Hozoin Inshun, Biksu Sakti Prototype Superhuman Orion

Halo, Master sekalian!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Hozouin Inshun, salah satu Servant 3* permanen yang pertama kali diperkenalkan di Pseudo-Singularity Shimousa, dan baru-baru ini juga mendapatkan rate-up di campaign Hunting Quest 10 yang menghadirkan Hokusai sebagai bintang utamanya.

Bagaimana performa Servant yang digadang-gadang sebagai prototype Superhuman Orion ini? Yuk kita bahas.


Mengenal Hozouin Inshun

 

Hozouin Inshun adalah murid dari Hozouin In’ei, seorang biksu Buddha sekaligus sohei---penganut Buddha yang memiliki peran biksu sekaligus juga prajurit---yang menjadi kepala kuil Houzoin, sekaligus juga pengawas dari semua kuil yang ada di Nara. In’ei terkenal sebagai sosok yang mendirikan aliran bela diri menggunakan tombak Hozoin-ryuu pada pertengahan abad ke-16.

Aliran yang dibuat oleh In’ei menjadi terkenal karena selain memperkenalkan bentuk tombak baru yang bermata tiga---terinspirasi dari pantulan ujung tombaknya yang bertemu bayangan bulat sabit di permukaan air---aliran ini juga menjadi yang pertama yang mengenalkan cara menggunakan tombak selain untuk menusuk saja.

Walau pun telah mengajar Inshun dalam waktu yang cukup lama, di saat terakhirnya, In’ei meninggalkan aliran yang ia ciptakan sendiri dan berkata pada murid-muridnya untuk juga meninggalkan bela diri, karena menurutnya tidaklah benar bagi seseorang yang menyerahkan dirinya kepada sang Buddha untuk mengangkat tombak dan mempelajari cara bertarung.

Walau demikian, Inshun tidak meninggalkan tombaknya. Ia tetap mengejar ilmu bertarung, namun di saat yang sama juga tetap berada di jalan Buddha.

Obora-Ura-Zuki, Juuichi shiki, Noble Phantasm Inshun, adalah perwujudan dari seluruh ilmu bela diri yang ia pelajari. Di dalamnya terdapat kulminasi dari 11 teknik yang diciptakan oleh Inshun sendiri, yang kontras dengan 15 teknik resmi yang diajarkan oleh gurunya. Kuda-kuda dan teknik yang diciptakan oleh Inshun terkenal sebagai “teknik tombak yang mencapai Buddha dan para dewa”.


SKILL

 

Skill pertama Inshun memberikan ia kemampuan Ignore Evasion selama 3/5 giliran, membuat musuhnya tidak bisa berlindung menggunakan Evasion selama sebagian besar waktu Inshun berada di dalam pertarungan. Namun efek utama dari skill ini adalah efek keduanya, yang memberikan Inshun hingga 30% critical star generation tambahan selama 3 giliran.

Walau tidak seberapa, namun bagi Inshun yang merupakan Servant Quick yang berbasis pada solo gameplay, apalagi bila dikombinasikan dengan NP-nya yang memberikan ia efek tersebut lebih jauh lagi, skill ini bisa dibilang sudah cukup bagus bagi Inshun.

Skill kedua Inshun sendiri meningkatkan performa Quick-nya hingga 50% untuk 1 giliran saja, memberikan ia kemampuan untuk memberikan burst damage pada giliran skill ini dipakai. Selain itu, skill ini juga memberikan Inshun 100% flat debuff resistance tambahan selama 3/5 giliran, membuat ia kebal dari mental debuff selama lebih dari 60% waktu ia berada dalam battle.

Skill terakhir Inshun membuat Inshun bisa menyegel NP satu musuh untuk 1 giliran secara absolut, dan di saat yang sama memberikan efek DEF Down kepada mereka selama 3/6 giliran pada level 10 dengan nilai yang mencapai 20%. Menghadapi satu musuh, skill ini pada dasarnya seperti memberikan Inshun 20% daya serang tambahan kepada musuhnya.


NOBLE PHANTASM

Gimmick utama Inshun tak perlu diragukan lagi terletak pada NP-nya. Dibandingkan dengan NP Inshun, ketiga skill-nya lebih terasa seperti pelengkap.

NP Inshun memberikan ia 50% ATK Up selama 3 giliran (pada NP5, yang mana sangat mudah didapat karena kalian bisa memanggil dia melalui FP Summon kapan saja), 100% Critical Up selama 3 giliran, Instant Kill Immunity untuk 1 giliran, dan Evasion untuk 1 kali serangan, ditambah terakhir juga 100% Critical Star Generation Up selama 3 giliran juga.

Jadi bisa kalian bayangkan sendiri. Dengan menggunakan NP-nya, Inshun langsung menjadi monster critical menyeramkan dengan potensi damage yang cukup tinggi. Dengan satu kali NP, daya serangan critical Inshun mendapatkan tambahan daya serang senilai 150%, dan bila kalian pakai kartu Quick setelah NP-nya, maka kalian juga akan bisa menghasilkan critical star dalam jumlah banyak untuk melakukan serangan critical lagi pada giliran berikutnya.

Tak cukup sampai di situ, dengan chain yang tepat, Inshun juga bisa menggunakan NP-nya dua kali berturut-turut, memberikan ia efek yang berlipat ganda. Potensinya... ya, bisa kalian bayangkan sendiri.


KESIMPULAN

Sebutan “prototype Superhuman Orion” sebetulnya sangat tepat bagi Inshun, melihat core gameplay mereka yang sangat serupa, walau sebetulnya juga memiliki cukup perbedaan yang membuat mereka terasa berbeda.

Kelemahan Inshun dibanding Orion jelas terletak pada deck Inshun yang Quick-oriented, membuat ia memberikan potensi damage yang jelas lebih rendah dibandingkan Orion yang Buster-oriented. Namun di sisi lain, ini juga menjadi sisi positif bagi Inshun, karena ia bisa menghasilkan critical star dari kartu Quick-nya (apalagi berkat efek Star Gain-nya yang gila-gilaan), membuat ia bisa berada dalam critical loop yang menyeramkan, apalagi kalau ia bisa cukup mengisi kembali NP Gauge-nya via critical Quick.

Walau, ya... Orion sendiri tidak perlu memikirkan hal seperti itu karena ia bisa menyuplai critical star-nya sendiri dari NP dan skill-nya. Well... he’s called a monster for a reason.

 Bagi kalian yang tidak punya Orion namun ingin merasakan sensasi gameplay yang serupa (namun dengan nilai damage yang lebih kecil, tentunya), Inshun bisa menjadi alternatif.

Untuk menyempurnakan Inshun, kalian bisa coba meletakkan CC Star Absorption di satu kartu Quick dan satu kartu Arts-nya, sehingga ia memiliki keseimbangan antara damage, NP charge, dan star generation. Tentunya, untuk mendapatkan distribusi Command Card yang sempurna, maka kondisi paling ideal menggunakan Inshun adalah menggunakan ia secara solo.

Walau begitu, kalian juga bisa mencoba menggunakan Inshun dengan support seperti Skadi untuk meningkatkan damage-nya menjadi lebih gila lagi.

Bagaimana pendapat kalian sendiri tentang Servant satu ini?


Refrensi:

https://fategrandorder.fandom.com/wiki/H%C5%8Dz%C5%8Din_Inshun
https://en.wikipedia.org/wiki/H%C5%8Dz%C5%8Din_In%27ei
https://typemoon.fandom.com/wiki/Houzouin_Inshun