Shonen Jump is Best Benjoyed Cover to Cover: Event Kolaborasi Paling Kocak Sepanjang Sejarah Granblue Fantasy!

Shonen Jump is Best Benjoyed Cover to Cover: Event Kolaborasi Paling Kocak Sepanjang Sejarah Granblue Fantasy!

Kalian tidak salah baca. Judul ini juga tidak melebih-lebihkan. Lagipula, siapa yang tidak kenal dengan franchise sepanjang 15 tahun dan terkenal hobi memparodikan apapun? Bahkan Gintama sendiri pernah menyebut nama Granblue secara spesifik di salah satu episode-nya dan aktor Live Action mereka, Suda Masaki juga menjadi bintang iklan Granblue Fantasy sebelum event ini rilis. Ditambah lagi, dua karakter utama di Gintama (Gintoki dan Kagura) juga memiliki pengisi suara yang sama dengan Vyrn dan Drang. Bisa dibayangkan seberapa seru dan kocaknya event ini meskipun bukan April Mop!

Story

Bagi kalian yang belum pernah membaca atau nonton Gintama, ada sedikit perkenalan seputar seri ini di bagian prolog. Mengambil era Edo, para samurai di sana hidup dengan damai sampai kedatangan alien. Di tengah-tengah keunikan antar zaman kuno dan kecanggihan teknologi alien, Shinpachi bekerja di kantor serabutan bersama Gintoki dan Kagura. Mereka sering diminta untuk menyelesaikan pekerjaan apapun, mulai dari hal yang remeh-temeh hingga menyelamatkan dunia. Meskipun sepintas mereka bertiga tidak terlalu menyakinkan, namun Gintoki adalah veteran perang dengan julukan ‘White Demon’ dan Kagura adalah keturunan suku Amanto yang dikenal sebagai makhluk terkuat se-galaksi.

Suatu hari, saat mereka bertiga sedang tidak ada pekerjaan dan Gintoki asyik membaca Shonen Jump (komik di mana Gintama diterbitkan), tiba-tiba ia tersedot ke iklan Granblue Fantasy yang ada di halaman belakang komik tersebut. Alih-alih sedih karena terjebak ke dunia lain, Gintoki dan kawan-kawannya justru senang karena mereka bisa menjadi karakter kolaborasi di game ini. Seperti event-event kolaborasi sebelumnya, mereka cukup menunggu sampai Gran dan kru Grancypher datang untuk menyelamatkan mereka. Namun tiga hari sudah berlalu dan Gintoki tidak bertemu siapa-siapa di tempat tersebut. Lebih parahnya lagi, mereka diserang oleh segerombolan monster dalam keadaan lapar dan lelah. Di tengah-tengah kesadaran yang hampir menghilang, Gintoki dan kawan-kawan diselamatkan oleh seorang pria. Setelah mereka bertiga makan dan beristirahat yang cukup, pria yang biasanya disebut NPC itu bercerita kalau ia sedang menyelidiki retakan antar dimensi di langit tempat Gintoki ditemukan. Meskipun Gintoki sedikit kecewa karena ia sebagai karakter utama seharusnya bertemu dengan Gran, namun ia tetap membantu NPC sebagai balas budi. Apalagi setelah mendengar latar belakang NPC yang ditinggal istri dan anak karena ia terlalu fokus mengejar cita-cita, hati Gintoki semakin luluh. Tugas mereka cukup menemukan meriam milik NPC, lalu bawa kembali ke gudang untuk direparasi kembali.

Di sisi lain, Gran dan kru Grancyper mendapat laporan dari Sierokarte tentang retakan antar dimensi. Mereka langsung menyelidiki ke area yang dimaksud dan bertemu dengan Hijikata dan Okita. Sebagai ucapan terima kasih, Hijikata dan Okita menawarkan bantuan tambahan. Selain itu, mereka berdua juga terkenal sebagai anggota Shinsengumi yang paling kompeten di seri Gintama. Setelah mencari bukti dan saksi mata, Hijikata dan Okita terkejut karena senjata yang digunakan untuk membuat retakan tersebut sama seperti yang ada di seri Gintama, yaitu Neo Armstorng Cyclone Jet Armstrong Cannon.

Gintoki sebagai pihak yang menemukan meriam tersebut juga terkejut dengan alasan yang sama, apalagi setelah NPC sendiri mengaku kalau ia sebenarnya adalah tokoh antagonis yang bercita-cita untuk menghancurkan dunia. Seakan semua itu belum cukup buruk, mereka didatangi oleh Hijikata dan Okita tepat setelah NPC tersebut kabur. Gran dan kru Grancypher hampir menuduh Gintoki sebagai rekan NPC, namun Hijikata dan Okita tidak yakin karena Gintoki bukan tipe antagonis meskipun mereka saling berseteru di seri Gintama. Setelah mereka berhasil menjelaskan kesalahpahaman tersebut, Gintoki membujuk NPC agar menghentikan Neo Armstrong dan mengejar cita-citanya yang lain; keluarga lamanya. NPC tersebut akhirnya luluh, namun Neo Amstrong sudah terlanjur di luar kendali. Apa Gintoki dan Hijikata berhasil menghentikan Neo Armstrong dan kembali ke dunia asal mereka?

 

Notable Rewards

Selain Trio Yorozuya (Gintoki, Kagura, Shinpachi) dan Shinsengumi (Hijikata & Okita) yang bisa didapatkan secara gratis setelah menyelesaikan Event Story, kalian juga bisa menukar Treasure dengan hadiah lain seperti Premium 10-Part Ticket, Damascus Crystal dan Summon Katsura & Elizabeth. Segera lengkapi koleksi Gintama ini sebelum event berakhir!

 

Bonus Joke

Selain humor dewasa, parodi dari berbagai anime seperti Dragon Ball dan Jujutsu Kaisen, Gintama juga dikenal dengan ‘Breaking the 4th Wall’ karena karakter-karakternya sadar dengan eksistensi diri sebagai anime dan penontonnya. Bahkan tak jarang komikusnya sendiri curhat di komik kalau gajinya tidak sebanding dengan kerja keras dan popularitas Gintama selama ini. Berikut ini iklan kolaborasi Granblue Fantasy dengan Gintama dan cuplikan percakapan mereka saat hari pertama (baca dari bawah sampai atas).