[V-Music Spotlight] Pack-A-Banger Edition

Selamat datang di rubrik yang spesial membahas lagu-lagu yang telah diedar oleh virtual youtuber tiap minggunya. Kali ini kita ganti nama biar ga mesti stuck di hari minggu. Walau ganti nama, yang penting isinya tetap sama kok.

Minggu ini ada beberapa lagu spesial yang rilis. Kalian bisa melihat, kalau komposisi lagu orisinalnya banyak berarti ada banyak event yang terjadi sepanjang minggu ini.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita dengarkan lagu-lagu pilihan di minggu ini.

Surges - Kizuna AI (Cover)

 

Dimulai dari Oyabun tercinta kita, kali ini beliau menyanyikan lagu yang masih fresh sampai kapanpun didengarr dari ORANGESTAR. Lagu ini aslinya dirilis untuk iklan suatu produk, tapi pesan dalam MV aslinya menunjukkan keterhubungan yang kuat dengan situasi terkini saat lagu ini dirilis, COVID-19 dan semangat olahraga olimpiade Jepang 2020.

Agak sulit sebenarnya untuk menyanyikan lagu ini, karena ada bagian yang jelas liriknya dinyanyikan secara cepat tetapi memiliki nada yang melingking. Semuanya itu dibabat habis oleh Oyabun tanpa ampun. Sasuga our empress, masih menunjukkan kualitasnya meski generasi vtuber terus berkembang.

Tokikusuri - nayuta (Original)

Nayuta adalah penyanyi yang luar biasa. Ia menfokuskan channel youtubenya untuk konten musik. Minggu kemarin adalah ulang tahunnya, dan tentu saja penggemarnya dihibur dengan live musicnya yang sudah sering dilakukan sebelumnya.

Masih hangat dalam suasana ulang tahun, nayuta merilis MV lagu orisinalnya yang berjudul Tokikusuri. Lantunan piano dengan suaranya yang lembut menggambarkan ciri khas suara nayuta. Begitu indah, bahkan terlalu indah untuk didengar.

Lagu ini juga ada versi yang dinyanyikan oleh Kaf yang diupload juga di channel nayuta.

Phony - Yamagami Karuta (Cover)

Akhirnya saya bisa memasukkan nama Karuta dalam list V-Music. Saya sudah beberapa kali mendengarkan siaran Karuta ketika karaoke, jadi tentu saja saja percaya Karuta bisa membawakan cover yang worth untuk masuk dalam list V-Music. Lagu Phony ini menjadi buktinya, suaranya cukup balance dalam mengimbangi irama lagu tersebut. Ditunggu cover-cover selanjutnya, Kujou Sara jadi Vtuber.

Phony - Petra Gurin (Cover)

Another phony on this list karena lagu ini lagi trending. Kali ini talenta dari NIJISANJI EN, si penguin Petra Gurin. Suara penguin yang satu ini juga ga kalah oke loh. Cover phonynya bisa saya katakan bagus, bagus sekali. More please?

Moonlight Densetsu - NoelPasta (Cover)

Siapa yang tidak kenal dengan serial Sailor Moon? Nah ada juga vtuber yang membawakan lagu legend ini baru-baru ini. Nama NoelPasta mungkin jarang kamu dengar, tetapi kalian akan langsung mengerti kenapa namanya bisa ada di sini karena dirinya cukup konsisten dan asik kalau didengar suaranya. Langsung aja yang belum kenal, cek channelnya!

Umapyoi Densetsu - Hololive (Cover)

Mencantumkan nama Hololive sebagai pelaku cover, ada nama Aqua, Fubuki, Mio, Rushia, Marine, dan Kanata yang menyanyikan lagu imut ini. Lagu yang sudah tidak asing lagi bagi pemain game Uma Musume Pretty Derby. CGDCT-nya sangat kental dalam cover lagu ini. Uwoghh!! So cute!!

Kataomoi - Reza Avanluna (Cover)

Tatoeba, Tatoeba

Ejak kalau udah nyanyi ditambah gitar, beuh! Udah ga ada obat! Nice cover dari lagu Aimer. Cocok dengan setting simplenya. Perlukah saya menulis: "ditunggu cover selanjutnya?" A bit fun fact from this: Yes, it's just a quick cover. Suddenly this song came to mind and well, I did everything in a day." - Reza Avanluna, 2021.

Yume no Naka He - Glizaren III & Lee Roha (Cover)

Gilzaren III, all of the name, with Roha Lee? Uhuhu~ Wholesome sekali collab cover satu ini. Bikin yang denger senyum-senyum sendiri. Hayo ngaku kalian! 

