika ditempatkan pada training station mempercepat waktu training yang dibutuhkan oleh operator Caster sebanyak +60%. (E2)

Stats:

Carnelian merupakan operator  Caster archtype Phalanx dengan rarity bintang 6. Tentunya dalam hal stats dirinya memiliki overall stat lebih tinggi dibandingkan dengan Beeswax dan Mint. Overall stat yang tinggi ini dipadukan dengan skill miliknya membuat Carnelian tidak hanya operator range yang mematikan, namun juga operator ranged yang cukup tanky. Seperti apa skill milik Carnelian mari kita lihat dibawah ini.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik Carnelian ketika aktif akan menambahkan stat ATK dan DEF miliknya dalam durasi tertentu. Kemudian ketika skill ini diaktifkan pada saat Charged efeknya penuh akan mendapatkan kemampuan dimana efek trait dari Carnelian akan tetap aktif. Skill ini merupakan skill yang satu satunya memungkinkan Carnelian tetap menjadi tanky ranged operator pada saat skillnya aktif. Tentunya skill ini dapat digunakan dibeberapa stage dimana dokutah butuh operator ranged tanky, contohnya pada stage yang memiliki banyak ballista. Sebagai gantinya skill ini memiliki output DPS rendah ketimbang 2 skill Carnelian lainnya.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Carnelian ketika aktif kan mengurangi interval serangan miliknya, dan setiap serangannya akan memberikan debuff [Slow] kepada musuh setiap 0.3 detik. Efek Charged skill ini adalah Carnelian mendapatkan +ATK, dan mengganti debuff [Slow] menjadi debuff [Bind]. Skill ini memungkinkan Carnelian berfungsi sebagai Crowd Control (CC) pada squad para dokutah sekalian. Tetapi jangan salah meskipun skill ini berfungsi sebagai CC, damage yang diberikan oleh skill ini cukup tinggi. Mengingat tambahan ATK dan pengurangan interval serangan miliknya membuat dirinya akan melakukan serangan AoE secara bertubi tubi ke seluruh musuh yang ada di jangkauan serangannya. Musuh yang sudah terkena serangannya pun akan tetap diam ditempat akibat debuff [Bind] yang diberikan membuat mereka akan dihajar secara terus menerus oleh Carnelian.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill ketiga milik Carnelian ketka aktif akan meningkatkan ATK miliknya hingga mencapat batasan tertentu, dan memperluas jangkauan serangan miliknya. Efek Charge dari skill ini adalah setiap serangan Carnelian memberikan muusuh debuff [Mark of Gluttony] yang bisa di stack hingga 5. Setiap stack dari [Mark of Gluttony] akan membuat target tersebut mendapatkan 20% extra damage dari setiap serangan Carnelian. Hal ini membuat skill ini menjadi skill dengan output DPS tertinggi dari ketiga skill miliknya. 

Q : Dari ketiga skill Carnelian skill mana yang paling worth untuk dijadikan M3?

A: Skill 2 dan Skill 3. Keduanya sama sama bagus untuk dijadikan M3. Skill 2 membuat Carnelian bisa berfungsi sebagai Crowd Control operator. Sedangkan skill 3 membuatnya menjadi operator DPS yang mengerikan.

 

Sinergi

Ptilopsis/Mostima

Keduanya memiliki sinergi yang baik dengan Carnelian karena Ptilopsis dan Mostima dapat mempercepat pengisian SP milik Carnelian. Uniknya efek pengisian SP dari talent milik Carnelian Poised of Action bisa di stack dengan efek talent milik Ptilopsis atau Mostima.Namun perlu diingat bahwa efek talent milik Ptilopsis dan Mostima tidak saling stack satu sama lain.

Aak

Berkat trait miliknya sebagai Phalanx Caster Carnelian bersinergi baik dengan skill 3 milik Aak. Carnelian dapat mentank seluruh serangan Aak pada saat dirinya dalam keadaan belum menggunakan skill. Hal ini membuat Carnelian dapat memanfaatkan buff milik Aak dengan efektif. Perpaduan antara S3 milik Carnelian+Aak adalah kombinasi mengerikan yang bisa

Kesimpulan

Carnelian merupakan operator Caster archtype Phalanx yang dapat berfusngsi sebagai arts DPS atau Crowd Comtrol. Dirinya merupakan asset yang cukup berguna bagi para dokutah sekalian, terutama bagi para dokutah yang tidak memiliki Eyjafjalla. Serangan AoE milik Carnelian bisa dibilang sama kuatnya dengan Eyjafjalla. Jadi bagi para dokutah yang mendapatkannya jangan lupa untuk di build ya, karena dia worth banget kok.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~