Review Operator Indigo- Sang Pengembara Dari Iberia

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 4 yakni Indigo. Indigo merupakan operator Caster dengan archtype Mystic. Seperti biasa Rengnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan juga sinergi Indigo dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita cek bersama sama profile dari Indigo.

Indigo merupakan operator dengan ras Phidia, dan sebelum bergabung dengan Rhodes Island ia merupakan seorang penjaga magang mercusuar didaerah Iberia. Lebih tepatnya Indigo berasal dari daerah dengan nama Rocky Coast. Tempat tinggal Indigo memiliki satu mercusuar yang menjulang tinggi, dan menjadi penerang didalam kegelapan malam. Dari masa ia kecil Indigo selalu kagum dan terpesona atas mercusuar tersebut. Meskipun begitu seluruh orang didesa Indigo selalu menceritakan hal sama, mengenai bagaimana tempat mercusuar tersebut sangat seram. Banyak monster laut yang sering keluar di pantai tempat mercusuar tersebut berada. Meskipun begitu Indigo tertarik atas keunikan mercusuar tersebut. Akhirnya pada suatu hari Indigo pun mengunjungi tempat yang selalu di kagumi olehnya itu.

Disanalah Indigo bertemu dengan gurunya seorang wanita tua dengan ras Liberi. Pada awalnya sang wanita tua ini tidak senang atas kehadiran Indigo. Namun setelah melihat ketulusan hati Indigo, maka hatinya pun luluh dan memutuskan untuk menjadikan Indigo sebagai penerusnya. Sang wanita tua mengajari Indigo mengenai origium arts dan bagaimana merawat mercusuar. Sampai pada suatu hari sang guru mengunci mercusuar dari dalam, dan tidak membiarkan Indigo masuk. Sang guru mengatakan bahwa Indigo harus menempuh perjalanan sendiri dan bertemu lebih banyak orang lagi. Mengumpulkan pengalaman dan berbagai pengetahuan baru sebelum sang guru menyerahkan tanggung jawab menjaga mercusuar kepadanya.

Setelah itu Indigo pun pergi meninggalkan Rocky Coast dan memulai perjalannya sendiri. Pada suatu ketika dirinya bertemu dengan Blue Poison dan Glaucus. Kedua operator Rhodes Island tersebut akhrinya membawa Indigo ke Rhodes Island, dan setelah berbicara dengan pihak HR Indigo pun resmi bergabung dengan Rhodes Island sebaai salah satu operator. Di Rhodes Island inilah Indigo akhrinya mengetahui maksud sang guru mengapa ia harus melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan sang guru ingin Indigo untuk memulihkan cahaya kehidupan yang telah redup untuk mercusuar yang akan ia jaga nantinya.

Class:

Traits:

Serangan memberikan arts damage

Ketika tidak ada target dalam jangkauan serangan, dapat melakukan charge terhadap normal attacknya. Charge ini memiliki batasan hingga 3 charge.

Jangkauan Serangan

Sebelum di-promote menjadi E1

Setelah di-promote menajdi E1

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Gentle Binding Gaze

Ketika menyerang ada kemungkinan 12% memberikan debuff [Bind] terhadap musuh selama 4 detik. Efek ini tidak akan berpengaruh terhadap musuh yang sudah terkena debuff [Bind]. (E1)

Ketika menyerang ada kemungkinan 18% memberikan debuff [Bind] terhadap musuh selama 4 detik. Efek ini tidak akan berpengaruh terhadap musuh yang sudah terkena debuff [Bind]. (E2)

Menambahkan +2% terhadap kemungkinan tiap serangan memberikan debuff [Bind], ketika memiliki Indigo potential 5.

