Mythbuster: E2 Rame VS E2 Sedikit tapi Max Level?

Pertanyaan

Beredar pertanyaan mengenai mana yang lebih bagus, E2 rame tapi levelnya biasa saja atau E2 sedikit tapi Max level? Ini merupakan pertanyaan yang cukup menarik untuk dibahas secara objektif dan berbasis data karena…

Jujurlah, farming LMD itu melelahkan, tapi apakah benar lebih baik punya E2 dalam jumlah tapi level rata 20 saja semua, atau punya E2 dalam jumlah sedikit tapi Max level?

Mari kita bahas secara mendetil.

Sauce: https://www.youtube.com/watch?v=lD85-dAq0kc

Fakta

Proses untuk mempromosikan operator untuk mencapai E2 adalah proses yang tidak mudah dan membutuhkan banyak sanity (baik sanity di dalam game maupun sanity secara harfiah).

Proses E2 membutuhkan:

  • Operator yang sudah E1 dan level maksimal (tergantung rarity)
  • LMD dalam jumlah besar (Jessica minta uang)~
  • Mats yang merepotkan
  • Proses farming chip yang menyebalkan

Namun banyak operator yang setelah mencapai E2 (terutama operator 6*) menjadi sangat berguna dan fungsi serta skillsetnya naik drastis.

Dari sekian banyak bagian yang dibutuhkan untuk mempromosikan operator mencapai E2, bagian yang sebenarnya sangat menyebalkan dan melelahkan adalah menaikkan level operator tersebut.

Tidak hanya proses ini membutuhkan battle record dalam jumlah banyak, namun juga LMD yang tidak kalah banyak.

Mari kita catat beberapa fakta penting mengenai proses farming LMD dan battle record di Arknights:

SANITY

  • LS-5 membutuhkan 30 sanity dan memiliki output total 7500 EXP. Stage ini tersedia setiap hari.
  • Battle record (1000 EXP) dapat dibuat di factory setiap 3 jam sekali (maksimal 40 buah (5 factory 1 trading post) dalam 1 hari (tanpa boost dari operator).

LMD

  • CE-5 membutuhkan 30 sanity dan memiliki output total 7500 LMD. Stage ini tersedia pada hari tertentu saja.
  • LMD (1000 sampai 2000 LMD) dapat dibuat di trading post setiap 2-4 jam sekali, namun membutuhkan pure gold dari factory untuk setiap LMD yang ada.

Disini dapat dilihat bahwa proses farming LMD sedikit lebih ribet dibandingkan dengan proses farming battle record, baik secara farming dari stage maupun secara pasif di base.

Selanjutnya, mari kita lihat beberapa fakta mengenai jumlah EXP dan LMD yang dibutuhkan untuk naik level ketika suatu operator telah memiliki promosi E2.

Diatas ini adalah tabel khusus yang dapat digunakan untuk menghitung berapa kali kamu harus mengulang stage LS-5 untuk menaikkan level satu operator.

Misal jika operatormu sekarang berada di level 20 dan kamu ingin mencapai level 80, maka cukup cari kolom 20 dan cari baris 80, berarti kamu harus mengulang LS-5 sebanyak 44 kali (sekitar 330000 EXP) agar memiliki cukup battle record untuk menaikkan level operator tersebut.

Tentu saja, kamu tidak hanya membutuhkan battle record saja untuk menaikkan level operator tersebut, kamu juga membutuhkan LMD.

Diatas ini adalah tabel khusus yang dapat digunakan untuk menghitung berapa kali kamu harus mengulang stage CE-5 untuk menaikkan level satu operator.

Misal jika operatormu sekarang berada di level 20 dan kamu ingin mencapai level 80, berarti kamu harus mengulang CE-5 sebanyak 47 kali (sekitar 352500 LMD) agar memiliki cukup LMD untuk menaikkan level operator tersebut.

Diatas ini adalah tabel farming gabungan LS-5 dan CE-5 untuk setiap levelnya.

Misal jika operatormu sekarang berada di level 20 dan kamu ingin mencapai level 80, berarti kamu harus mengulang secara total (LS-5 dan CE-5) sebanyak 91 kali (2730 sanity) agar memiliki cukup LMD dan battle record untuk menaikkan level operator tersebut.

