Review Operator Istina - Strategis Ursus Student Self-Government Group

Heyho dokutah kali ini Regnbue akan membahas salah satu operator bintang 5 yakni Istina. Istina merupakan operator supporter dengan archtype Slower. Seperti biasa Regnbue nantinya akan mengulas mengenai skill, kegunaan dan sinergi Istina dengan operator lain. Namun sebelum itu mari kita simak profile singkat dari Istina terlebih dahulu.

Istina merupakan operator dengan ras Ursus, dan merupakan anak SMP biasa sebelum terjadinya insiden Chernobog. Ketika dimasa sekolah Istina menulis beberapa artikel dengan tema originium arts, sosiologi dan literatur misteri. Setelah insiden Chernobog dirinya dan anak anak Ursus Student-Self Government Group bergabung dengan Rhodes Island. Setelah melewati serangkaian test kesehatan dan bakat, diketahui bahwa Istina bukan merupakan infected dan memiliki bakat dalam mengendalikan originum art.

Istina sendiri memiliki kepribadian yang tenang, rasional dan introvert. Terkadang dirinya sering terlihat sangat fokus sekali dalam melakukan hobinya seperti mempelajari originium art, teori sosiologi terbaru, observasi interaksi antar operator dan fesyen. Pihak Rhodes Island pun melihat betapa antusiasnya Istina berusaha untuk berinteraksi. Hal ini pun membuat Istina menjadi juru bicara pihak Ursus Student-Self Government Group ketika melakukan negosiasi dan perundingan dengan pihak Rhodes Island.

Meskipun awalnya  Ursus Student-Self Government Group dicetuskan oleh Istina, yang bertugas menjadi pimpinan dari group ini adalah Zima. Hal ini dikarenkan menurut Istina Zima merupakan pimpinan yang kompeten. Bahkan ketika pihak Rhodes Island menginterview Istina dan memberikan banyak poin negatif mengenai Zima, Istina memberikan point berbeda dari Rhodes Island dan memberikan pendapat bahwa pihak Rhodes Island jangan meremehkan kemampuan Zima. Istina pun menjamiin bahwa Zima tidak akan menjadi sosok yang tidak stabil dan membahayakan tim Ursus Student Self Government Group.

Class:

Traits:

Melakukan serangan tipe art damage dan setiap serangan memberikan debuff [Slow]. Durasi [Slow] yang diberikan dari setiap serangan ini berlangsung selama 0.8 detik.

Jangkauan Serangan

Potensial

Trust Stats Bonus

Talent

Explorer

-35% DEF & ASPD +18 (E2)

Jika memiliki Istina potential 5 maka tambahan ASPD menjadi +23 ASPD.

Base Skill

Ketika ditempatkan pada training center maka akan mempercepat training untuk operator supporter sebanyak 30%.

Skill ini bisa didapatkan bilamana telah meningkatkan Istina menjadi E2

Ketika ditempatkan di reception room maka akan meningkatkan kecepatan mendapatkan clue sebanyak +10%. Kemudian akan mempermudah mendapatkan clue milik Ursus Student Self-Governing Group / Clue 4.

Stats:

Istina merupakan supporter bintang 5 dengan archtype slower. Jika dibandingkan stat Istina dengan operator bintang 5 dalam archtype yang sama yakni Glaucus. Istina memiliki stat ATK dan DEF lebih tinggi, dan HP lebih rendah daripada Glaucus. Namun ketika kita tambahkan talent kedalam perbandingan ini Istina hanya memiliki ATK lebih tinggi dari Glaucus. Hal ini tentunya bersinergi baik dengan role milik Istina sebagai operator slower dps. Karena stat ATK miliknya bersinergi dengan baik dengan talent ataupun skill miliknya. Untuk melihat lebih lanjut mengenai skill dari Istina mari kita cek bersama sama dibawah ini.

Skill.

Tipe pengisian SP:Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill pertama milik Istina ketika aktif akan mengurangi serangan interval miliknya. Hal ini akan mempercepat serangan milik Istina. Membuat Istina akan lebih konstan memberikan debuff [Slow] terhadap musuh yang diserang olehnya. Kemudian dengan base ATK Istina yang tinggi bagai archtype slower pada rarity bintang 5, membuat dirinya juga bisa memberikan damage cukup berarti terhadap target yang ia serang. Sayangnya skill ini kurang begitu popular karena kalah bersaing dengan skill 2 milik Istina yang memberikan lebih banyak utilitas ketimbang skill 1 miliknya.

Tipe pengisian SP: Otomatis

Tipe aktivasi skill: Manual

Skill kedua Istina ketika diaktifkan akan memperluas jangkauan serangan miliknya. Kemudian Istina juga akan mendapatkan tambahan +ATK, dan juga kemampuan untuk menyerang lebih dari 1 target. Hal ini membuat dirinya dapat memberikan debuff [Slow] untuk lebih banyak target, dan pada saat yang sama memberikan damage cukup signifikan selama sang target tidak memiliki RES tinggi.

Sinergi

Ptilopsis

Ptilopsis memiliki sinergi yang baik dengan Istina. Talent miliknya dapat membantu Istina untuk mengisi SP miliknya lebih cepat. Hal ini akan membuat Istina dapat mengaktifkan skill miliknya lebihc cepat.

Buffer & Debuffer

Warfarin, Aak, Pramanix, dan Sora sangat bsia membantu Istina dalam memaksimalkan DPS miliknya. Skill 2 dan talent milik Warfarin akan membantu Istina dalam mengisi SP dan menambahkan ATK Istina hingga 90%. Pramanix dapat memberikan debuff yang  akan membuat serangan Istina jauh lebih sakit. Sedangkan skill 2 milik Sora dapat meningkatkan ATK milik Istina maksimum sebanyak 385 ATK. Kemudian Aak dapat meningkatkan ATK dan ASPD milik Istina sebanyak +50% dan +50 ASPD

Nightmare

Sebagai salah satu operator yang dapat memberikan debuff [Slow] Istina bersinergi baik dengan Nightmare. Hal ini karena Istina dapat membantu Nightmare dalam memaksimalkan Skill 2 milik Nightmare. Dimana kemampuan [Slow] milik Istina akan membuat musuh yang terkena debuff skill 2 milik Nightmare terkena lebih banyak damage lagi.


Nian & Shining

Skill 3 milik Shining dan Nian sangat bersinergi baik dengan Istina jika dokutah berniat melakukan super buff terhadap Istina dengan menggunakan Aak. Hal ini karena skill 3 milik Shining dan Nian dapat membuat Range Operator dalam hal ini Istina tetap hidup dari15x 500 damage yang diberikan oleh Aak kepada dirinya.

Kesimpulan

Istina merupakan operator supporter archtype slower yang cukup bagus meskipun ter-outshine oleh Angelina dan Suzuran. Namun jika dokutah memang ingin menggunakan Istina karena waifu dirinya masih bisa cukup relevan dalam konten saat ini. Kelemahan terbesar milik Istina adalah DEF dirinya yang rendah, sehingga membuat dirinya cukup rawan untuk mati. Plus point untuk Istina selain kemampuan dirinya dapat memberikan debuff [Slow] tentunya VA dirinya yakni Yuuki Aoi doong.

Yak sekian artikel dari saya sampai jumpa di artikel berikutnya~~~