To Pull or Not Pull: Summoning Campaign 2 Summer 2021

Melengkapi dua artikel gacha musim panas FGO ini sebelumnya, kami datang dengan pembahasan Summoning Campaign part 2 musim panas kali ini!

Menghadirkan Kama yang hadir dalam kelas Avenger, Caenis dalam kelas Rider, dan Shonagon yang datang dengan kelas Berserker, bagaimana performa dari Servant-servant tergolong baru yang entah kenapa sudah mendapat edisi musim panas ini?

Berikut pembahasannya~


Kama (Avenger), Space Ishtar v2

Tak cukup mengguncang meta Quick ST dengan kehadirannya sebagai Assassin dahulu, ia kini datang dalam kelas Avenger untuk mengacaukan meta Arts, dalam sekejap langsung menempatkan dirinya sebagai alternatif bagi kalian yang mungkin sudah bosan menggunakan Dual Castoria bersama Space Ishtar.

Seperti versi Assassin-nya, Kama kembali hadir dengan Ascension yang berbeda drastis antara satu sama lain, menghadirkan dirinya dalam 3 usia berbeda.

Dari segi gameplay, kit Kama cenderung sederhana bila dibandingkan dengan SSR limited yang dirilis belakangan. Yang cukup gimmicky hanya skill ketiganya saja, yang membuat serangannya memberikan debuff yang membuat serangannya sendiri semakin kuat via stacking---juga Passive Skill-nya, yang sebanding dengan si Saber kembar yang merupakan gabungan dari dua orang.

Kama edisi musim panas ini punya 50% NP Charge, serta 30% Arts Up dan 20% NP DMG Up yang aktif selama 3 giliran. Dikombinasikan dengan NP-nya yang punya hitcount lumayan, serta Passive Skill khas Avenger yang memberinya sedikit NP Regen tambahan, kapabilitas Kama sebagai spammer Arts era baru tak perlu lagi diragukan.


Caenis (Rider)

Kalau kalian butuh monster Buster dari kelas Lancer, Caenis mungkin bisa jadi pilihan yang cukup bagus. Selain dari desainnya yang entah bagaimana betul-betul membuat ia terlihat jantan dan seksi di saat bersamaan, performanya dari segi gameplay juga terbilang sangat lumayan.

Pertama, ia punya kombinasi 20% ATK Up/30% Buster/Arts Up/Critical Up terhadap musuh laki-laki atau unknown yang aktif selama 3 giliran, membuat ia bisa memberikan tambahan damage yang konsisten. Dan kalau kalian ingin memanfaatkannya untuk melakukan serangan critical, kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah, karena Caenis tak hanya punya starbomb, namun juga punya star regen.

Dan kalau kalian sedang berada di Waterside Battlefield, Star Regen Caenis akan meningkat menjadi 20 bintang per giliran. ‘Nuff said.


Shonagon (Berserker)

Servant era Heian satu ini memang enggak ada aura Heian-nya. Sama seperti versi Archer-nya, Shonagon yang kali ini hadir dalam kelas Berserker ini juga masih memiliki NP Quick yang memiliki efek damage tambahan terhadap 3 target niche berbeda sekaligus: Lawful Alignment, Shadow Servant, dan Man Attribute, memberikan ia potensi 150% damage tambahan terhadap musuh tertentu.

Sisi bagusnya, karena Shonagon sekarang hadir dalam kelas Berserker, ia tak perlu lagi memasukkan kelas musuhnya ke dalam pertimbangan, memperluas potensi targetnya.

Sisi yang lebih bagus lagi, NP Shonagon Summer ini bertipe NP, membuat ia dapat lebih mudah diandalkan sebagai Lawful-Shadow-Man Killer.

Ia juga punya potensi critting yang cukup mematikan: 30% ATK Up/30% Critical DMG Up untuk 3 giliran, 100% Critical Up lagi untuk 1 giliran, Star Absorption yang lebih dari cukup baginya untuk merebut semua critical star untuk 1 giliran, dan tentunya, Star Bomb yang mencapai 25 Critical Star pada level 10 untuk memastikan bahwa ia akan bisa menggunakan serangan Critical-nya di giliran tersebut.

Belum lagi, ia juga punya 3 kartu Buster. Yep.


Jadwal Gacha

Sama seperti banner musim panas sebelum-sebelumnya, di banner ini juga Kama selaku SSR rate-up tunggal akan mendapatkan rate-up sepanjang durasi banner hingga tanggal 29 September nanti. Di sisi lain, Shonagon dan Caenis akan mendapatkan rate-up berganti-gantian seperti yang bisa kalian lihat pada jadwal di atas.

Bagaimana pendapat kalian tentang banner kedua musim panas 2021 ini?