Pembahasan

Sebagaimana dapat dilihat pada beberapa tabel yang sudah disediakan diatas, proses farming untuk menaikkan level operator dimulai dengan cukup mudah, terutama dari untuk 40 level pertama, cukup dengan 6x LS-5 dan 4x CE-5 (300 sanity) 1 operator E2 level 1 sudah dapat mencapai level 40.

Namun jika ingin menaikkan level 40 sampai ke 80, butuh 39x LS-5 dan 44x CE-5 (2490 sanity) untuk mencapai level tersebut, padahal sama-sama 40 level.

Contoh yang lebih ekstrem dapat dilihat dari level 85 sampai level 90, dimana meskipun hanya menaikkan 5 level saja, jumlah sanity yang dihabiskan bernilai 1200 sanity.

Dari sini dapat ditarik suatu kesimpulan sementara bahwa proses menaikkan level mulai terasa sangat berat setelah E2 level 40 dan akan semakin berat setiap kenaikan 5 level.

Jika dilihat dari jumlah sanity yang dikeluarkan untuk menaikkan level, maka akan timbul suatu pertanyaan.

“Emang worth apa naikin sampe level Max?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita ambil contoh beberapa operator dan mari kita lihat stats terpentingnya untuk melakukan perbandingan yang objektif.

Tabel diatas adalah stats ATK dari operator Exusiai dari level 1-90 dan jumlah sanity yang dibutuhkan serta berapa besar peningkatan ATKnya untuk setiap rentangnya.

Dari sini dapat dilihat bahwa jumlah seperti pada level 10 ke 20 yang hanya membutuhkan 90 sanity, Exu mendapatkan 12 ATK, dimana artinya setiap 1 ATK “berharga” 7.5 sanity.

Namun pada level yang lebih tinggi seperti pada level 70 ke 75, proses tersebut membutuhkan 510 sanity dan Exu hanya mendapatkan 5 ATK saja, dimana ini artinya ATK tersebut “berharga” 85 sanity.

Satu lagi tabel perbandingan disuguhkan, kali ini menggunakan operator Saria dengan melihat stats DEF dan HPnya. Hampir sama dengan kasus Exu, semakin tinggi levelnya, semakin mahal pula harga sanity yang dibutuhkan untuk peningkatan tersebut.

Dari sini kita dapat menjawab pertanyaan yang disuguhkan diatas, yaitu apakah worth menaikkan level sampai ke Max? jawabannya adalah TIDAK, karena stats yang didapatkan setelah level 60 keatas tidak terlalu signifikan serta jumlah sanity yang dibutuhkan terlalu besar.

Sanity tersebut jauh lebih baik dialokasikan untuk menaikkan level operator lain yang masih rendah karena pada level yang lebih rendah, jumlah sanity yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dan “harga” sanity per stats juga masih cukup rendah.

Dari sini juga dapat kita beri titik potong level yang worth untuk dinaikkan ke E2 jika dilihat dari sudut pandang sanity yang dibutuhkan adalah sekitar level 40-55, dimana jumlah sanity yang dibutuhkan masih relatif sedikit. Sementara pada level 60 keatas, jumlah sanity yang dibutuhkan sudah terlalu tinggi dan stats yang didapatkan sudah terlalu kecil.

Kesimpulan

Jadi, manakah yang lebih worth? E2 dalam jumlah banyak tapi level lebih rendah, atau E2 dalam jumlah sedikit tapi Max level?

Hal ini dapat dijawab tergantung dengan apakah kamu mau meng-whale Orginite Prime untuk sanity atau tidak?

Namun jika dilihat dari sudut pandang player F2P, E2 dalam jumlah banyak tapi level lebih rendah lebih worth ketimbang E2 dalam jumlah banyak tapi level Max.

Hal ini tentunya belum memperhitungkan mengenai mats dan item yang dibutuhkan untuk mencapai E2 itu sendiri.

Meskipun demikian, Arknights adalah game yang sangat menghargai tim yang balanced sehingga tidak ada titik lemah tertentu yang dapat menjadikan sebuah tim menjadi tidak solid.

 

Tabel LS-5 dan CE-5 bersumber dari data yang dikompilasi secara manual dari:

https://aceship.github.io/AN-EN-Tags/aklevel.html

Tabel Exusiai dan Saria bersumber dari data yang dikompilasi secara manual dari:

https://aceship.github.io/AN-EN-Tags/akhrchars.html