Make Ibe JikkyŨ Pray - VESPERBELL Kasuka (Cover)

Animenya baru tamat, saya ga nyangka ada vtuber yang cover lagunya secepat ini. Lagu ini adalah ending theme dari anime Deatte 5-byou de battle atau yang lebih sering dikenal dengan nama Battle Game in 5 Seconds. Sangat cocok dengan karakter suara Kasuka. 

S'il Vous President - Kohigashi Hitona (Cover)

Argh, Hitona so cute! MV-nya juga dibuat imut banget! Apalagi pas dia panggil "Sensei", you know what I'm feeling when I heard that phrase. Mweheheh, keluarlah senyuman surga saya!

Hearts - Tokoyami Towa (Cover)

Saya memang bukan fans fanatik Towa, tapi saya tahu Towa mempunyai karakter suara tersendiri yang bisa mengatasi lagu-lagu semacam ini. Lagu ini seakan sudah menjadi milik Towa ketika ia mulai menyanyikannya. Blessed cover!

CHO-DARI - Kano (Cover)

Another dose of cuteness di edisi kali ini. Kali ini dari utaite terkenal yang sudah mendapat status vtuber. Meski channel vtubernya sekarang lebih fokus ke konten non-game, tetapi saya akan tetap memasukkan Kano ke dalam V-Music kalau emang sudah tidak bisa ditawar lagunya seperti yang satu ini. Bagaimana mungkin saya skip cover Kano yang satu ini?

Never Gonna Give You Up - Jaret Fajrianto (Parody Cover)

Jebakan betmen yang udah sering banget menjebak netizen. Akhirnya Jaret ngeluarin versi parodinya. Walaupun sering dicap jebakan, tetapi lagunya tetap asyik kok didengar. Eh, itu menurutku sih, kalau kamu?

Authopaghy - Aru (Cover)

Sebentar lagi bisa-bisa saya dicap sebagai fans berat Aru. Habisnya tiap minggu Aru selalu rilis lagu-lagu yang high quality dan tidak bisa diabaikan. Sudah tidak bisa lagi saya berkomentar terhadap lagunya, kalian dengarkan saja sendiri dan kalian bisa mengerti maksud saya.

Stellar Stellar - Hoshimachi Suisei (Original)

Album pertama Suisei yang pertama kali dirilis langsung melejit mengisi tempat top lagu-lagu hits. Kalian yang sudah tahu cerita Suisei dari perintisannya bisa merasakan betapa bermaknanya lirik dari lagu ini.

"Datte boku wa hoshi dakara" mengawali lagu tersebut dan mengakhiri bagian reffnya. Man, I can't hold my tears when I hear that. Bagian orkestranya juga luar biasa. Tidak bisa saya expect ada part pre-chorus seindah ini dengan lanjutan reff ala EDM. Sukses selalu Suisei untuk ke depannya!

God Sees All - Ethyria (Original)

NIJISANJI EN dengan segala speed run any RTA% debutnya selalu membuat saya terheran-heran. Tiap kali debut lengkap rilis lagu sepaket dengan acaranya. This song is really banger. Good song writing by ChibaNyan. Kesannya seperti lagu Touhou saat lirik Jepangnya muncul, dan pas liriknya inggris yang dinyanyikan sudah vibenya beda lagi. Langsung nyantel di kepala lagunya. 

God Knows - Domyoji Cocoa (Cover)

Ketika saya mendengar cover Cocoa yang satu ini, langsung saya teringat: apakah Cocoa pernah menyanyikan lagu ini sebelumnya? Karena saya merasa aneh kalau ini baru pertama kali dibawakan oleh Cocoa. Lagu God Knows seharusnya sudah sangat cocok dengan Cocoa dan saya bisa merasakan hal itu.

Flashback ke belakang ternyata channel Cocoa Music sudah pernah mengcover lagu ini. Untungnya MVnya belum hilang. Tidak bermaksud membandingkan lebih jauh, tetapi inilah yang dinamakan sensasi nostalgia. Pergerakan tangan yang melakukan rhythm pada gitar cukup bagus, begitu pula dengan ekspresi yang dikeluarkan Cocoa dalam MV ini. Ya, hampir sama dengan cover versi lamanya 2 tahun lalu. Feelnya tetap Cocoa, walau dengan suara yang berbeda.

Cocoa tetaplah Cocoa.

Sekian V-Music minggu ini, sampai jumpa di edisi berikutnya!