Review I-19, Submarine Dengan Kemampuan Torpedo Penembus

Type B1 cruiser submarine – I-19.

Destroyers, carriers, battleships, I'll sink 'em all with one shot~! Hey, Commander, aren't I amazing? I am, right?

 

Halo, Hai, Shikikan sekalian! Kali ini kita akan membahas sebuah Submarine ganas dengan kemampuan atau skill yang unik, yaitu kemampuan penetrasi. Dia adalah I 19, sebuah submarine dari Sakura Empire dengan tipe B1. Nah, kemampuan unik dia itu tidak lepas dari kisah dia dulu. Jadi tanpa basa basi lebih lanjut, mari kita membahas si I 19 ini.

 

Kisah I 19~

I19.jpg

I-19 adalah kapal selam Tipe B1 Jepang yang merusak dan menghancurkan beberapa kapal musuh selama Perang Dunia II saat bertugas di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Saat Kampanye Guadalcanal berlangsung, dengan satu salvo torpedo, I 19 berhasil menenggelamkan kapal induk USS Wasp dan kapal perusak USS O'Brien serta merusak kapal perang USS North Carolina. Kisah lengkapnya berikut. 

 

Operation K

 

Tenggelamnya USS Tawon dan USS O'BrienEdit

 

Pada tanggal 15 September 1942, ketika berpatroli di selatan Kepulauan Solomon selama Kampanye Guadalcanal di bawah komando Komandan Takakazu Kinashi, I-19 melihat dan menyerang Wasp, sebuah kapal induk AS, menembakkan enam torpedo (satu salvo).  Tiga dari enam torpedo berhasil mengenai Wasp, menyebabkan kerusakan parah.  Dengan matinya aliran listrik, tim pengontrol kerusakan Wasp tidak dapat menahan api.  Dia ditinggalkan oleh awaknya dan ditenggelamkan.

 

Tiga torpedo yang tersisa dari penyebaran tadi bukannya meleset namun pergi menuju Battleship North Carolina dan menghantam dia dan juga Destroyer USS O'Brien. O'Brien tenggelam pada 19 Oktober 1942 dalam perjalanan untuk diperbaiki. North Carolina sendiri mengalami kerusakan yang signifikan dan menjalani perbaikan di Pearl Harbor hingga 16 November 1942.

 

Torpedo salvo I-19 menenggelamkan sebuah kapal induk dan kapal perusak serta merusak parah sebuah Battleship, menjadikannya salah satu torpedo salvo paling merusak dalam sejarah. 

 

Gugur

 

Pada tanggal 25 November 1943, pukul 20:49, 50 mil laut (93 km) barat Pulau Makin, kapal perusak USS Radford mendeteksi I-19 di permukaan dengan radar.  Setelah I-19 menyelam, Radford menyerang dengan serangan Depth Charge.  I-19 gugur dalam pertempuran ini. 

 

Skill I 19~

 

Skill Pertama, Fatal Perforation

"After entering battle for 8s, fires a wave of penetrating torpedoes. Torpedoes can penetrate once (Can hit up to 2 targets, armor piercing)."

 

Nah, skill ini sendiri terinspirasi dari kisah I 19 sendiri. Bayangkan, 1 salvo yang terdiri dari 6 torpedo berhasil menenggelamkan dua kapal serta merusak sebuah Battleship, seandainya itu berurutan, pasti skill ini menjadi "up to 3 targets." Dan, untuk skill ini sendiri, bagus. Terutama jika banyak musuh, sehingga menjadi sasaran empuk. 

 

Skill Kedua, Slow Torpedoes

"Decreases Torpedo speed by 10 knots and increases Torpedo damage by 4.5% (12%)."

 

Ini sinkron banget sih dengan skill satunya. 12% lebih banyak damage, dan mengenai musuh lebih banyak pula karena skill satu. Yah, pengurangan speed bisa diatasi dengan Auxiliary Hull design. 

 

Skil Ketiga, All Out Assault

"When entering the battle, triggers Full Barrage - I-19 I (II)."

 

Equipment I 19~

25300.png

Mark 20 "Bidder" Submarine Torpedo

Sebuah torpedo untuk submarine dengan stat oksigen standar. Mark 20 "Bidder" memiliki damage besar serta reload yang tidak terlalu lama atau cepat juga. Karena I 19 stat Oxy nya standar maka Bidder menjadi pilihan torpedo paling bagus. Kekurangan dari Bidder hanyalah kemampuan homing yang lemah. 

 

Pilihan lain dari paling bagus ke kurang bagus:

45400.png15100.png35500.png

G7e Acoustic Homing Submarine Torpedo, torpedo dengan kemampuan homing dengan damage bagus dan reload cepat. Lengkapi dengan Auxiliary Snorkel untuk hasil maksimal. G7e juga sangat cocok untuk I 19, mungkin bisa dibandingkan antara G7e dengan Bidder, mana nanti yang lebih banyak memberikan damage. 

Mark 16 Submarine Torpedo, SS torpedo dengan damage tersakit, namun reload sangat lama. 

Type 95 Submarine Torpedo, merupakan torpedo paling umum dan seimbang di segala sisi namun masih kurang bagus dibandingkan pilihan pilihan di atas. Kelebihan ini torpedo? Lebih mudah didapat dari jenis lain. 

 

#Secondary Gun (DD Gun): 

31000.png

Twin 100 mm Type 98 AA Gun

Submarine memiliki secondary gun dengan efisiensi rendah sehingga gun ini yang mana memiliki reload cepat menjadi pilihan terbaik. 

 

#Auxiliary: 

3120.png800.png

Snorkel + Pressure-Resistant Hull Design 

Snorkel untuk menambah stat Oxy, terutama jika menggunakan G7e atau torpedo selain Bidder. Hull design menambah movement speed serta jarak serangan pengguna untuk menutupi kekurangan yang muncul karena skill kedua. 

 

Role I 19~

Chibi

Role I 19 adalah sebagai DPS. I 19 lebih cocok dalam melawan musuh yang bergerombol daripada boss sebab skill pertama dia mampu melakukan Piercing sehingga musuh yang bergerombol adalah sasaran empuk untuk I 19.

 

Kemudian, jika ingin bermain dengan tim full damager maka bisa menggunakan dia, I 168, dan juga I 13. Jika ingin tambahan akurasi agar lebih pas sasaran serangannya maka kita bisa mengganti salah satu diantara I 168 atau I 13 dengan I 25. 

 

Keseluruhan~

 

I 19 ini merupakan submarine yang bagus. Yang kurang dari dia hanyalah signature tim. Dia tidak memberikan benefit apa apa dari tim, hanya menerima benefit. Though, bahkan dengan I 19 yang sekarang dia sudah bagus. Apalagi dengan tim seperti itu, lebih bagus lagi untuk I 19.

 

Sekian!