Base Skill

Ketika ditempatkan pada dormitory meningkatkan mood terhadap 1 operator yang memiliki tingkatan mood dibawah batasan normal secara acak sebantak +0.55/jam. Jika efek ini menarget operator Blue Poison maka menambahkan restorasi mood sebanyak +0.45/jam. (E0)

Ketika ditempatkan pada power station meningkatkan kecepatan pemulihan drone setiap jamnya sebanyak +10% (E0)

 Ketika ditempatkan pada power station meningkatkan kecepatan pemulihan drone setiap jamnya sebanyak +10% (E1)

 

Stats:

Indigo merupakan operator  bintang 4 Caster, dan merupakan operator kedua dalam archype Mystic. Jika ingin membandingkan stat dengan Mystic lainya yakni Iris, tentunya stat Indigo rendah disemua aspek. Hal ini dikarenakan memang yang membuat Indigo bersinar bukan dari kemampuan mengalahkan musuh dengan perpaduan stat besar+skill mematikan. Meskipun begitu jika dibandingkan dengan caster lainnya Indigo merupakanc Caster dengan ATK tertinggi kedua.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik Indigo ketika aktif akan mengubah jangkauan serangannya menjadi satu garis lurus. Kemudian serangan Indigo akan menjadi lebih cepat dan dirinya juga akan mendapatkan tambahan ATK. Skill ini memiliki durasi selama 4 detik. Skill ini biasanya digunakan untuk membeli Indigo cukup waktu mencharge serangan miliknya, dan melontarkannya ke satu musuh. Skill ini meskipun bagus untuk menuke satu target, sayangnya banyak operator lain yang dapat melakukannya lebih baik. Membuat skill ini tidak terlalu bersinar ketika digunakan oleh Indigo.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Indigo merupakan skill yang membuat Indigo masih unik sebagai Mystic Caster. Ketika skill ini aktif serangan interval Indigo akan menurun, membuatnya dapat menyerang lebih cepat. Kemudian efektivitas talent miliknya meningkat, dan musuh yang terkena debuff [Bind] dalam jangkauan serangan miliknya akan terkena art damage DoT setiap 0.5 detik. Skill ini memperlihatkan kemampuan Indigo sebagai operator crowd control yang tidak hanya bisa melakukan crowd control dengan debuff [Bind[ saja, dirinya juga meningkatkan efektifitas dps untuk team lain yang juga menggunakan debuff [Bind]. Hal ini membuat dirinya sebagai operator yang bisa dipadukan dengan operator seperti Ethan,Magallan, Frost dan lain sebagainya.

Sinergi

Ptilopsis/Mostima

Keduanya memiliki sinergi yang baik dengan Indigo karena Ptilopsis dan Mostima dapat mempercepat pengisian SP milik Indigo. Hal ini akan memungkinkan Indigo lebih sering menggunakan skill miliknya. Namun harus diingat bahwa efek dari talent milik Ptilopsis dan Mostima tidak saling stack, menyebabkan dokutah harus memilih salah satu dari mereka.

Operator yang dapat memberikan debuff [Bind]

Gambar diatas merupakan list operator yang dapat memberikan debuff [Bind]. Namun tentunya operator Ethan dan Maggallan merupakn kandidat operator yang memiliki kompaktibilitas tinggi dengan Indigo. Hal ini dikarenkan keduanya memiliki kemampuan [Bind] yang konstan dan ketika timing penggunaannya dipaskan dengan Indigo sudah pasti musuh tidak akan bisa bergerak, dan pada saat yang sama musuh tersebut akan terkena DoT  dari efek skill 2 Indigo.

Kesimpulan

Indigo merupakan operator caster archtype mystic yang berfungsi sebagai crowd control(CC) operator. Kemampuan CC miliknya dapat bersinergi dengan operator CC dengan efek [Bind] lainnya, membuat target tidak dapat bergerak. Meskipun role yang ia berikan kepada Arknights tidak berbeda layaknya Ethan atau Magallan keberadaanya untuk team CC sangat membantu. Jadi bagi para dokutah yang ingin menaikan Indigo tidak usah ragu, dirinya bisa banget digunakan dalam team [Bind]

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~